6 Inovasi Perang Dunia yang Mengubah Kehidupan Sehari-hari

Ilustrasi vaksin wabah flu.
Sumber :
  • Instagram/@integrityurgentcarecleburne

VIVA – Salah satu penemuan Perang Dunia 2 yang paling terkenal adalah bom atom. Pada Agustus 1945, Amerika Serikat meluncurkan serangan nuklir pertamanya (dan sejauh ini, satu-satunya) di Hiroshima dan Nagasaki, menewaskan sekitar 110.000 hingga 210.000 orang.

Baba Vanga Ramal Perang Dunia III Akan Terjadi, Gegara Konflik Iran-Israel?

Sementara bom itu menonjol karena dampaknya yang menghancurkan, ada banyak inovasi tidak mematikan lainnya selama perang di bidang kedokteran dan teknologi yang secara drastis mengubah dunia.

Beberapa dari inovasi ini didasarkan pada penelitian atau desain sebelum perang yang tidak dapat lepas landas sampai pemerintah AS atau Inggris mendanai proyek-proyek ini untuk membantu pasukan Sekutu. Berikut enam inovasi yang keluar dari lonjakan perkembangan tersebut dikutip dari history.com.

Korut Kirim Utusan ke Iran, Kira-kira Ini yang Dibahas

1. Vaksin Flu

Ilustrasi suntik vaksin

Photo :
  • pixabay
Ngeri, Ada Ramalan Jayabaya Diduga Sebut Tanda Perang Dunia Ketiga

Pandemi influenza tahun 1918 dan 1919 berdampak besar pada Perang Dunia I, dan memotivasi militer AS untuk mengembangkan vaksin flu pertama. Para ilmuwan mulai mengisolasi virus flu pada 1930-an, dan pada 1940-an, Angkatan Darat AS membantu mensponsori pengembangan vaksin untuk melawan mereka. AS menyetujui vaksin flu pertama untuk penggunaan militer pada tahun 1945 dan untuk penggunaan sipil pada tahun 1946. Salah satu peneliti utama dalam proyek tersebut adalah Jonas Salk, ilmuwan AS yang kemudian mengembangkan vaksin polio.

2. Penisilin

Sebelum meluasnya penggunaan antibiotik seperti penisilin di Amerika Serikat, bahkan luka kecil dan goresan dapat menyebabkan infeksi yang mematikan. Ilmuwan Skotlandia Alexander Fleming menemukan penisilin pada tahun 1928, tetapi baru pada Perang Dunia II Amerika Serikat mulai memproduksinya secara massal sebagai perawatan medis.

Pembuatan penisilin untuk tentara adalah prioritas utama Departemen Perang AS, yang disebut-sebut sebagai "perlombaan melawan kematian" dalam satu poster. Ahli bedah militer kagum dengan bagaimana obat itu mengurangi rasa sakit, meningkatkan kemungkinan bertahan hidup dan memudahkan perawat dan dokter untuk merawat tentara di medan perang.

Amerika Serikat menganggap obat itu sangat penting untuk upaya perang sehingga, untuk mempersiapkan pendaratan D-Day, negara itu memproduksi 2,3 juta dosis penisilin untuk pasukan Sekutu. Setelah perang, warga sipil juga mendapatkan akses ke obat yang menyelamatkan jiwa ini.

3. Mesin Jet

modifikasi mesin jet chevrolet 1967

Photo :
  • INDY BOYS/CATERS NEWS

Frank Whittle, seorang insinyur Inggris dengan Royal Air Force, mengajukan paten pertama untuk mesin jet pada tahun 1930. Namun negara pertama yang menerbangkan pesawat bermesin jet adalah Jerman, yang melakukan uji terbang modelnya pada 27 Agustus 1939, hanya beberapa hari sebelum negara itu menginvasi Polandia.

“Baik Jerman dan Jepang telah benar-benar bersiap-siap untuk Perang Dunia II selama sekitar satu dekade,” kata Rob Wallace, spesialis pendidikan STEM di The National WWII Museum di New Orleans.

Dengan dimulainya perang, pemerintah Inggris mengembangkan pesawat berdasarkan desain Whittle. Pesawat Sekutu pertama yang menggunakan propulsi jet terbang pada tanggal 15 Mei 1941. Pesawat jet bisa melaju lebih cepat daripada pesawat baling-baling, namun juga membutuhkan lebih banyak bahan bakar dan lebih sulit ditangani. Meskipun mereka tidak berdampak pada perang (mereka masih dalam tahap awal pengembangan), mesin jet nantinya akan mengubah transportasi militer dan sipil.

4. Transfusi Plasma Darah

Selama Perang Dunia II, seorang ahli bedah AS bernama Charles Drew menstandarisasi produksi plasma darah untuk penggunaan medis.

“Mereka mengembangkan seluruh sistem ini di mana mereka mengirim dua stoples steril, satu dengan air di dalamnya dan satu lagi dengan plasma darah beku-kering dan mereka akan mencampurnya bersama-sama,” kata Wallace.

Tidak seperti darah utuh, plasma dapat diberikan kepada siapa saja tanpa memandang golongan darah seseorang, sehingga lebih mudah untuk diberikan di medan perang.

5. Komputer Elektronik

Pengoperasian komputer Whirlwind

Photo :
  • www.wired.com

Pada tahun 1940-an, kata "komputer" mengacu pada orang (kebanyakan wanita) yang melakukan perhitungan rumit dengan tangan. Selama Perang Dunia II, Amerika Serikat mulai mengembangkan mesin baru untuk melakukan perhitungan lintasan balistik, dan mereka yang telah melakukan perhitungan dengan tangan mengambil pekerjaan memprogram mesin ini.

Pemrogram yang bekerja pada mesin ENIAC University of Pennsylvania termasuk Jean Jennings Bartik, yang kemudian memimpin pengembangan penyimpanan dan memori komputer, dan Frances Elizabeth “Betty” Holberton, yang kemudian membuat aplikasi perangkat lunak pertama. Letnan Grace Hopper (kemudian menjadi laksamana Angkatan Laut AS) juga memprogram mesin Mark I di Universitas Harvard selama perang, dan kemudian mengembangkan bahasa pemrograman komputer pertama.

Di Inggris, Alan Turing menemukan mesin elektro-mekanis yang disebut Bombe yang membantu memecahkan sandi Enigma Jerman. Meskipun secara teknis bukan apa yang sekarang kita sebut "komputer", Bombe adalah pelopor mesin Colossus, serangkaian komputer elektronik Inggris. Selama perang, pemrogram seperti Dorothy Du Boisson dan Elsie Booker menggunakan mesin Colossus untuk memecahkan pesan yang dienkripsi dengan sandi Lorenz Jerman.

6. Radar

Sistem radar praktis pertama diproduksi pada tahun 1935 oleh fisikawan Inggris Sir Robert Watson-Watt, dan pada tahun 1939 Inggris telah membangun jaringan stasiun radar di sepanjang pantai selatan dan timurnya. Laboratorium Radiasi MIT, atau "Rad Lab," memainkan peran besar dalam memajukan teknologi radar di tahun 1940-an. Namun, tujuan awal lab adalah menggunakan radiasi elektromagnetik sebagai senjata, bukan bentuk deteksi.

“Gagasan pertama yang mereka miliki adalah jika kita bisa mengirim seberkas energi elektromagnetik ke pesawat, mungkin kita bisa membunuh pilot dengan memasaknya atau semacamnya,” kata Wallace. “Masakan tidak berfungsi, tetapi mereka mendapatkan pantulan yang dapat mereka terima dan mereka memiliki gagasan bahwa mereka dapat menggunakan radiasi elektromagnetik seperti halnya menggunakan radiasi suara di sonar. Jadi mereka mulai mengerjakan radar.”

Radar membantu pasukan Sekutu mendeteksi kapal dan pesawat musuh. Kemudian, terbukti memiliki banyak kegunaan non-militer, termasuk memandu kerajinan sipil dan mendeteksi peristiwa cuaca besar seperti angin topan.

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya