Logo ABC

Populasi Penduduk Naik Pesat di Melbourne Barat, Muncul Tuntutan

Naga Kilaru dan Mohit Tyagi (kanan) merasa ditipu dengan janji pembangunan stasiun baru di Tarneit. (ABC Radio Melbourne: Matilda Marozzi)
Naga Kilaru dan Mohit Tyagi (kanan) merasa ditipu dengan janji pembangunan stasiun baru di Tarneit. (ABC Radio Melbourne: Matilda Marozzi)
Sumber :
  • abc

Enam tahun lalu Mohit Tyagi membeli sebidang tanah tidak jauh dari lokasi rencana pembangunan stasiun kereta di Tarneit.

Namun, sekarang dia khawatir stasiun tersebut tidak akan dibangun sementara dia tinggal bersama istri dan dua anaknya di kawasan Tarneit dan Truganina yang jumlah penduduknya naik empat  kali lipat dalam 10 tahun terakhir.

Ketika pemerintah negara bagian Victoria membangun Jaringan Kereta Regional, mereka mengatakan bisa membangun stasiun kereta dengan mudah termasuk di Davis Road dan Sayers Road di Tarneit.

Dokumen perencanaan menyebut kedua tempat tersebut sebagai 'kesempatan untuk membangun stasiun di masa depan" dan 'potensi stasiun di masa depan".

Belasan ribu orang seperti Mohit Tyagi pindah ke daerah tersebut dengan harapan akses ke pusat kota akan mudah karena perkiraan stasiun kereta sudah akan dibangun oleh pemerintah setempat selama beberapa tahun terakhir.

"Saya merasa dibohongi,  merasa sangat tidak puas," katanya.

"Stasiun masa depan, satu-satunya hal yang tersisa dari janji ini hanyalah selebaran iklan proyek tersebut."

Mohit Tyagi memilih tinggal di kawasan Barat kota Melbourne dibandingkan kawasan permukiman lainnya karena letaknya yang relatif lebih dekat ke pusat kota.

Jika ada akses kereta, hanya diperlukan waktu setengah jam untuk sampai ke tempat kerjanya di pusat kota Melbourne CBD.