Transplantasi Rambut Meledak di Turki, Bandara Ramai Orang Plontos

Ilustrasi rambut botak
Ilustrasi rambut botak
Sumber :
  • Pixabay/ klhh

VIVA – Gambaran adanya puluhan lelaki plontos dengan tanda-tanda transplantasi rambut di kepala menjadi sorotan di Bandara Istanbul, Turki baru-baru ini. Video tersebut diunggah Twitter laman The Sun, 26 Januari 2022. Dalam caption video dituliskan pula airport kini bak "hairport" karena antusiasme orang-orang berkepala polos melakukan tanam rambut di negara itu.

Turki selama beberapa tahun terakhir memang gencar mempromosikan transplantasi rambut. Bahkan hair tourism ini menjadi penarik para turis untuk datang ke sana. Klinik-klinik transplantasi rambut juga bertebaran dengan berbagai promo yang mereka tawarkan.

Ruang tunggu Cosmeticium di Rumah Sakit Reyap di Istanbul mirip dengan klinik medis swasta lainnya. Majalah ditata di atas meja, vas kembang artifisial diletakkan di samping sofa beludru dan ruangan itu memutar tayangan berita 24 jam di televisi.

Seorang pria asing bernama Harry Wallop berbicara Dr Batuhan Kurtoglu walaupun komunikasi mereka tidak begitu akrab. Wallop mengatakan si dokter sedang mencoba membujuk untuk melakukan transplantasi rambut. Hal itu bisa dilakukan dengan operasi delapan atau sembilan jam. Hal itu disampaikan si dokter dalam beberapa menit setelah bertemu kliennya seperti dilansir di Dailymail.

"Secara keseluruhan, 99 persen dari setiap operasi sukses. Itu akan membuatmu terlihat lebih muda,” janji si dokter.

Ketika si klien akhirnya memutuskan untuk tidak melanjutkan, rumah sakit bersikeras berbicara lewat telepon dengan Sinan Yildirim yang merupakan koordinator pasien.

"Anda datang ke Turki untuk transplantasi rambut Anda, kami telah mengatur segalanya. Kami siap. Anda bisa gugup untuk operasi, tetapi jangan khawatir. Semuanya akan sempurna dan anda akan bahagia," kata Yildirim.