Logo ABC

Murid-murid Australia akan Kembali ke Sekolah di Tengah Wabah Omicron

Tiap-tiap negara bagian di Australia punya kebijakan sendiri soal bagaimana akan memulai tahun ajaran baru. (AAP: Dan Peled)
Tiap-tiap negara bagian di Australia punya kebijakan sendiri soal bagaimana akan memulai tahun ajaran baru. (AAP: Dan Peled)
Sumber :
  • abc

Pakar kesehatan dan epidemiolog di Australia memperingatkan dimulainya tahun ajaran sekolah yang baru akan berdampak pada peningkatan kasus COVID-19.

"Kita akan melihat penularan di sekolah dan peningkatan kasus ketika orang kembali masuk kantor untuk bekerja," kata Profesor Nancy Baxter dari University of Melbourne.

Di Victoria, dengan ibu kota Melbourne, Pemerintah akan mengirimkan 14 juta alat tes rapid antigen ke sekolah-sekolah. 

Murid sekolah dasar dan sekolah menengah, beserta guru dan karyawan sekolah telah dianjurkan untuk melakukan tes sendiri dua kali seminggu.

Alat tes rapid antigen akan diberikan kepada orang tua dan keluarga murid sebanyak-banyaknya, yang distribusinya sudah dimulai sejak awal pekan lalu.

Sementara itu vaksin 'booster' akan diwajibkan untuk semua semua guru dan karyawan.

Pemakaian masker akan diwajibkan di dalam sekolah dan masker bedah tetap dianjurkan menjadi pilihan meski masker dari kain tetap boleh digunakan.

Pemerintah Victoria juga sudah mempertegas kebijakannya untuk mengirim kembali anak-anak ke sekolah, sehingga belajar dari rumah adalah pilihan terakhir.