5 Negara Termiskin di Benua Eropa

Kota Berat, Albania
Sumber :
  • Albania

VIVA – Benua Eropa yang disebut banyak orang sangat maju dari peradaban itu terdiri dari 44 negara. Biasanya negara yang miskin di Eropa itu, kebanyakan pecahan dari Uni Soviet. Mungkin sebagian besar negara Eropa sudah berkembang, seperti Inggris, Jerman, Spanyol, Prancis, hingga Italia.

AS Gelontorkan Lagi Rp 420 Triliun Lebih untuk Perang Israel di Gaza

Namun, tidak semua negara Eropa merupakan negara makmur. Faktanya, ada beberapa negara yang dianggap miskin di Eropa. Tapi jangan kamu samakan miskin negara Eropa dengan miskin di negara lain, Tingkat kemiskinan negara Eropa tersebut tetap tidak seburuk negara-negara di Afrika, berikut beberapa negara termiskin di Eropa, dikutip dari Fortissimus

1. Ukraina

Rusia Makin Gencar Menyerang, AS Janji Secepatnya Akan Kirim Senjata ke Ukraina

Meskipun ekonomi Ukraina adalah yang terbesar kedua di Uni Soviet, setelah pembubaran serikat, Ukraina yang merdeka melakukan transisi besar dari ekonomi terencana ke ekonomi pasar yang menjerumuskan sebagian besar negara ke dalam kemiskinan. Ekonomi Ukraina mengalami kontraksi yang parah, dan orang-orang di negara itu berjuang untuk hidup.

2. Kosova

Demi Alasan Keamanan, Polandia Siap Tampung Senjata Nuklir NATO

Kosovo menjadi negara termiskin di Eropa. Negara ini merupakan wilayah terkurung daratan yang terletak di Semenanjung Balkan tengah. Ini adalah wilayah yang disengketakan dan negara bagian yang diakui sebagian. Kosovo memiliki ekonomi transisi dan dulunya adalah provinsi termiskin di Yugoslavia.

Selama tahun 1990-an, sejumlah reformasi ekonomi yang buruk, penghapusan lembaga otonom, berkurangnya akses ke perdagangan dan keuangan eksternal, sangat merusak ekonomi Kosovo yang sudah lemah.

3. Albania

Albania adalah negara Eropa Tenggara yang berbatasan dengan Kosovo, Makedonia Utara, Yunani, dan Montenegro. Ia juga memiliki garis pantai di Laut Ionia dan Laut Adriatik. Meskipun Albania adalah salah satu negara termiskin di Eropa, ekonomi negara tersebut terus meningkat.

4. Bosnia dan Herzegovina

Bosnia dan Herzegovina terletak di Semenanjung Balkan. Negara ini berbatasan dengan Serbia, Kroasia, dan Montenegro. Ini juga berbagi garis pantai dengan Laut Adriatik. Bosnia menghadapi tantangan ganda untuk membangun kembali negara yang dilanda perang dan memulihkan ekonomi, salah satu yang termiskin di Eropa.

5. Montenegro

Montenegro adalah negara Eropa Tenggara yang berbatasan dengan Kroasia, Bosnia dan Herzegovina, Kosovo, Serbia, dan Albania. Ia juga memiliki pantai di Laut Adriatik. PDB per kapita Montenegro hanya 41% dari rata-rata Uni Eropa pada tahun 2010 menurut Eurostat.

Dampak dari Perang Yugoslavia dan kemerosotan industri menyusul pecahnya Yugoslavia disertai dengan hilangnya sanksi keuangan PBB yang berdampak buruk bagi perekonomian Montenegro

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya