7 Kota Paling Bau di Dunia, Mayoritas Tempat Wisata Populer

Kawasan kumuh di Mumbai
Sumber :
  • Daily Mail

VIVA – Ada beberapa kota paling bau di dunia yang mungkin jarang diketahui oleh kamu. Karena setiap kota di dunia mempunyai keunikan dan daya tarik tersendiri, seperti maskot bangunan bersejarah, pemandangan alam yang indah hingga berbagai kuliner yang menggugah selera. Rupanya memiliki pemandangan yang indah saja tidak menjamin tempat tersebut ramah lingkungan. Bahkan, beberapa kota di bawah ini dikatakan sebagai kota paling bau di dunia. 

Pemimpin Muslim Berpengaruh di Dunia Sebut Islamofobia Berawal dari Kesalahpahaman

Walaupun kota tersebut mungkin sangat dikenal menjadi lokasi wisata, tapi ternyata kota ini memiliki aroma udara yang membuat para pelancong kurang betah berlama-lama. Bau yang tidak sedap tersebut karena berbagai sumber. Mulai dari rempah-rempah, sampah, buah yang dijual, polusi, dan lain sebagainya. Nah, menyadur dari laman Tourism Review, berikut adalah ulasan mengenai kota paling bau di dunia. 

1. Rotorua, Selandia Baru

Cemburu gegara Pacar Kerap Diajak Jalan, Pemuda di Kendari Ajak Teman Nekat Bakar Rumah Korban

Whakarewarewa, desa Suku Maori di Rotorua, Selandia Baru.

Photo :
  • VIVA/Tasya Paramitha

Kota Rotorua berada di dekat banyak sumber air panas dan juga geyser. Maka dati itu, ketika para pengunjung berada di kota ini, terutama untuk yang pertama kalinya, pasti akan mencium bau telur busuk. Karena bau yang sudah sangat menyengat tersebut, Rotorua bahkan dijuluki sebagai kota belerang. Menariknya, penduduk di kota ini sudah sangat terbiasa dengan bau tersebut, sehingga mereka memberitahu pengunjung bahwa baunya akan menyengat saat mendekati kota tersebut. 

Ajakan Rujuknya Ditolak, Pria Bakar Mobil dan Rumah Mantan Istri

2. York, Inggris

Desa di West Heslerton, North Yorkshire, Inggris

Photo :
  • SWNS.com

Kota paling bau ini hanya berjarak beberapa mil dari pabrik Nestle Rowntree. Maka dari itu, aroma cokelat manis akan menyusup ke kota pada saat angin bertiup ke arah kota dari pabrik. Bahkan, dewan pariwisata daerah tersebut memprakarsai panduan “Smell York” yang memiliki aroma untuk memuji status daerah tersebut menjadi rumah cokelat Inggris. 

3. Edinburgh, Skotlandia

Kastil Edinburgh

Photo :
  • http://neomisteri.com

Kota yang satu ini merupakan rumah untuk banyak pabrik dan juga penyulingan. Oleh sebab itu, kota ini memiliki bau alkohol yang sangat menyengat dan sudah lumrah. Bahkan, tahun 2009 salah satu penyulingan yang bernama North British Distillery dibuat dengan tujuan untuk menjinakkan bau dengan memakai apa yang dikatakan sebagai menara pengontrol bau.

4. Mumbai, India

Kawasan kumuh di Mumbai

Photo :
  • Daily Mail

Para Ahli mengatakan bahwa salah satu kota terbesar di India ini menjadi kota yang sangat harum. Dengan berbagai kombinasi, seperti bau laut yang asin, bau knalpot motor, AC, busuk tropis, dan banyaknya rempah-rempah di India, kota ini dikatakan sebagai salah satu kota paling bau di dunia. 

5. Mombasa, Kenya

Suku Masai, Kenya, Afrika.

Photo :
  • http://www.mbakbro.com

Berada di sepanjang pantai Samudera Hindia, bau yang dihubungkan dengan kota ini adalah hasil dari bahan akhir yang dipakai guna menyelesaikan bangunan dan patung. Mayoritas bangunan dan patung di Mombasa sudah selesai memakai terakota. Lantaran matahari tropis, terakota dijemur dan kemudian menghasilkan bau khas ketika hujan. 

6. Buffalo, New York

Beberapa polisi mendorong seorang pria lansia hingga terjatuh dan berdarah di kota Buffalo, New York, Amerika Serikat, saat gelombang demonstrasi solidaritas terhadap mendiang George Floyd.

Photo :
  • tvOne

Kota paling bau yang satu ini merupakan rumah untuk produsen Cheerios, pabrik General Mills. Kadang-kadang, Buffalo ditelan oleh aroma oat panggang yang sangat menyengat. Uniknya, masyarakat setempat begitu menyukai baunya sampai mereka menjual kaos yang mengatakan bahwa bau kerbau seperti Cheerios. 

7. Fes, Maroko

Festival Pasar di Marrakesh, Maroko

Photo :
  • http://kerendanunik.wordpress.com

Ketika kamu berada di Fez, kamu akan mencium bau kasar yang berada di mana-mana. Bahkan, di jalanan yang sangat sempit pun kamu akan menciumnya. Ternyata, Fez merupakan rumah untuk penyamakan kulit tertua dan yang masih berfungsi di dunia. 

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya