5 Tradisi Unik Mesir di Bulan Ramadan, Ada Buka dan Sahur Gratis

Pasar di Kairo, Mesir, menjajakan lentera tradisonal Ramadhan 'fanous'
Sumber :
  • Daily Sabah

VIVA – Tradisi unik Mesir di bulan Ramadan mungkin belum banyak diketahui oleh masyarakat Indonesia. Apalagi, Ramadan merupakan waktu yang paling dinanti oleh seluruh umat Islam di dunia. Membicarakan mengenai tradisi unik negara-negara di dunia dalam merayakan Ramdan memang selalu menarik untuk dibahas. Sebab, ini adalah sebuah kebiasaan mereka yang mungkin sangat jarang dilakukan di negara lain, salah satunya adalah negara Mesir.

Pejabat Israel dan Mesir Bertemu Diam-diam, Bahas Operasi Militer di Rafah

Bulan Ramadan di Mesir adalah salah satu waktu istimewa yang paling ditunggu-tunggu. Negara ini akan semakin ramai saat bulan suci tiba lantaran mayoritas penduduknya adalah umat Islam. Kebersamaan dan kasih sayang juga akan semakin melekat. Menyadur dari laman egyptfwd.org, tradisi unik Mesir dilakukan secara turun temurun dan terus dilestarikan sampai saat ini. Nah, untuk kamu yang semakin penasaran, berikut adalah ulasan selengkapnya. 

Lantas, Apa Saja Tradisi Unik Mesir Ketika Bulan Ramadan?

Bukan Cuma Rancang Busana, IFPC Lahirkan Pengusaha Mode Muda Indonesia

1. El-Messaharaty

Masjid Al Azhar, Kairo, Mesir.

Photo :
  • Daily Sabah
Akhiri Masa Siaga, PLN Sukses Layani Kelistrikan Nasional Selama Idul Fitri 2024

El-Messaharaty adalah sebuah drum kecil yang dipakai untuk membangunkan orang sahur. Tradisi unik Mesir ini masih dilestarikan sampai saat ini. Walaupun sudah ada teknologi yang lebih canggih seperti jam dan alarm, tapi masyarakat setempat masih memakai drum untuk membantu membangunkan orang yang akan melaksanakan sahur. 

Sebab, bila drum El-Messaharaty tidak dibunyikan, bulan Ramadan di Mesir tampaknya akan tidak lengkap. Drum tersebut dibunyikan satu atau dua jam sebelum waktu fajar tiba. Orang-orang kerap menantikan bunyi drum ini sebagai sesuatu yang sangat istimewa. Ramadan akan terasa lebih khas dengan kehadiran tradisi ini. 

2. Festival Fatimid Cairo 

Wanita Mesir melihat fanous, lentera tradisional Ramadhan di Kairo.

Photo :
  • Daily Sabah

Fatimid Kairo adalah salah satu distrik yang ramai ketika bulan Ramadan. Usai melaksanakan sholat tarawih, tempat tersebut akan menyuguhkan sejumlah hiburan dan kuliner yang menarik. Kafe-kafe akan menawarkan berbagai makanan dan minuman yang lezat. Seperti yang ada di kafe favorit Fishawi yang menjadi kafe tertua dan kerap dikunjungi seniman sampai artis. 

Distrik ini juga dilengkapi dengan pasar tradisional yang bernama Khan El Khalili yang menyuguhkan cenderamata khas Mesir. Mulai dari parfum, pakaian, sampai rempah-rempah akan ditemukan di tempat ini. Selain itu, hadir pula barang-barang antik yang dapat dijadikan sebagai oleh-oleh yang unik dan menarik. 

3. Mawa'ed al rahman

Makanan Kairo, Mesir.

Photo :
  • TVOne

Mawa'ed al rahman adalah sebuah cara masyarakat setempat untuk berbagi kasih sayang. Hampir di semua jalan dipasang tabel penyayang yang mana setiap orang akan diberikan buka puas dan sahur gratis. Tabel penyayang ini dibuat oleh masyarakat Mesir yang ingin berbagi untuk orang-orang yang kurang mampu supaya mereka juga bisa berbuka dan sahur yang baik. 

Bulan Ramadan selalu membuat orang Mesir lebih murah hati dan banyak yang menyebarkan kebaikan. Bila kamu berkesempatan untuk mengunjungi Mesir ketika Ramadan, kamu akan menemukan makanan gratis yang dibagikan selama sebulan penuh. 

4. Fanous Ramadan

Tradisi Fanous di Kairo selama Ramadan

Photo :
  • instagram.com/shahidnoorain

Fanous Ramadan ini merupakan dekorasi yang dipakai oleh masyarakat setempat untuk menyambut bulan suci Ramadan. Seluruh negeri akan dihiasi dengan dekorasi yang unik dan berkilau. Sepanjang jalan, pintu masuk gedung, sampai balkon akan tampak semakin menarik dan ramai. 

Tradisi seru ini masih dijaga sampai sekarang. Pernak-pernik menarik ala Timur Tengah pun akan membuat Ramadan semakin istimewa. Suasana yang ceria dan bahagia ketika bulan Ramadan akan tampak lebih kental di Mesir. Maka dari itu, kamu perlu mencoba suasana Ramadan yang asyik di Mesir. 

5. Budaya Turun-temurun

Pasar di Kairo menjajakan fanous, lentera tradisonal Ramadhan di Mesir.

Photo :
  • Daily Sabah

Bulan Ramadan di Mesir dipenuhi dengan acara budaya yang menarik. Kairo akan diramaikan dengan atraksi budaya yang akan membuat bulan Ramadan semakin seru. Tarian rakyat dan band Hasab-Allah akan mengikuti keseruan bulan suci ini. Selain itu, akan ditampilkan pula cerita rakyat turun temurun sepanjang sejarah Mesir yang dilengkapi dengan pertunjukan artistik. 

Kemudian ada pula Pertunjukan Tanura yang akan membuat kamu terpesona dengan kebudayaan Mesir. Kamu akan dibawa untuk bernostalgia dengan sejarah Mesir Kuno. Keunikan pertunjukkan ini akan kamu nikmati setelah sholat tarawih. Tradisi menarik ini masih dipertahankan sampai saat ini. 

6. Kerlip Lampu di Malam Hari

Lampu malam hari

Photo :
  • Pixabay/pexels

Lampu-lampu indah akan dipasang sepanjang jalam umum, rumah, kafe, dan masjid. Lampu ini akan membuat kota-kota di Mesir seperti kota magis di malam hari yang sangat indah. Selain itu, akan banyak pula suguhan makanan yang telah disiapkan oleh para perempuan di Mesir. 

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya