Fosil Hewan Terbang Prasejarah Terbesar Ditemukan, Penuh Gigi Tajam

Fosil Pterosaurus terbesar ditemukan di Skotlandia
  • Buzz60 via USA Today

VIVA – Para Ilmuwan telah menemukan fosil hewan prasejarah terbesar yang pernah terbang di Skotlandia. Hewan tersebut adalah dinosaurus jenis pterosaurus yang memiliki sayap selebar lebih dari 8 kaki dan mulut penuh gigi tajam berkat bentuknya yang dinilai besar. Pterosaurus Jurassic menjadi hewan terbang terbesar dalam sejarah.

Monster Laut Raksasa Setinggi 82 Kaki Ditemukan di Pantai Inggris, Bisa Jadi Reptil Laut Terbesar

Menurut jurnal peer-review yang diterbitkan di Cell, dinosaurus, Dearc sgiathanach bahwa fosil ditemukan di Isle of Skye, Skotlandia pada 2017 lalu dan karangkanya pun tertanam di batu kapur.

Pterosaurus adalah reptil dan hewan paling awal yang berevolusi untuk terbang, termasuk beberapa makhluk terbang terbesar dalam sejarah sebagaimana dilansir dari USA Today, Rabu 23 Februari 2022.

Viral Mobil Sedan Terbang dan Masuk Garasi Rumah Komplek Elite

“Sementara beberapa spesies terakhir yang bertahan hidup seukuran pesawat, pterosaurus telah lama dianggap terbatas pada ukuran tubuh kecil dari asal trias mereka hingga jurassic,” tulis jurnal tersebut.

Namun penemuan baru ini mementahkan pemikiran tersebut. Tulang pterosaurus menunjukkan bahwa makhluk ini masih muda dan masih bisa tumbuh walaupun sudah mati. Pterosaurus memiliki lebar sayap yang diperkirakan lebih besar dari tempat tidur berukuran king size.

Keren, Jurnal Ahkam UIN Jakarta Masuk 100 Jurnal Terbaik Dunia

“Ketika makhluk ini hidup sekitar 170 juta tahun yang lalu, itu adalah hewan terbesar yang pernah terbang, setidaknya yang kita ketahui,” kata Steve Brusatte yang merupakan rekan penulisan penelitian dari University of Edinburgh.

Diyakini bahwa dahulu pterosaurus adalah hewan yang relatif kecil dengan lebar sayap hingga 6 kaki dan tidak mampu mencapai ukuran besar selama Periode Jurassic, menurut jurnal tersebut.

Namun pterosaurus tumbuh dalam ukuran besar untuk mengalahkan persaingan dari hewan lain dan dinosaurus berbulu lebih dari apa yang mereka pikirkan. Mereka memakan berbagai macam hewan, serangga, dan ikan tergantung di mana mereka tinggal.

Brussatte mengatakan bahwa burung berevolusi dari dinosaurus selama pterosaurus ini hidup dan penemuan baru ini menantang pemahaman tentang sejarah pterosaurus.

“Kami benar-benar menyeret kembali evolusi pterosaurus besar ke masa lalu,” kata Brussatte.