Ini 7 Negara yang Akan Membantu Rusia Jika Terjadi Perang ke-3

VIVA Militer: Rusian Military Tank.
Sumber :

VIVA – Rusia telah mengejutkan barat dengan mengumpulkan sekitar 100.000 tentara di perbatasannya dengan Ukraina. Boris Johnson, Perdana Menteri Inggris akan melakukan upaya terakhir memohon Presiden Putin untuk mundur melalui panggilan telepon akhir pekan ini. Tetapi dengan meningkatnya ketegangan di kawasan itu, tampaknya semakin besar kemungkinan Presiden Rusia, Vladimir Putin, akan memicu perang dengan AS. dan NATO. Berikut adalah tujuh negara yang kemungkinan besar akan mendukung Rusia dalam konflik.

Rusia Masukkan Nama Presiden Zelesnkyy ke dalam Daftar Buronan

Jika Rusia menyerang Ukraina, Presiden AS Joe Biden telah memperingatkan bahwa itu akan menjadi "invasi terbesar sejak Perang Dunia Kedua". Dia menambahkan bahwa itu akan "mengubah dunia". Tampaknya NATO diperkirakan akan membantu Ukraina jika diserang oleh Rusia.

Sampai saat ini, sekitar 90 ton "bantuan mematikan" dari AS telah tiba di Ukraina, dan Inggris memasok Ukraina dengan rudal anti-tank jarak pendek untuk pertahanan diri. Ini berarti bahwa jika Rusia memutuskan untuk mengambil alih Ukraina, ia harus memiliki sekelompok sekutu yang kuat di belakangnya. Berikut adalah sekutu Rusia yang kemungkinan besar akan berpihak pada Presiden Putin jika dia memulai konflik di Ukraina dikutip dari express.co.uk.

5 Negara dengan Militer Terkuat di Dunia, Ada Indonesia?

CSTO

Kota Almaty, Kazakhstan

Photo :
  • istimewa
Rusia Izinkan Foto Muslimah Berhijab untuk Paspor

Organisasi Perjanjian Keamanan Kolektif (CSTO) bertindak sedikit seperti NATO. Ini dibentuk dari negara-negara bekas soviet dan secara efektif merupakan pakta keamanan. Enam negara yang tergabung dalam CSTO (Rusia, Armenia, Belarusia, Kazakhstan, Kirgistan, dan Tajikistan) kemungkinan akan saling bertahan jika diserang.

Sementara kelompok itu tidak seharusnya berurusan dengan perselisihan domestik, beberapa atau semua sekutu ini dapat membantu Presiden Putin jika invasi Rusia ke Ukraina dapat memicu perang besar.

Baru-baru ini, Rusia mengirim pasukan ke Kazakhstan, yang memungkinkan pemerintah Kazakh untuk secara brutal menekan protes massa terhadap korupsi dan melonjaknya harga minyak. Akibatnya, negara-negara seperti Kazakhstan juga memberikan bantuan militer kepada sekutu mereka Rusia jika diminta.

Cuba

Kuba, salah satu negara yang menerapkan teori Negara Komunis.

Photo :
  • U-Report

Rusia memiliki sejarah panjang persahabatan dengan negara komunis Kuba. Presiden Putin dan Presiden Kuba Miguel Díaz-Canel baru-baru ini membahas “kemitraan strategis” dan telah berkomitmen untuk “memperkuat hubungan bilateral”.
Ini telah memicu kekhawatiran bahwa Kuba dapat memihak Rusia dalam konflik dengan mengizinkan Rusia mengerahkan pasukan untuk mengancam AS jika ketegangan atas Ukraina terus meningkat.

Wakil Menteri Luar Negeri Moskow Sergei Ryabkov mengatakan kepada jaringan televisi Rusia RTVI bahwa dia tidak dapat "mengkonfirmasi atau mengecualikan" kemungkinan Rusia mengirim aset militer ke Cuba jika AS dan sekutunya gagal mengindahkan tuntutan Moskow.

Ukraina pernah menjadi anggota Uni Soviet hingga tahun 1991, ketika berhasil memperoleh kemerdekaan dari pemerintahan Moskow.

Meskipun sebagian besar orang Ukraina mendukung demokrasi dan melihat ke Eropa sebagai lawan dari Rusia, ada faksi pro-Eropa dan pro-Rusia di Ukraina sejak negara itu meninggalkan Uni Soviet.

Kelompok anti-pemerintah pro-Rusia di Ukraina kemungkinan akan mendukung Rusia seperti yang mereka lakukan ketika Presiden Putin mencaplok semenanjung Krimea pada tahun 2014.

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya