Krisis Ukraina, Emmanuel Macron Menuju 'Sarang' Vladimir Putin

VIVA Militer: Emmanuel Macron (kiri) dan Vladimir Putin (kanan)
Sumber :
  • Bloomberg

VIVA – Presiden Prancis Emmanuel Macron terbang ke Moskow pada Senin dalam langkah diplomatik yang berisiko, mencari komitmen dari Presiden Rusia Vladimir Putin untuk meredakan ketegangan dengan Ukraina, di mana para pemimpin Barat khawatir Kremlin merencanakan invasi.

Prabowo Suarakan Solidaritas untuk Palestina, Soroti Standar Ganda Negara Barat

Macron telah melakukan serangkaian panggilan telepon dengan sekutu Barat, Putin dan pemimpin Ukraina selama seminggu terakhir. Dia akan menindaklanjuti, pada Selasa 8 Februari 2022, dengan kunjungan ke Kiev, mempertaruhkan banyak modal politik dalam misi yang bisa terbukti memalukan jika dia kembali dengan tangan kosong.

“Kami sedang menuju sarang Putin, dalam banyak hal ini adalah adu untung,” kata salah satu sumber yang dekat dengan Macron kepada Reuters.

AS Gelontorkan Lagi Rp 420 Triliun Lebih untuk Perang Israel di Gaza

VIVA Militer: Vladimir Putin dan Emmanuel Macron

Photo :
  • Financial Times

Rusia telah menempatkan sekitar 100.000 tentara di dekat Ukraina dan menuntut jaminan keamanan NATO dan AS, termasuk bahwa NATO tidak pernah mengakui Ukraina sebagai anggota.

Di Tengah Pertempuran Rusia-Ukraina, Wakil Menteri Pertahanan Rusia Ditangkap Karena Terima Suap

Dua sumber yang dekat dengan Macron mengatakan salah satu tujuan kunjungannya adalah untuk mengulur waktu dan membekukan situasi selama beberapa bulan, setidaknya sampai pemilihan "Super April" di Eropa - di Hungaria, Slovenia dan, yang terpenting bagi Macron, di Prancis.

Pemimpin Prancis itu, yang telah mendapatkan reputasi untuk aksi diplomatik dadakan yang banyak dipublikasikan sejak ia mengambil alih kekuasaan pada 2017, telah mencoba untuk membujuk dan menghadapi Putin selama lima tahun terakhir. Upayanya telah membawa dialog yang erat sekaligus kemunduran yang menyakitkan dengan pemimpin Rusia itu.

Emmanuel Macron.

Photo :
  • Politico Europe

Segera setelah pemilihannya, Macron menyambut dengan penuh hormat Putin di Istana Versailles, tetapi juga menggunakan kunjungan itu untuk secara terbuka mengecam campur tangan Rusia selama pemilihan itu. Dua tahun kemudian, kedua presiden itu bertemu di kediaman musim panas presiden Prancis.

Tetapi banyak tawaran Macron tidak mencegah masuknya Rusia ke dalam lingkup pengaruh tradisional Prancis di Afrika, yang berpuncak pada akhir tahun lalu dengan kedatangan tentara bayaran Rusia di Mali. Pejabat Prancis berpendapat tentara bayaran itu didukung oleh Kremlin.

Negara-negara Eropa Timur yang menderita puluhan tahun di bawah pemerintahan Soviet telah mengkritik sikap kooperatif Macron di Rusia, mencurigai pembicaraan Macron tentang negosiasi "tatanan keamanan Eropa baru" dengan Rusia.

Untuk melawan kritik sebelum perjalanan dan mengambil tugas kepemimpinan Eropa dalam krisis ini, Macron telah bersusah payah untuk berkonsultasi dengan para pemimpin Barat lainnya kali ini, termasuk Boris Johnson dari Inggris dan Presiden AS Joe Biden.

Kunjungan presiden Prancis ke Moskow dan Ukraina terjadi kurang dari tiga bulan sebelum pemilihan presiden di dalam negeri. Penasihat politiknya melihat potensi hasil pemilu, meskipun Macron belum mengumumkan apakah dia akan mencalonkan diri.

"Bagi sang presiden, kunjungan ini adalah kesempatan untuk menunjukkan kepemimpinannya di Eropa. Bahwa dia di atas tak terlibat pertikaian di bawah (tak memikirkan pencalonannya dalam pemilu)," kata salah satu sumber pemerintah Prancis. (Ant/Antara)

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya