Didukung Amerika Serikat, Ini Alasan Israel Dibiarkan Dunia

Amerika Serikat (AS) dan Israel.
Sumber :
  • Homeland Preparedness News

VIVA – Alasan Israel dibiarkan dunia dapat berperilaku sangat buruk dan disambut baik di dunia bisnis internasional, politik dan bahkan olahraga dan hiburan adalah salah satunya karena dukungan Amerika Serikat. Seperti diketahui, Amerika Serikat memberi bantuan militer dan ekonomi pada Israel sebesar USD 3 miliar setiap tahun, walaupun Israel bukan negara miskin. Di forum PBB pun, Amerika Serikat selalu pasang badan meski Israel sering melanggar hukum internasional, seperti pembangunan permukiman Yahudi secara ilegal di wilayah pendudukan Palestina.

5 Negara Bagian dengan Cadangan Minyak Terbesar di AS

Dilansir dari haaretz.com, ada dua hal telah terjadi untuk menjelaskan bagaimana Israel dapat berperilaku sangat buruk. Pertama adalah bahwa dunia telah berubah. Di Barat, kebangkitan politik populis dengan permusuhannya terhadap imigrasi dan institusi global dan nasionalismenya telah menempatkan pembela tatanan internasional berdasarkan hukum dan hak asasi manusia dalam posisi defensif. Sementara itu, di Eropa, kaum populis hanya memenangkan kendali atas segelintir kekuatan kelas dua di Eropa, tetapi gagasan populis mendapatkan hadiah terbesar dari mereka semua dengan terpilihnya Donald Trump. Ke mana Amerika Serikat pergi, yang lain pasti mengikuti.

Sementara itu, meningkatnya kekuatan China tidak hanya berfungsi sebagai penyeimbang ekonomi bagi Amerika Serikat dan Eropa, tetapi juga sebagai penyeimbang politik. Keberhasilan ekonominya yang tak terbantahkan pada saat demokrasi Barat tetap trauma oleh resesi pada tahun 2008 telah menjadikan model teknokrasi, kontrol terpusat, dan toleransi nol untuk perbedaan pendapat sebagai alternatif yang menarik.

AS Minta Iran Biarkan Israel Lakukan Serangan Balik, Hanya Sebagai 'Simbolis' Agar Israel Tak Malu

Dalam konteks ini, serangan terhadap demokrasi di Israel oleh hak penguasa negara itu tidak jauh dari arah yang diambil oleh seluruh dunia. Tetapi ada alasan ekonomi yang kuat untuk terus-menerus disambut oleh Israel. China dan Arab Saudi mendapatkan izin masuk gratis karena mereka terlalu penting secara ekonomi dan/atau kritis bagi kepentingan keamanan nasional Barat. Israel tetap berada di garis bidik komunitas hak asasi manusia internasional. Tak hanya itu, Amnesty menyerukan embargo senjata total terhadap Israel. Tetapi sulit untuk membayangkan seorang pemimpin Barat memberikan ini lebih dari sekadar senyuman ironis. Di tengah kekhawatiran ekspansionisme Iran, Islamisme, dan kekacauan di Suriah, Israel terlalu penting sebagai penyeimbang masalah hak asasi manusia.

Untuk dunia bisnis juga, Israel telah menjadi terlalu penting untuk diabaikan. Salah satu dari sedikit tempat yang memanfaatkan produk dan layanan mutakhir dan mengikuti tren terbaru adalah Israel. Itu sebabnya investasi asing langsung tahun lalu mencapai $ 18,6 miliar, hampir semuanya dimasukkan ke perusahaan teknologi tinggi. Lingkungan internasional telah mempermudah hak untuk mengejar obsesinya tanpa merusak posisi internasional Israel. Tetapi jika hak terus mendapatkan jalannya, itu akan menyebabkan kerusakan yang lebih serius pada masyarakat Israel, dan membatalkan segala sesuatu yang telah membuat Israel berhasil sampai sekarang.

Akhiri Perang Dingin, Menhan AS dan China Lakukan Video Call Setelah Setahun

Sejak 1960-an, Israel telah mengembangkan alutsista dan sistem pertahanan canggihnya sendiri, memodifikasinya teknologi terbaik dari negara asing sekutunya, seperti Amerika Serikat, Inggris, dan Jerman. Semua kombinasi itu menjadikan Israel sebagai salah satu militer dengan stok persenjataan paling berteknologi maju, dengan seperangkat pasukan tempur paling efektif di dunia.

Meskipun mendapatkan pertentangan luar biasa, namun nyatanya Israel seperti tidak goyah sedikit pun. Ya, negara-negara barat justru mendukung langkah Israel termasuk yang paling vokal adalah Amerika Serikat. Salah satu buktinya adalah di tanggal 14 Mei 1948 ketika Israel berdiri, AS langsung memberikan pengakuan dan membuka hubungan diplomatik.

Seperti yang diketahui, Israel adalah salah satu negara pemilik kekuatan militer paling mutakhir di dunia dan di Timur Tengah mereka adalah juaranya. Benar-benar tidak ada yang match alias setara dengan Israel soal militer, sehingga eksistensi mereka pun begitu diperhitungkan. Lalu, apa hubungan fakta ini dengan Amerika. Ya, sudah jelas tentang supply minyak.

Logikanya, Israel adalah yang paling disegani di Timur Tengah, dan negara ini adalah sahabat baik AS, maka secara tidak langsung, segala kepentingan AS di sini kemungkinan akan lebih mudah dan faktanya memang demikian. Belum lagi fakta unik lain seperti ketergantungan beberapa negara Arab terhadap pasokan senjata Israel membuat Amerika bisa mengambil semakin banyak manfaat dari kondisi tersebut

Awalnya, hanya pemerintah AS saja yang sangat condong kepada Israel. Namun, seiring berjalannya waktu, rakyat Amerika juga mulai terlihat memberikan dukungan penuh kepada Israel. Dukungan tersebut bahkan makin meningkat setelah peristiwa 9/11 terjadi. Dalam sebuah polling yang topiknya adalah pilihan dukungan kepada Israel atau Palestina, sebanyak lebih dari 80 persen koresponden memilih si negara yahudi.

Jika Amerika Serikat membantu Taiwan dan Korea Selatan karena menganggap kedua negara sebagai dinding yang bisa membatasi pengaruh komunisme, untuk Israel bantuan mereka adalah sebuah tugas yang mulia atas nama Tuhan. Sejak tahun 1985 hingga saat ini, Amerika Serikat telah memberi Israel bantuan pemerintah yang sangat besar. Hibah dan bantuan ini tidak pernah berhenti dan nilainya tidak pernah turun bahkan ketika dana dan rekening AS mengalami kerugian atau ekonomi mereka dalam krisis atau defisit yang serius. Karena bagi perwakilan dari lobi Zionisme Kristen di Kongres Amerika, dukungan dari Negara Israel dan perlindungannya adalah misi suci.

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya