Logo BBC

Kripto: Kisah Para Peretas Memburu Miliaran Bitcoin Hilang

Rhonda Klampert (kiri) BBC Indonesia
Rhonda Klampert (kiri) BBC Indonesia
Sumber :
  • bbc

Rhonda Kampert adalah salah satu orang pertama yang mengadopsi bitcoin. Dia membeli enam bitcoin pada tahun 2013, saat harganya masing-masing sekitar $80 atau Rp1,1 juta dalam kurs hari ini.

Kala itu, bitcoin tengah menjadi perbincangan di internet.

"Saya dulu mendengarkan acara bincang-bincang radio. Mereka berbicara tentang kripto dan bitcoin, jadi saya tertarik," katanya.

"Saat itu membeli bitcoin sangat rumit, tapi saya mencoba mempelajari prosesnya dan akhirnya membeli koin saya."

Baca juga:

Rhonda tinggal di negara bagian Illinois, Amerika Serikat. Setelah membeli bitcoin pada 2013, dia menghabiskan sebagian uang digitalnya itu selama satu tahun. Dia kemudian melupakannya.

Namun ketika melihat berita utama pada akhir tahun 2017 yang mengumumkan bahwa nilai bitcoin telah meningkat menjadi US$13.000 (Rp186 juta), Rhonda dengan bersemangat pergi ke komputernya.

Namun Rhonda menghadapi masalah. Dia kehilangan beberapa detail untuk masuk ke akun dompet bitcoinnya. Program komputer itu menyimpan serangkaian kunci rahasia yang dibuat pemilik.

"Saya lalu menyadari bahwa dokumen yang saya cetak tidak memuat beberapa digit di ujung pengidentifikasi akun dompet saya," kata Rhonda.