7 Efek Radiasi Ledakan Nuklir, Nomor 6 Mengerikan

Nuklir
Nuklir
Sumber :
  • https://www.livescience.com/

VIVA – Radiasi ledakan nuklir berdampak terhadap daerah yang ada di sekitarnya biasanya jauh lebih merusak dan beragam daripada yang disebabkan oleh bahan peledak konvensional. Dalam kebanyakan kasus, energi yang dilepaskan dari senjata nuklir yang diledakkan di dalam troposfer dapat dibagi kira-kira menjadi empat kategori dasar.

Tergantung pada desain senjata dan lokasi ledakannya, energi yang didistribusikan ke salah satu dari kategori ini mungkin secara signifikan bisa lebih tinggi atau lebih rendah. Efek ledakan tercipta dari gabungan sejumlah besar energi, membuat spektrum elektromagnetik melanda lingkungan sekitarnya. Lingkungan ledakan (misalnya kapal selam, ledakan di darat, ledakan di udara, atau exo-atmosfer) menentukan berapa banyak energi yang didistribusikan ke dalam ledakan dan berapa banyak untuk radiasi.

Secara umum, bom yang dikelilingi oleh media yang lebih padat, seperti air, menyerap lebih banyak energi dan menciptakan gelombang kejut yang lebih kuat dan pada saat yang sama membatasi area efeknya. Ketika senjata nuklir hanya dikelilingi oleh udara, ledakan mematikan dan efek termal skala secara proporsionalnya jauh lebih cepat daripada efek radiasi mematikan karena peningkatan hasil ledakannya.

Berikut efek mengerikan radiasi ledakan nuklir dalam kehidupan makhluk hidup:

1. Bunuh banyak kehidupan Sekitar
Radiasi yang terlempar ke udara tersebut dapat menimbulkan berbagai dampak. Disebutkan pada laman International Campaign to Abolish Nuclear Weapon (ICANW), radiasi yang dihasilkan oleh ledakan nuklir dapat membunuh atau membuat tubuh manusia yang terpapar menjadi panas. Diperkirakan sekitar 50 persen atau lebih manusia akan mati jika berada di zona ini dalam kurun waktu beberapa hari atau minggu.

2. Hantam bangunan dalam radius yang lebih jauh dari zona ledakan
Sama halnya dengan ledakan bom biasa, ledakan nuklir juga akan menghasilkan ledakan udara atau shockwave yang akan menyapu apapun yang berada di radiusnya dengan hempasan angin yang sangat cepat.

Efek langsung yang dapat dirasakan bagi daerah yang terdampak ledakan udara ini adalah robohnya bangunan, gendang telinga pecah, hingga kerusakan paru-paru. Akan tetapi, efek dari ledakan udara ini hanya akan dirasakan oleh orang-orang yang berada di atas permukaan tanah, sehingga bagi orang yang bersembunyi di dalam ruang bawah tanah tidak akan mengalami dampak ini.

Halaman Selanjutnya
img_title