Anonymous Deklarasi Perang Siber, Situs Pemerintah Rusia Diretas

Kelompok hacker Anonymous.
Sumber :
  • U-Report

VIVA – Komunitas hacker 'Anonymous' mendeklarasikan 'perang dunia maya' terhadap pemerintah Rusia yang dipimpin Vladimir Putin. Serangan siber ini merespon invasi yang dilakukan Rusia secara penuh ke Ukraina pada Kamis pagi. Ratusan orang Ukraina tewas akibat serangan Rusia, dan ratusan lainnya luka-luka.

Di Tengah Pertempuran Rusia-Ukraina, Wakil Menteri Pertahanan Rusia Ditangkap Karena Terima Suap

Menurut laporan internasional, tujuan kolektif peretas adalah untuk menonaktifkan beberapa situs web pemerintah Rusia. Sementara itu, hacker kolektif ini juga menargetkan situs berita Russia Today atau RT.com, jaringan televisi internasional yang dikendalikan negara Rusia.

Dilansir Abc.net, RT.com dan beberapa situs lain telah menjadi sasaran serangan penolakan layanan DDoS yang meluas. Anonymous memblokir akses terhadap portal berita Rusia tersebut dan beberapa situs pemerintah selama beberapa jam.

Wamenhan Rusia Ditangkap Atas Dugaan Korupsi

Kolektif peretas 'Anonymous', yang terkenal karena meretas akun pemerintah internasional, pada hari Kamis mengungkapkan langkah mereka di media sosial, mengklaim telah menonaktifkan beberapa situs web pemerintah Rusia.

"Kolektif Anonymous secara resmi dalam perang cyber melawan pemerintah Rusia," tweet akun Anonymous
Lebih lanjut, akun tersebut mentweet, "Kolektif #Anonymous telah menghapus situs web stasiun propaganda #Rusia RT News,"  

5 Negara Pemegang Hak Veto di PBB, Keputusan Internasional Ada di Tangan Mereka

RT.com mengkonfirmasi serangan siber tersebut, dengan mengatakan serangan tersebut memperlambat beberapa situs web dan membuat yang lain offline untuk periode waktu yang lama.

Sementara itu, situs web pemerintah Rusia, Kremlin, Duma, Kementerian Pertahanan semuanya terdampak serangan siber yang diluncurkan oleh kolektif peretas. Beberapa pengguna muncul di platform media sosial untuk menginformasikan bahwa situs web yang ditargetkan oleh kelompok tersebut melambat dan offline untuk waktu yang lama sepanjang hari. 

Ini adalah serangan pertama dalam gelombang "aktivisme siber" yang diharapkan terhadap pemerintah Rusia

Pakar keamanan internet Robert Potter mengatakan serangan penolakan layanan (DDoS) terdistribusi melibatkan banyak sistem yang membanjiri situs web yang ditargetkan, sehingga tidak ada lalu lintas lain yang bisa melewatinya.

"Ini seperti mencoba menjalankan lima orang melalui satu pintu pada saat yang sama," katanya.

Serangan DDoS dianggap mudah dipasang dan mudah dipertahankan. Salah satu tindakan sederhana adalah mematikan lalu lintas asing ke situs web, yang dapat menjelaskan mengapa saat ini tampaknya lebih mudah mengakses RT.com dari dalam Rusia daripada dari luar.

"Jika Anda menjatuhkan Amazon dengan DDoS, mereka kehilangan jutaan per menit, tetapi untuk situs web berita agen propaganda Rusia, itu bukan masalah besar." ujar Potter

Sebelumnya pada hari Kamis, Ukraina telah melaporkan bahwa layanan keamanan siber negara itu melaporkan serangan siber lanjutan dari Rusia. Kyiv menginformasikan bahwa jaringan selulernya dipenuhi dengan panggilan suara.

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya