15 Fakta tentang NATO, Ukraina Gagal Bergabung

VIVA Militer: Pasukan Pakta Pertahanan Atlantik Utara (NATO)
Sumber :
  • bmvg.de

VIVA – Fakta tentang NATONorth Atlantic Treaty Organization atau kalau dalam bahasa Indonesia disebut 'Pakta Pertahanan Atlantik Utara', lebih dikenal sebagai NATO. Ini merupakan organisasi pertahanan dan aliansi keamanan antara 30 negara merdeka di Eropa dan Amerika Utara.

Di Forum Parlemen MIKTA, Puan Ingatkan Krisis di Gaza Berdampak pada Stabilitas Global

NATO beroperasi berdasarkan prinsip bahwa serangan terhadap satu negara anggota adalah serangan terhadap semua anggota, menjanjikan pertahanan kolektif.

NATO pertama kali didirikan pada tahun 1949 untuk mencegah nasionalisme militer dan perluasan Uni Soviet setelah Perang Dunia Kedua. Awalnya terdiri dari 12 anggota, 18 lagi telah bergabung sejak itu.

Rusia Ngamuk dan Ancam Serang Instalasi Militer Inggris, Apa Sebabnya?

Aliansi telah terlibat dalam Perang Bosnia, pasca serangan teror 09 November 2001 dan berbagai konflik lainnya, upaya bantuan dan operasi kontra-pembajakan.

Berikut beberapa fakta NATO Seperti dikutip dari Histroryhit sebagai berikut:

Rusia Masukkan Nama Presiden Zelesnkyy ke dalam Daftar Buronan

1. NATO didirikan pada 4 April 1949.

VIVA Militer: Pasukan Pakta Pertahanan Atlantik Utara (NATO)

Photo :
  • bmvg.de

Fakta tentang NATO, pada tahun 1948, setelah Perang Dunia Kedua, Inggris, Perancis, Belgia, Belanda, dan Luksemburg membentuk aliansi yang disebut Uni Eropa Barat. Tetapi dengan ketakutan akan kekuatan Soviet yang meningkat dalam Perang Dingin yang sedang berkembang, aliansi yang lebih kuat dicari.

Kelima anggota Uni Eropa Barat, bersama dengan Kanada, Denmark, Islandia, Italia, Norwegia, Portugal, dan AS, menandatangani Perjanjian Atlantik Utara di Washington DC. Dalam melakukannya, mereka membentuk aliansi yang terikat oleh keinginan untuk pertahanan kolektif, perdamaian dan stabilitas disitu awal mulanya terbentuknya NATO.

2. NATO sekarang terdiri dari 30 negara anggota.

VIVA Militer: Sekretaris Jenderal NATO, Jens Stoltenberg (kedua dari kanan)

Photo :
  • kyivpost.com

Fakta tentang NATO, sejak 12 negara anggota asli meluncurkan NATO, 18 negara telah bergabung, Albania, Bulgaria, Kroasia, Republik Ceko, Estonia, Jerman, Yunani, Hungaria, Latvia, Lithuania, Montenegro, Makedonia Utara, Polandia, Rumania, Slovakia, Slovenia, Spanyol dan Turki. Negara terbaru yang bergabung dengan aliansi itu adalah Makedonia Utara pada tahun 2020.

Dan yang paling terbaru yang akan bergabung NATO adalah Ukraina, Akan tetapi negara tetangga Ukraina yaitu Rusia tidak merelakan Ukraina bergabung dengan NATO, karena Presiden Rusia Vladimir Putin menganggap jika Ukraina bergabung dengan NATO akan menjadi ancaman yang nyata.

Selain itu keanggotaan NATO dibatalkan oleh Ukraina setelah pemilihan presiden 2010 di mana Viktor Yanukovych, yang lebih memilih untuk menjaga agar negara tidak berpihak ke negara manapun, akan tetapi Di tengah kerusuhan Euromaidan Yanukovych melarikan diri dari Ukraina pada Februari 2014 dan akhirnya digantikan oleh Volodymyr Zelensky ingin mencoba bergabung dengan NATO.

3. NATO juga memiliki mitra keamanan di lebih dari 40 negara.

AS kirimkan sebanyak 3000 tentara tambahan guna memperkuat NATO di Eropa Timur

Photo :
  • ANTARA FOTO/REUTERS

Fakta tentang NATO, selain memiliki anggota di seluruh Amerika Utara dan Eropa, NATO menggunakan jaringan mitra keamanan di seluruh dunia. Berbasis di lebih dari 40 negara, rekan keamanan NATO termasuk Uni Afrika, Uni Eropa dan Organisasi untuk Keamanan dan Kerjasama di Eropa.

4. NATO campur tangan dalam Perang Bosnia.

VIVA Militer: Kendaraan tempur lapis baja BMPT-72 Terminator militer Rusia

Photo :
  • sputniknews.com

Fakta tentang NATO, dari tahun 1992-1995, Bosnia-Herzegovina terlibat dalam konflik bersenjata. Dalam penggunaan kekuatan militer pertamanya, NATO secara aktif memasuki konflik pada tahun 1995.

Dan meluncurkan serangan udara di dekat Sarajevo terhadap benteng Serbia Bosnia dan mengerahkan sekitar 60.000 tentara. Melalui penargetan Tentara Republika Srpska, NATO berkontribusi pada penyelesaian konflik.

5. Serangan terhadap satu anggota NATO adalah serangan terhadap semua anggotanya.

Pasal 5 perjanjian NATO menetapkan bahwa serangan terhadap setiap anggota NATO merupakan serangan terhadap semua anggotanya. Ini menyoroti tujuan utama NATO: membela negara-negara anggotanya dan warganya.

6. Pasal 5 diberlakukan setelah 11 Septmber 2001.

Fakta tentang NATO, pasal 5 NATO hanya pernah digunakan sekali: sebagai tanggapan atas serangan teroris 11 Semptember pada tahun 2001. Serangan tersebut, yang dilakukan oleh militan yang terkait dengan al Qaeda, menyebabkan tindakan pasal 5 pada hari berikutnya, pada 12 September 2001.

Sebagai tanggapan, NATO meluncurkan operasi militer di luar wilayah Auro-Atlantik untuk pertama kalinya, meningkatkan penyelidikannya terhadap aktivitas teroris di seluruh dunia. NATO juga meluncurkan operasi anti-terorisme di AS, memantau langit untuk kemungkinan aktivitas teroris.

7. Prancis pergi, dan kemudian bergabung kembali, komando militer NATO.

Fakta tentang NATO, setelah tahun 1958, Presiden Prancis Charles de Gaulle mempertanyakan dominasi Amerika Serikat atas manajemen NATO. Ketika hubungan Perancis dan NATO menjadi lebih tegang, Prancis menarik diri dari komando militer NATO pada tahun 1966.

Ini berarti personel dan markas militer NATO diusir dari Prancis, tetapi Prancis masih mematuhi aspek-aspek perjanjian itu. Prancis bergabung kembali dengan struktur komando militer NATO pada tahun 2009.

8. Anggota NATO seharusnya menghabiskan 2% dari PDB mereka untuk pertahanan.

Fakta tentang NATO selanjutnya, pada 2014, NATO telah meminta agar semua negara anggota membelanjakan setidaknya 2% dari PDB mereka untuk pertahanan. Saat ini hanya sebagian kecil anggota NATO yang saat ini menghabiskan 2% atau lebih untuk pertahanan, dengan AS dan Inggris di antara mereka yang melakukannya. NATO memproyeksikan bahwa pada tahun 2024, 15 negara anggota akan mencapai target 2%.

9. Hanya satu anggota NATO yang tidak memiliki tentara.

Fakta tentang NATO, Islandia adalah satu-satunya negara anggota yang tidak memiliki tentara tetap. Ini mungkin karena populasinya yang kecil dan dana yang dibutuhkan untuk mempertahankannya. Sebaliknya, Islandia mempertahankan penjaga pantai militer, pasukan penjaga perdamaian dan sistem pertahanan udara.

10. Pasal 10 menguraikan 'kebijakan pintu terbuka' NATO.

Fakta tentang NATO, yang menggambarkan bahwa aliansi tetap terbuka untuk negara Eropa mana pun, selama negara itu dapat mematuhi aturan keanggotaan. Keputusan apakah suatu negara diizinkan untuk bergabung dibuat oleh Dewan Atlantik Utara. Sejumlah negara, terutama di Eropa Timur, saat ini bercita-cita untuk bergabung dengan aliansi: Bosnia-Herzegovina, Georgia dan Ukraina.

11. Mengelola krisis di seluruh dunia.

Mempromosikan stabilitas di lingkungan kita dan melindungi orang-orang kita di rumah terkadang dapat berarti mengambil tindakan lebih jauh. Pada 1990-an, NATO menghentikan pertumpahan darah lebih lanjut yang terjadi di Bosnia dan Kosovo.

Sejak tahun 2003, NATO telah membantu memastikan bahwa Afghanistan tidak lagi menjadi tempat yang aman bagi kelompok teroris internasional. NATO juga telah membantu mencegah pembajakan di Tanduk Afrika dan, sejak 2016, telah membantu mengatasi krisis pengungsi dan migran di Eropa.

12. Memerangi Terorisme.

NATO memainkan peran penting dalam memerangi terorisme, menyumbangkan lebih dari 13.000 tentara NATO untuk melatih pasukan lokal di Afghanistan. NATO juga merupakan anggota penuh dari Koalisi Global untuk Mengalahkan ISIS, dan pesawat pengintai AWACS kami terus mendukung Koalisi.

NATO juga melatih pasukan Irak untuk memerangi ISIS dengan lebih baik, dan Divisi Intelijen kami yang baru membantu kami mengantisipasi dan menangani ancaman. Di Naples, NATO telah mendirikan 'Hub for the South' untuk membantu Sekutu mengatasi ancaman terorisme.

13. Pertahanan Cyber.

Serangan siber menjadi lebih umum, canggih, dan merusak, menjadikan pertahanan siber sebagai prioritas utama NATO. Faktanya, NATO sekarang mengakui dunia maya sebagai 'domain operasional' - seperti halnya darat, laut atau udara.

NATO membantu Sekutu untuk meningkatkan pertahanan dunia maya mereka dengan berbagi informasi tentang ancaman, berinvestasi dalam pendidikan dan pelatihan, dan melalui latihan. NATO juga memiliki pakar pertahanan siber yang dapat dikirim untuk membantu Sekutu yang diserang.

14. Pendanaan NATO.

Setiap negara NATO berkontribusi pada biaya menjalankan Aliansi. Sejauh ini kontribusi terbesar Sekutu datang dalam bentuk ambil bagian dalam misi dan operasi yang dipimpin NATO.

Misalnya, satu negara mungkin menyediakan jet tempur, sementara yang lain menyediakan kapal, peralatan, atau pasukan. Sekutu NATO juga menyediakan dana langsung ke NATO untuk menutupi biaya staf dan fasilitas NATO, Struktur Komando dan peralatan yang dimiliki bersama, seperti pesawat AWACS.

15. Struktur Komando NATO.

Dengan begitu banyak negara yang bekerja sama, memiliki rantai komando yang jelas sangat penting. Personel militer dan sipil dari semua negara anggota bekerja bersama setiap hari dalam 'Struktur Komando' NATO. Ini termasuk dua Komando Strategis tingkat atas.

Operasi Komando Sekutu, yang berbasis di Mons, Belgia dan Transformasi Komando Sekutu, yang berbasis di Norfolk di Amerika Serikat. Agar tetap sesuai dengan tujuan, Struktur Komando NATO sedang dimodernisasi untuk memungkinkan kita memindahkan pasukan lebih cepat melintasi Eropa dan untuk menjaga jalur komunikasi laut melintasi Atlantik bebas dan terbuka.

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya