10 Fakta Pasukan Merah Uni Soviet yang Dulu Berjaya di Perang Dunia 2

VIVA Militer: Tentara Merah Uni Soviet
Sumber :
  • Medium.com

VIVA – Pasukan Merah adalah kekuatan militer utama Uni Soviet. Didirikan pada Januari 1918 oleh Bolshevik sebagai Pasukan Merah Buruh dan Tani, ia menyaingi apa yang secara kolektif dikenal sebagai Pasukan Putih selama Perang Saudara Rusia.
Selama Perang Dunia Kedua itu merupakan yang terbesar dari pasukan darat Sekutu di Eropa, dan Pasukan Merah yang merebut ibukota Nazi, Berlin, pada tahun 1945. Setelah itu dan sampai pembubaran Uni Soviet pada tahun 1991, Pasukan Merah adalah penegak utama pemerintahan komunis dari Laut Adriatik ke Kutub Utara. Secara resmi berganti nama menjadi Pasukan Soviet pada tahun 1946. Berikut adalah 10 fakta tentang Pasukan Merah Uni Soviet dikutip dari historyhit.

Ditekuk Jepang, Indonesia Tantang Thailand di Perempat Final Uber Cup 2024

1. Pasukan Merah didirikan oleh Leon Trotsky
Sebagai Komisaris Rakyat untuk Urusan Militer dan Angkatan Laut dari tahun 1918 hingga 1924, Leon Trotsky bertanggung jawab atas Pasukan Merah selama Perang Saudara Rusia. Konflik tersebut terjadi setelah penggulingan monarki Rusia dan Pemerintahan Sementara pada tahun 1917.

Trotsky mengorganisir kembali pasukan Bolshevik setelah menderita kekalahan dari kaum kulit putih yang anti-komunis. Relawan Pengawal Merah diubah menjadi pasukan yang awalnya hanya terdiri dari pekerja, dan kemudian juga petani pedesaan. Wajib militer membuat Pasukan Merah lebih besar, meskipun mengandalkan paksaan, penyanderaan, dan eksekusi.

Uber Cup: Pasangan 'Gado-gado' Lanny/Fadia Mampu Repotkan Jepang

2. Disiplin di Pasukan Merah sangat ketat

Pasukan Uni Soviet.

Photo :
Susunan Pemain Indonesia Vs Jepang di Uber Cup, Gregoria Mariska Lawan Akane Yamaguchi

Disiplin di Pasukan Merah tidak kenal kompromi dan kepatuhan pada kepemimpinan politik sudah berurat berakar. Reputasi Pasukan Merah untuk kekerasan dicontohkan oleh Perintah Joseph Stalin No. 277 selama Perang Dunia Kedua. Dipopulerkan sebagai "Not one step back!" perintah, itu dimaksudkan untuk memastikan kepatuhan di antara unit-unit Pasukan Merah setelah kerugian besar pada tahun pertama perang dengan Jerman. Ini meningkatkan penggunaan batalyon hukuman, yang dikirim untuk misi bunuh diri, dan mengamanatkan eksekusi singkat untuk retret yang tidak sah.

3. Korps perwira Pasukan Merah dibersihkan secara drastis sebelum Perang Dunia Kedua
Korps perwira Pasukan Merah dihancurkan oleh pembersihan Stalin tahun 1937, yang merobek-robek calon lawan kepemimpinannya. 8 Jenderal Pasukan Merah dinyatakan bersalah berkomplot untuk mengkhianati Uni Soviet dan dieksekusi, dan lebih banyak lagi yang dipecat atau dikirim ke kamp kerja paksa. Hasilnya adalah penurunan moral dan kinerja pada malam invasi Jerman tahun 1941 ke Uni Soviet.

4. Kemenangan Pasukan Merah di Front Timur sangat menentukan
Selama lebih dari empat tahun dan melintasi garis depan sepanjang lebih dari 1.000 mil, Pasukan Merah melawan dan kemudian melawan pasukan Jerman selama perang di Front Timur. Sebagian besar korban militer Jerman dapat dikaitkan dengan pertempuran mereka dengan Pasukan Merah, di mana hampir 4 juta pasukan Jerman tewas.

Untuk meningkatkan peluang Pasukan Merah dalam melawan invasi Jerman ke Uni Soviet, AS mulai mengirimkan pasokan militer ke Uni Soviet pada musim panas 1941. Lebih dari $11 miliar bantuan militer mengalir ke Uni Soviet selama perang, diwujudkan dengan truk Dodge , lokomotif dan ransum kalengan. Ini adalah bantuan yang dibayar oleh Pasukan Merah dengan darah, demikian yang diyakini oleh Stalin.

5. Pasukan Merah merebut Berlin

VIVA Militer: Konvoi pasukan Tentara Uni Soviet memasuki Berlin

Photo :
  • The New York Times

Ibu kota Nazi di Berlin direbut oleh Pasukan Merah pada April 1945. Setelah maju ratusan mil pada bulan-bulan sebelumnya, Pasukan Merah melanjutkan ofensif mereka pada 16 April. Pada 2 Mei, garnisun kota menyerah. Sebanyak 2,5 juta Pasukan Merah terlibat dalam Pertempuran Berlin, dan pamor Soviet didorong oleh pencapaian militer mengalahkan Jerman. Tetapi pertempuran itu juga terkenal dengan pemerkosaan dan pembunuhan massal yang terjadi setelah pertempuran.

6. Pasukan Merah dianggap sebagai penindas sekaligus pembebas
Di beberapa bagian Eropa, Pasukan Merah dipandang sebagai pembebas benua. Di Cekoslowakia, orang-orang memeluk pasukan Soviet yang berbaris. Dan di Norwegia utara, para nelayan dan keluarga mereka memuji Pasukan Merah dengan spanduk.

Namun di daerah-daerah yang diduduki Pasukan Merah, juga terjadi represi yang kasar dan brutal: pembantaian dan kekejaman yang dilakukan oleh Pasukan Merah mempengaruhi jutaan keluarga. Mereka menciptakan suasana teror yang melemahkan kemampuan Soviet untuk memerintah di Eropa Timur. Di wilayah yang dilalui Pasukan Merah, jutaan orang Jerman melarikan diri atau diusir.

7. Invasi Pasukan Merah ke Manchuria mempercepat penyerahan Jepang
Tepat tiga bulan setelah berakhirnya perang di Eropa, Pasukan Merah memimpin invasi kejutan ke Asia Timur Laut yang diduduki Jepang. Kemenangan cepat mereka membuat Jepang terekspos sementara mengungkapkan bahwa Soviet tidak akan menengahi dalam perdamaian yang dinegosiasikan dengan sekutu, berkontribusi pada keputusan Jepang untuk menyerah tanpa syarat.

8. Pasukan Merah adalah yang terbesar di akhir Perang Dunia Kedua

Tentara Uni Soviet memasuki Berlin, ibu kota Jerman, jelang akhir Perang Dunia Kedua.

Photo :
  • commons.wikimedia.org

Pada akhir Perang Dunia Kedua, banyak yang takut dengan kekuatan besar Pasukan Merah. Dalam hal jumlah itu lebih unggul dari yang lain. Sebelum demobilisasi masa damai mengurangi jumlahnya menjadi sekitar 3 juta pada tahun 1948, Pasukan Merah telah mencapai jumlah tertinggi 12 juta pasukan pada tahun 1945. Untuk sisa Uni Soviet, jumlah pasukannya biasanya tetap antara 4 dan 5 juta.

9. Pasukan Merah pada awalnya menganggap pangkat dan perwira sebagai warisan imperialis
Pasukan Merah awal menolak penggunaan korps perwira profesional, menganggapnya sebagai warisan tsarisme. Kaum Bolshevik lebih menyukai penggunaan kata 'komandan' sebagai ganti 'petugas', dan juga lebih menyukai gelar fungsional dan lencana sederhana. Modifikasi sistem terjadi sehingga organisasi Pasukan Merah secara bertahap menyerupai Pasukan Kekaisaran Rusia. Dari tahun 1943, pangkat perwira secara resmi disahkan selain tanda pangkat, yang tetap digunakan selama Uni Soviet.

10. Pasukan Merah dihancurkan dan diperbarui dua kali selama Perang Dunia Kedua
Skala peperangan dan kerugian di Front Timur Perang Dunia Kedua sangat spektakuler. Saat pecahnya perang, 6 juta pasukan Jerman dan Soviet bersiap untuk baku tembak. Pada tahun 1943, 11 juta pasukan bertempur pada satu waktu. Pada Desember 1941, Pasukan Merah telah kehilangan 4,5 juta orang, hampir seluruh pasukan sebelum perang. Seperti yang ditulis Catherine Merrindale dalam Ivan's War: The Red Army at War 1939-45, “proses ini akan berulang ketika generasi lain dipanggil, dijejalkan ke dalam seragam dan dibunuh, ditangkap atau terluka hingga tidak dapat disembuhkan lagi. Secara keseluruhan, Pasukan Merah dihancurkan dan diperbarui setidaknya dua kali selama perang ini.”

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya