7 Pekerjaan Aneh yang Hanya Ada di India, Ada Pengusir Monyet

Seorang lelaki India dengan kumis panjangnya
Sumber :
  • Anders Blomqvist/ Lonely Planet

VIVA – Ada beberapa pekerjaan aneh yang hanya ada di India, karena negara yang satu ini menyimpan berbagai keunikan tersendiri dan tidak dimiliki oleh orang lain. India bukan hanya terkenal dengan industri film Bollywoodnya yang sudah mendunia, tapi keunikan dalam masyarakatnya juga tidak lupus dari sorotan mata dunia. India sendiri adalah salah satu negara yang terletak di wilayah Asia Selatan dengan luas wilayah terbesar ketujuh di dunia.

List of Countries with the Most Widows

Wilayah dengan luas tersebut ditempati oleh sekitar 1,3 miliar orang dan menjadi yang terbanyak kedua di dunia setelah Tiongkok. Tidak heran, dengan banyaknya penduduk di India, membuat negara ini mempunyai berbagai jenis pekerjaan. Bahkan, dari banyaknya jenis pekerjaan di negara ini, beberapa di antaranya justru dapat dikatakan sebagai yang paling aneh di dunia. Sebab sangat jarang pekerjaan tersebut ditemukan di luar India. Nah, berikut adalah ulasan mengenai pekerjaan aneh yang hanya ada di India yang disadur dari India Times.

Lantas, Apa Saja Pekerjaan Aneh yang Hanya Ada di India?

Knowing the World's Largest Lift: Can Accommodate 235 People Per Trip

1. Penjaga Pintu Berkumis

Seorang lelaki India dengan kumis panjangnya

Photo :
  • Anders Blomqvist/ Lonely Planet
Deretan negara Ini Ternyata Miliki Jumlah Janda Terbanyak di Dunia

Para pria di India, kumis dan janggut yang lebat sudah menjadi tanda sebagai kejantanan. Bahkan, di salah satu daerah yang berada di India, kumis membawa kebanggaan karena menjadi ladang pendapatan. Kumis yang mereka miliki hampir bisa dihubungkan dengan fungsi sebagai sebuah gelar. Sejumlah pria berkumis bahkan dipekerjakan sebagai penjaga pintu restoran dengan tujuan untuk memikat para pelanggan.

2. Fotografer Mayat

Ilustrasi fotografer.

Photo :

Sejak kehadiran kamera DSLR, profesi menjadi seorang fotografer sudah menjamur, tidak terkecuali di India. Namun, di negara ini ada pekerjaan aneh dan berbeda dengan negara lainnya untuk para fotografer, yaitu memotret orang yang sudah mati. Hal ini menjadi bagian dari ritual yang dilaksanakan di Varanasi India, fotografi mayat menjadi ritual terakhir di negara ini.

3. Dokter Gigi Ditepi Jalan

Ilustrasi dokter gigi

Photo :
  • Pixabay

Pekerjaan aneh berikutnya adalah dokter gigi di pinggir jalan. Para dokter gigi dengan bangga berada di pinggir jalan India untuk menawarkan jasanya lengkap dengan peralatan dokter gigi. Akan tetapi, perlu diketahui bahwa seluruh peralatan dokter gigi tersebut harus dipertanyakan kebersihannya. Mereka biasanya akan melakukan pembersihan, penambalan , dan hal lain dengan bayaran murah.

4. Ahli Geneologi Keluarga

Seorang bapak menangis di hadapan jasad putranya yang dibantai di India.

Photo :
  • Sangbad Bangla

Di India ternyata ada sebuah kelompok orang yang mempunyai pekerjaan aneh untuk menggali sejarah keluarga dari puluhan generasi. Kelompok tersebut menyimpan berbagai hal tentang keluarga seseorang, seperti kakek buyut dan bahkan tanda tangan.

Pekerjaan ini bisa ditemukan di kota suci Haridwar dan orang-orang tersebut bertugas untuk menyimpan catatan silsilah keluarga orang Hindu. Para keluarga tersebut umumnya secara rutin pergi ke ‘Panda’ atau orang yang bertugas untuk mencatat atau memperbarui semua rincian tentang keluarganya.

5. Peramal Burung Beo

Ilustrasi burung beo.

Photo :
  • Pixabay

Di beberapa negara lain, burung beo dikenal sebagai pilihan hewan yang dapat menirukan suara manusia. Namun, berbeda dengan India yang menjadikan burung beo sebagai peramal. Para peramal tersebut umumnya akan duduk di pinggiran jalan yang ramai dengan kendang berisi satu atau dua burung beo yang sudah terlatih. Kemudian ada pula kartu tarot yang berjumlah 27 ditumpuk di depannya.

6. Peniup Mehndi

Tato henna.

Photo :
  • U-Report

Mehndi atau hiasan tangan yang dilukis dengan memakai henna terbilang susah kering. Maka dari itu, masyarakat setempat dapat mempekerjakan seseorang untuk meniup mehndi tersebut sampai kering. Sehingga tidak usah khawatir bila mehndi tersebut akan rusak.

7. Pengusir Monyet

Monyet.

Photo :
  • U-Report

Pekerjaan aneh berikutnya yang ada di India adalah sebagai pengusir monyet. Menjadi negara dengan populasi terbesar kedua di dunia, para pengusir monyet di India tersebut disewa untuk dapat menangani para monyet yang berpotensi mengganggu.

Uniknya, mereka akan dandan dan dilatih layaknya monyet sungguhan, lalu mereka akan mengusir kawanan monyet yang sejenis. Pekerjaan mengusir monyet ini dikenal juga dengan sebutan ‘langurwallah’ dan dibayar sekitar Rs6 ribu sampai Rs9 ribu atau setara dengan Rp1,1 juta sampai Rp1,7 juta.

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya