18 Fakta Unik Buku Kematian Mesir, No 6 Menyeramkan

Kitab kematian Mesir
Sumber :
  • Wikipedia

VIVA – Buku kematian Mesir adalah adalah sebuah teks pemakaman Mesir kuno, yang digunakan dari awal Kerajaan Baru (sekitar 1550 SM) hingga sekitar 50 SM. Nama asli Mesir untuk teks tersebut Kitab Keberangkatan Setiap Hari (Book of Coming Forth by Day). Isinya istilah paling dekat untuk menggambarkan koleksi teks-teks lepas tersebut, yang terdiri dari sejumlah mantra magis yang dimaksudkan untuk memandu perjalanan orang yang meninggal melewati Duat, atau dunia bawah, dan ke alam baka serta ditulis oleh banyak pendeta selama sekitar 1000 tahun.

Pejabat Israel dan Mesir Bertemu Diam-diam, Bahas Operasi Militer di Rafah

Buku Kematian Mesir merupakan bagian dari tradisi teks pemakaman yang mencakup Teks Piramida dan Teks Peti Mati, yang dituliskan pada objek, bukan papirus. Beberapa mantra diambil dari karya-karya yang lebih tua dan berasal dari milenium ke-3 SM. Mantra lain disusun kemudian pada Periode Menengah Ketiga (abad ke 11 hingga 7 SM). Beberapa mantra yang menyusun kitab tersebut masih terus diukir pada dinding makam dan sarcophagi, seperti mantra asalnya. Kitab Kematian diletakkan dalam peti mati atau ruang pemakaman orang yang meninggal.

Sejumlah film sering menggambarkan buku kematian Mesir sebagai sesuatu yang berhubungan dengan kejahatan. Serial film 'The Mummy' dan serial TV 'Penny Dreadful' telah mempopulerkan hubungan jahat buku ini tetapi kebenarannya jauh dari apa yang ditunjukkan kepada kita.

Asuransi Kesehatan Jadi Primadona Usai Lebaran

Kitab Kematian terdiri dari serangkaian teks individu yang disertai dengan ilustrasi. Sebagian besar sub-teksnya dimulai dengan kata ro, yang dapat berarti "mulut", "ucapan", "mantra", "ungkapan", "jampi", atau "sebuah bab dari sebuah buku". Ambiguitas ini mencerminkan kesamaan dalam pemikiran Mesir antara ucapan ritual dan kekuatan magis. Dalam konteks, Kitab Kematian, biasanya diterjemahkan sebagai "bab" atau "mantra". Dalam artikel ini, kata "mantra" digunakan.

Berikut 18 fakta mengenai buku kematian Mesir yang dilansir dari Tons Of Facts:

Gus Baha Ingatkan Semua Orang Agar Ingat Mati Tapi Tetap Semangat Hidup

1. Buku Kematian Mesir bukanlah buku dan tidak ditulis oleh seseorang mana pun. Ini sebenarnya adalah kumpulan teks yang ditulis selama berabad-abad.

2. Karena teks ditulis selama ratusan tahun, teks yang berbeda memiliki penulis yang berbeda.

3. Teks aslinya dikenal sebagai 'pert em hru' (menurut Encyclopedia) atau dalam bahasa Mesir yang secara harfiah diterjemahkan menjadi 'terwujud dalam terang' atau 'muncul di siang hari '.

4. Selama berabad-abad, beberapa teks ditambahkan dan dimodifikasi oleh para imam Mesir, yang akhirnya berjumlah 200 bab.

5. Tak satu pun dari bab dalam buku ini terkait. Mereka benar-benar mandiri. Menariknya tidak ada bab yang lengkap karena papirus dari mana teks-teks dikumpulkan tidak ditemukan lengkap.

6. Awalnya ditulis dalam skrip hieratik atau hieroglif, Book of the Dead sebenarnya adalah kumpulan mantra magis yang seharusnya membantu orang mati melewati dunia bawah dengan aman dan akhirnya muncul ke alam baka.

7. Buku ini digunakan selama awal Kerajaan Baru (di suatu tempat di 1550 SM) tetapi, seluruh koleksi sebenarnya dikembangkan melalui ribuan tahun sebelumnya.

8. Sebenarnya, tradisi penggunaan teks pemakaman dimulai kembali di Kerajaan Lama dan teks pemakaman pertama adalah Teks Piramida yang pertama kali terlihat sekitar 2400 SM di piramida raja dinasti ke-5 – Raja Unas.

9. Teks Piramida Pemakaman digantikan oleh Teks Peti Mati di Kerajaan Tengah. Mantra baru, bahasa baru dan bahkan ilustrasi ditemukan. Teks-teks itu ditulis di sisi dalam peti mati. Kadang-kadang, teks muncul di papirus dan bahkan di dinding di dalam piramida.

10. Sekitar 1700 SM, buku kematian Mesir dikembangkan. Tempat perkembangannya adalah Thebes. Beberapa mantra paling awal yang ditemukan dalam buku itu sebenarnya berasal dari Teks Peti Mati dari dinasti ke-13. Teks-teks itu diambil dari peti mati Ratu Mentuhotep

11. Buku itu banyak digunakan oleh pejabat dan abdi dalem bangsawan pada dinasti ke-19. Selama periode ini, meskipun teks kadang-kadang ditulis di dalam peti mati atau di dinding di dalam piramida, praktik yang umum adalah menuliskannya di atas kain linen dan membungkus orang mati dengan kain itu.

12. Dari Kerajaan Baru dan seterusnya, buku itu tersebar luas dan teks-teksnya ditulis atau dibuat di atas papirus.

13. Kitab Orang Mati menerima pembaruan dan revisi terakhir selama dinasti ke-25 dan dinasti ke-26. Selama periode inilah buku itu distandarisasi dan mantra-mantra dipesan dan diberi nomor. Hari ini, versi standar dikenal sebagai resensi Saite dinamai dinasti ke-26 atau dinasti Saite.

14. Namun, versi Saite kembali mengalami beberapa perubahan dan penambahan. Teks-teks pemakaman baru ditambahkan di mana yang paling terkenal adalah Kitab Melintasi Keabadian dan Kitab Pernapasan. Penambahan ini terjadi dekat dengan akhir periode Ptolemeus.

15. Penggunaan terakhir buku ini terlihat pada abad ke-1 SM.

16. Nama 'Book of the Dead' diberikan oleh para arkeolog Eropa hanya karena teks-teksnya ditemukan di kuburan

17. Buku ini benar-benar tidak ada hubungannya dengan reinkarnasi kejahatan atau semacamnya.

18. Di dalam buku itu ditemukan satu bagian yang berbicara tentang proses yang harus dilalui oleh jiwa yang mati untuk memasuki alam baka. Di sana telah dijelaskan bahwa jiwa seseorang harus terlebih dahulu memasuki Hall of Two Truths di mana Dewa Anubis menimbang hati orang tersebut dengan bulu burung unta. Jika melebihi hati, orang tersebut pindah ke alam baka karena dia menjalani kehidupan yang baik. Jika sebaliknya terjadi, jiwa harus menanggung hukuman.

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya