Logo ABC

Mentan Australia Tawarkan Visa Pertanian bagi Warga Indonesia

Sektor perkebunan di Australia diperkirakan kekurangan 26 ribu tenaga kerja sejak Australia menutup perbatasannya. (ABC News: Jess Davis)
Sektor perkebunan di Australia diperkirakan kekurangan 26 ribu tenaga kerja sejak Australia menutup perbatasannya. (ABC News: Jess Davis)
Sumber :
  • abc

Australia dan Indonesia sudah menandatangani Nota Kesepahaman (MOU) Indonesia-Australia di bidang Kerja Sama Pertanian

Penandatanganan dilakukan Kamis kemarin (27/01) oleh Menteri Pertanian Australia, David Littleproud, dan Menteri Pertanian Indonesia, Syahrul Yasin Limpo. 

David berada di Jakarta selama tiga hari dengan misi memperkuat hubungan dan perdagangan dengan Indonesia, yang disebutnya sebagai "mitra pertanian yang sangat dihormati" oleh negaranya.

Meski program visa pertanian Australia adalah bagian terpisah dari MOU yang ditandatanganinya, David mengambil kesempatan untuk membahasnya bersama kementerian terkait di Indonesia.

"Saya juga menyambut baik keterlibatan Indonesia dalam Australian Agriculture Visa dan menyambut baik kemajuan pembahasan yang dicapai," ujar David dalam pernyataannya yang diterima ABC Indonesia.

Memastikan keselamatan pekerja Indonesia

Sejumlah laporan media di Indonesia melaporkan David menggelar pertemuan lewat video bersama Menteri Ketenagakerjaan RI, Ida Fauziah, untuk membicarakan program visa pertanian Australia, Kamis kemarin (27/01).