Joe Biden Calonkan Wanita Kulit Hitam Jadi Hakim Agung AS

Presiden AS Joe Biden
Sumber :
  • ANTARA/Reuters/as

VIVA – Presiden Amerika Serikat (AS) Joe Biden pada hari Kamis, berencana mencalonkan seorang wanita kulit hitam untuk menggantikan pensiunan Hakim Agung (AS) Stephen Breyer pada akhir Februari 2022. Rencana yang diklaim bersejarah itu sudah lama tertunda.

5 Negara Bagian dengan Cadangan Minyak Terbesar di AS

Presiden Biden muncul bersama Breyer, yang dikenalnya sejak 1970-an, di Gedung Putih setelah hakim berusia 83 tahun itu secara resmi mengumumkan pengunduran dirinya dalam sebuah surat kepada presiden.

Breyer menulis bahwa dia berencana untuk pergi pada akhir masa jabatan pengadilan saat ini, biasanya pada akhir Juni, dengan asumsi penggantinya telah dikonfirmasi oleh Senat AS, seperti dilansir di Usnews, Jumat, 28 Januari 2022.

AS Minta Iran Biarkan Israel Lakukan Serangan Balik, Hanya Sebagai 'Simbolis' Agar Israel Tak Malu

Presiden Biden, yang memenangkan nominasi presiden Partai Demokrat 2020 sebagian besar karena dukungan kuat dari pemilih kulit hitam,berkomitmen selama kampanye itu untuk menunjuk seorang wanita kulit hitam ke jabatan seumur hidup di pengadilan tinggi dan akan menepati janjinya.

"Proses kami akan ketat. Saya akan memilih calon yang layak mendapatkan warisan keunggulan dan kesopanan Hakim Breyer," kata Biden, menyebut pemilihan hakim agung salah satu tanggung jawab konstitusional Presiden yang paling serius.

Akhiri Perang Dingin, Menhan AS dan China Lakukan Video Call Setelah Setahun

"Sementara saya mempelajari latar belakang dan tulisan kandidat, saya tidak membuat keputusan kecuali satu, orang yang saya nominasikan adalah seseorang dengan kualifikasi, karakter, pengalaman, dan integritas yang luar biasa, orang itu akan menjadi wanita kulit hitam pertama yang pernah dinominasikan ke Mahkamah Agung Amerika Serikat. Ini sudah lama tertunda, menurut saya," kata Biden

Sekretaris Pers Gedung Putih, Jen Psaki mengatakan Biden percaya bahwa menjadi hakim yang menjabat bukanlah prasyarat untuk calonnya dan apakah seorang kandidat dapat menarik dukungan dari Partai Republik bukanlah faktor yang mempengaruhi.

Biden mengatakan dia ingin Senat yang dikendalikan oleh rekan-rekan Partai Demokrat segera bergerak begitu dia memilih calonnya.

Demokrat dapat mengkonfirmasi calon tanpa satu suara Partai Republik karena Partai Republik pada 2017 mengubah aturan Senat untuk tidak lagi memerlukan 60 dari 100 senator untuk memungkinkan pencalonan Mahkamah Agung untuk maju.

Sementara pensiunnya Breyer, setelah 27 tahun memberi Biden kesempatan pertamanya untuk mengisi kekosongan di pengadilan sembilan anggota, itu tidak akan berubah untuk membentuk kembali undang-undang tentang isu-isu kontroversial termasuk aborsi dan hak kepemilikan senjata.

Pendahulu Presiden Biden, dari Partai Republik Donald Trump menunjuk tiga hakim agung selama masa jabatan empat tahun tunggalnya.

Breyer, hakim pengadilan tertua sering menemukan perbedaan pendapat di pengadilan yang telah bergerak ke kanan. Dia berbicara di Gedung Putih tentang pentingnya negara yang beragam seperti Amerika Serikat menyelesaikan perpecahan yang mendalam dengan mematuhi aturan hukum.

"Orang-orang datang untuk menerima Konstitusi ini dan mereka telah menerima pentingnya supremasi hukum," kata Breyer, sambil memegang salinan dokumen dasar abad ke-18 di tangannya.

Pejabat Gedung Putih berharap untuk mulai menjangkau dan berpotensi bertemu dengan kandidat paling cepat minggu depan, menurut sumber yang mengetahui situasi tersebut. Biden diharapkan bekerja dengan daftar 10 orang atau kurang.

Senat Demokrat bertujuan untuk segera mengkonfirmasi calon Biden dalam kerangka waktu yang mirip dengan proses satu bulan yang digunakan oleh anggota Partai Republik, Mitch McConnell, pada tahun 2020 untuk menyetujui penunjukan ketiga Trump, Amy Coney Barrett, menurut sumber yang akrab dengan perencanaan.

Partai Republik berusaha untuk mendapatkan kembali kendali Senat dalam pemilihan kongres 8 November, menggarisbawahi perlunya kecepatan dari perspektif Demokrat. McConnell telah mengindikasikan dia akan memblokir pencalonan Biden ke pengadilan jika partainya mendapatkan kembali mayoritas Senat.

McConnell mengatakan dalam sebuah pernyataan: "Presiden tidak boleh mengalihdayakan keputusan penting ini ke kiri radikal. Rakyat Amerika berhak mendapatkan calon dengan penghormatan yang ditujukan untuk teks tertulis undang-undang dan Konstitusi kita."

Biden mengatakan dia mengungkapkan rasa terima kasih negara kepada Breyer atas "karirnya yang luar biasa dalam pelayanan publik" dan mencatat keputusan masa lalu yang dibuat oleh keadilan untuk menegakkan hak aborsi, hak memilih, tindakan lingkungan dan kebebasan beragama.

"Ini adalah hari yang pahit bagi saya, kata Biden. Saya pikir dia adalah model pelayan publik di masa perpecahan besar di negara ini,"

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya