8 Fakta Dewa Kamadeva, Dewa Daya Tarik Seksual Orang India

Dewa Kamadeva
Sumber :
  • Tangkapan Layar

VIVA – Kamadeva atau yang dikenal sebagai Indian Cupid merupakan Dewa Hindu cinta yang dikenal oleh masyarakat India. Kama berarti cinta, keinginan, kerinduan, dan seksualitas serta Deva berarti sebagai surgawi atau ilahi. Dalam Atharva-Veda, Kama digambarkan sebagai sebuah keinginan dan bukan kenikmatan seksual

Elon Musk Batalkan Kunjungan ke India, Ini Alasannya

Kamadeva sendiri kerap dianggap sebagai putra dari Wisnu dan Laksmi di bawah bentuk Krishna dan Rukmini. Dia kerap dibandingkan dengan Eros yang berasal dari Yunani dan Cupid dari Barat. Kamadeva sendiri diyakini sebagai dewa planet surgawi yang memiliki tanggung jawab dalam menimbulkan keinginan hawa nafsu. Nah, berikut adalah ulasan tentang Dewa Kamadewa yang disadur dari Times of India.

1. Mantra Kamadeva

Honda Bakal Jor-joran Produksi Motor Listrik Tahun Ini

Nyanyian Om Aim Hrim Klim, adalah mantra yang digunakan oleh Kamadeva untuk membantu menjaga pasangan supaya tetap tertarik secara fisik kepada kamu.

2. Tentang Dewa Kamadeva

Presdir P&G: Konsumen Adalah Bos

Dewa Kamadeva atau Dewa ketertarikan seksual adalah bagian integral dari semua kehidupan kita jika kamu memiliki keinginan dan nafsu duniawi. Tapi apakah kamu tahu semua fakta menarik tentang dia? 

3. Orang Tua Kamadeva

Menurut legenda mitologi, Dewa Kamdeva adalah putra Dewa Wisnu dan Dewi Laxmi. Ia telah menikah dengan Dewi Kegilaan dan Nafsu, Dewi Rati. Namun, beberapa cerita menunjukkan bahwa dia adalah putra Dewa Brahma dan dia juga memiliki hubungan dengan Dewa Siwa.

4. Nama Lain Kamadeva

Seperti Dewa Krishna, Dewa Ganesha dan Dewa Siwa, Dewa Kamadeva juga memiliki banyak nama. Mereka adalah Manmath, Mansija, Gandharv, Arthdev, Madonna, Ratikant, Ananga, Kandarp, Ragavrunt dan lain sebagainya. Terkadang dia juga dipanggil sebagai Yaksha.

5. Penampilannya

Seperti yang digambarkan dalam teks dan lukisan mitologi, Dewa Kamadeva dianggap sebagai pria tampan yang memiliki sayap emas dan memegang busur dan anak panah. Dia mengendarai kereta berbentuk burung beo di beberapa kitab suci dan gajah di kitab lain.

6. Senjata yang Direndam Madu

Sesuai legenda, Kamadeva membawa tali busur yang direndam madu dan dilapisi gula sementara anak panahnya dihiasi dengan bunga. Dia membawa 5 anak panah bersamanya yaitu: Ummadan, Shoshan, Jrumbhan, Maran dan Stambhan.

7. Waktu Penyembahan

Dewa Kamadeva dipuja pada Vasant Panchami, waktu musim semi, itulah sebabnya panahnya dihiasi dengan bunga sesuai legenda. Anak panahnya, saat dilepaskan, tidak mengeluarkan suara karena bunganya.

8. Tempat Tinggal Dewa Kamadeva

Melalui Mudgala Purana, Kamadeva hidup dalam segala hal yang menggoda. Semua hal yang memenuhi kita dengan keinginan dan nafsu duniawi, adalah perbuatan Kamadeva.

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya