Kenapa Pesawat Tidak Terbang di Atas Kota Makkah? Ini Penjelasannya

Kabah di Masjidil Haram.
Sumber :

VIVA – Ada banyak spekulasi yang muncul tentang kenapa pesawat tidak terbang di atas Ka'bah di Kota Suci Makkah, Arab Saudi? Yang paling populer adalah muncul anggapan bahwa pesawat tidak terbang di ruang udara Kota Mekah karena adanya medan magnet yang kuat dan titik gravitasi yang tinggi.

Biar Nyaman dan Hemat, 7 Trik Pilih Maskapai Penerbangan yang Tepat

Muncul dugaan kuatnya medan magnet di Kota Makkah akan membuat pesawat atau burung sekalipun akan sulit terbang diatasnya. Benarkah demikian?

Praktisi penerbangan yang juga seorang pilot di Arab Saudi, Abdullah Al-Ghamdi mengungkap alasan kenapa pesawat tidak terbang di atas langit Makkah, sekaligus membantah spekulasi tentang medan magnet di Kota Mekah.

Arab Saudi Kecam Israel Soal Serangan Darat di Rafah

Dalam sebuah video yang dia posting di akun Twitternya, Al-Ghamdi mengatakan "Ada pertanyaan yang sering saya dan rekan-rekan pilot saya jawab di media sosial, mengapa pesawat tidak melewati wilayah udara Makkah Al-Mukarramah? Kami telah menjawab pertanyaan ini di lebih dari satu klip YouTube," kata Al-Ghamdi dilansir eg24.News, Selasa, 8 Februari 2022.

Al-Ghamdi menepis anggapan banyak orang yang mendengarkan pernyataan di media sosial bahwa ada medan magnet frekuensi tinggi, dan bahwa Makkah adalah titik gravitasi sehingga sulit bagi burung atau pesawat apa pun untuk melewati wilayah udara Makkah Al-Mukarramah.

Cek Persiapan Akhir Layanan Jemaah Haji, Menag Bertolak ke Arab Saudi

"Tentu saja semua pembicaraan ini salah. Ini semua hanya berita palsu," ujarnya

Menurutnya, alasan kenapa pesawat tidak terbang di atas wilayah udara Makkah Al-Mukarramah, pertama, pemerintah Kerajaan Arab Saudi berkepentingan untuk menjaga keamanan dan perlindungan Rumah Suci Umat Islam, yakni Ka'bah yang ada di Kota Suci Makkah.

"Itulah mengapa mereka menempatkan wilayah tersebut di peta penerbangan dan melarang perjalanan dari darat hingga tak terbatas di langit, dan setiap pilot yang membuka peta Arab Saudi tahu bahwa dilarang melewatinya," ungkapnya

Kedua, pesawat ini tidak semuanya ditumpangi oleh orang-orang muslim, juga non-muslim. Sementara ketentuannya, non-muslim dilarang masuk ke Kota Suci Makkah, baik lewat darat maupun udara.

"Sebab yang ketiga, Makkah Al-Mukarramah adalah daerah pegunungan, dan jalur penerbangan di wilayah udaranya menyebabkan gangguan dan gema yang membuat jamaah yang sedang beribadah di Masjidil Haram terganggu, mereka ini membutuhkan kedamaian, kenyamanan dan ketenangan saat ibadah," papar Al-Ghamdi

"Ini sebab kenapa pesawat dilarang melintas di Kota Makkah, tidak ada yang lain," imbuhnya

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya