Belanda Minta Maaf ke Indonesia Atas Kekerasan pada 1945-1949

Perdana Menteri Belanda, Mark Rutte.
Sumber :
  • NL Times

VIVA - Perdana Menteri Belanda Mark Rutte pada menyatakan permintaan maafnya kepada Indonesia setelah evaluasi sejarah yang serius, yang menemukan bahwa Belanda menggunakan kekerasan sistematis dan ekstrem dalam perang kemerdekaan tahun 1945-1949.

Aurel Minta Maaf Lantaran Pertanyaan Anang, Begini Respons Tak Terduga Ghea Indrawari

Kegagalan Pemerintah Belanda

Perdana Menteri Belanda meminta maaf tidak hanya atas kekejaman yang dilakukan pada saat itu, tetapi juga atas kegagalan pemerintah Belanda.

Top Trending: Habib Bahar Akui Kemenangan Prabowo Gibran hingga Seorang Ulama Kritik Nabi Muhammad

Penyelidikan dari tiga lembaga analisis sejarah, bertentangan dengan pandangan lama penguasa Den Haag bahwa pasukan Belanda terlibat dalam kekerasan sporadis semata-mata karena mereka berusaha merebut kembali manajemen koloni setelah Perang Dunia II.

“Atas kekerasan berlebihan yang sistematis dan meluas dari aspek Belanda pada tahun-tahun ini dan terus menerus mencoba pendekatan yang berlawanan oleh pemerintah sebelumnya, saya mohon maaf yang sebesar-besarnya kepada rakyat Indonesia,” kata Rutte seperti melansir dari Europe Times News, Jumat, 18 Februari 2022.

Usai Ditangkap Polisi, TikToker Galih Loss Minta Maaf, Janji Tak Buat Konten Serupa

Baca juga: Revolusi Kemerdekaan: Kekerasan Ekstrem Tentara Belanda dan Indonesia

Makan Waktu Lebih dari Empat Tahun

Penelitian yang memakan waktu lebih dari empat tahun untuk menyimpulkan, dan sumber-sumber yang disebutkan menegaskan bahwa kekejaman di Hindia Belanda saat itu telah didedikasikan dalam pendekatan ilmiah. Penggunaan kekerasan berlebihan oleh angkatan bersenjata Belanda tidak hanya meluas, tetapi juga disengaja.

“Itu dimaafkan pada setiap tahap politik, Angkatan Laut dan resmi. Analisis mengungkapkan bahwa sebagian besar dari mereka yang bertugas di aspek Belanda politisi, pejabat, pegawai negeri, hakim, dan lain-lain memiliki atau mungkin memiliki data penggunaan sistematis kekerasan maksimum”, kata para peneliti.

“Ada kemauan kolektif untuk memaafkan membenarkan dan menyembunyikannya, dan membiarkannya tanpa hukuman. Semua ini terjadi dengan maksud untuk tujuan yang lebih tinggi yaitu menguntungkan peperangan,” kata peneliti dalam keterangannya lebih lanjut.

Evaluasi yang dilakukan mencakup “eksekusi di luar hukum, perlakuan buruk, penyiksaan, penahanan di bawah situasi yang tidak manusiawi, pembakaran rumah dan desa, pencurian dan perusakan properti makanan, serangan udara yang tidak proporsional dan penembakan artileri, serta apa yang biasanya merupakan penangkapan massal secara acak, dan penahanan massal.”

Raja Willem Telah Minta Maaf

Raja Willem-Alexander dan Rutte sebagai penguasa monarki di kerajaan Belanda telah meminta maaf atas kekerasan yang dilakukan di bekas koloni. Selain itu, para peneliti menemukan bahwa adanya ketidakmungkinan untuk menunjukan jumlah sebenarnya dari setiap kejahatan dan korban.

Kejahatan perjuangan pertama kali diungkapkan oleh seorang mantan veteran Belanda pada tahun 1969. Namun demikian, pihak berwenang Belanda telah mengklaim selama bertahun-tahun bahwa hanya ada serangan jarak jauh, dan secara keseluruhan militer bertindak dengan tepat.

Permintaan maaf tentang perang ini bukanlah yang pertama dari Belanda ke Indonesia, tetapi ini adalah pengakuan pertama bahwa kampanye kekerasan yang disengaja berhasil diloloskan.

Selama kunjungannya ke Indonesia pada Maret 2020, Raja Willem-Alexander membuat permintaan maaf yang mengejutkan atas “kekerasan ekstrem” yang dilakukan pasukan Belanda. Selain itu pada tahun 2016, Menteri Internasional Belanda Bert Koenders menyampaikan permintaan maafnya juga terhadap rakyat Indonesia atas pertumpahan darah, yang dilakukan oleh pasukan Belanda terhadap 400 penduduk desa Indonesia pada tahun 1947.

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya