JPAC Adakan Pelatihan Teater Seni Gratis Bersama Artis Broadway

Zoom meeting Jakarta Performing Art Community.
Sumber :
  • VIVA/Natania Longdong

VIVA – Jakarta Performing Art Community (JPAC) bersama dengan Kedutaan Besar Amerika Serikat (AS) Jakarta akan mengadakan pelatihan seni teater daring dengan tema Triple Threat Academy. Acara ini akan diadakan selama tiga bulan dari tanggal 23 Maret 2022 sampai 29 Juni 2022, dan terbuka untuk umum.

Edi Purwanto Paparkan Kinerja DPRD Jambi di Hadapan Wakil Konsul AS

Triple Threat Academy sendiri terbagi menjadi 3 pilar program. Ketiga pilar ini nantinya akan melatih para peserta dalam tiga aspek yang berbeda yaitu, kesenian peran, aktivisme seni, dan kewirausahaan. Artistry Program yang merupakan program pertama akan berfokus pada pengembangan kemampuan bernyanyi, bermain peran, dan menari peserta.

Program yang kedua yaitu Advocacy Program, nantinya peserta akan belajar menulis cerita dan lagu yang terinspirasi oleh perjuangan dan kepemimpinan tokoh wanita Indonesia. Program ini juga akan mempersembahkan lagu bagi Menteri Keuangan Indonesia Sri Mulyani, aktivis pendidikan untuk masyarakat adat Butet Manurung, dan pengayom seni dan kebudayaan Renitasari Adrian atas kontribusi mereka dalam bidang masing-masing.

AS Tuntut 7 Warga China atas Peretasan Jahat yang Disponsori Negara

Dalam program ketiga yaitu Enterpreneurship Program, akan memberikan pelatihan kewirausahaan bagi seniman demi mentransformasi ilmu kesenian mereka menjadi sebuah usaha mandiri.

“Amerika Serikat (AS) terus mendukung ekonomi kreatif Indonesia yang dinamis, termasuk aktor, musisi, dan penari muda berbakat yang telah mengalami tantangan selama pandemi. Kami berharap para seniman Indonesia yang berpartisipasi dalam Triple Threat Academy dapat menggunakan keterampilan baru mereka untuk memberikan manfaat bagi komunitas mereka,” kata Asisten Atase Kebudayaan Kedutaan Besar Amerika Serikat (AS) di Jakarta, Mary Trechock, dalam zoom meeting, Senin 7 Maret 2022.

Pabrik Rakit Drone Ukraina Hancur Dibom Pasukan Rusia

Carla Canales sebagai Fasilitator utama dalam program pelatihan ini, mengatakan bahwa dia berharap program pelatihan seni teater akan membantu pelaku seni untuk megembangkan bakat mereka. Dia juga menekankan bahwa Indonesia memiliki banyak budaya, sehingga dia dapat mempelajari budaya yang ada di Indonesia dalam program pelatihan tersebut.

“Saya ingin membantu lebih banyak orang untuk mengembangkan (bakat) seni mereka. Kemudian saya melihat Indonesia memiliki begitu banyak budaya, saya berharap dari acara ini saya dapat melakukan pembelajaran juga mengenai hal itu (budaya Indonesia),” ujar Carla.

Pelatihan teater seni ini nantinya akan difasilitasi langsung oleh artis profesional dari Amerika Serikat (AS) di Broadway, Gaby Stapula (koreografer dalam acara The View, The Tonight Show Starred Jimmy Fallon, Saturday Night Live), dan Andrea Bruns (In the Height, West Side Story, Beauty and the Beast). Mereka juga akan bergabung sebagai pelatih akting dan tari.

Presiden JPAC, Rio Rahmansyah, mengatakan antusiasnya dalam pelatihan teater seni ini, dia mengungkapkan bahwa keterampilan seni saja tidak cukup untuk memberdayakan seniman Indonesia, jadi dia merasa bahwa memasarkan diri sendiri dengan menggunakan bakat seni akan mendatangkan perubahan positif di masyarakat.

“Kami di JPAC percaya bahwa keterampilan seni saja tidak lagi cukup untuk benar-benar memberdayakan seniman. Kita perlu tahu bagaimana memasarkan diri sendiri dan menggunakan bakat seni tersebut untuk mendorong perubahan positif di masyarakat,” kata Rio.

Seluruh kelas dalam pelatihan teater seni akan diberikan secara gratis dan dilakukan secara online melalui zoom meeting. Program ini juga menyediakan interpreter selama program berlangsung, selain itu peserta tidak wajib mengikuti semua sesi dan bisa mengikuti sesi yang diminati saja.

Dalam kelas menari Gaby, dia mengatakan bahwa kelas yang diberikan akan menarik dan menyenangkan sehingga para peserta yang mengikuti kelasnya akan nyaman dan tidak perlu terlalu gugup. Bahkan dia sendiri yang akan memantau pelatihan yang diberikan di kelasnya pada 23 Maret 2022 mendatang.

“Saya akan mengintegrasikan sejarah dalam kelas saya, semua orang akan mengetahui kekuatan dari diri mereka ketika telah menemukan pergerakan dalam diri mereka. Saya sangat bersemangat bagi semua orang untuk mengalami hal itu. Saya akan katakan bahwa kita akan belajar sambil berjalan, jadi anda tidak perlu terlalu memaksakan diri anda,” kata Gaby.

Bagi kalian yang berminat untuk bergabung dengan pelatihan teater seni ini, kalian bisa mendaftarkan diri kalian melalui link yang tertera di Instagram JPAC yaitu @jakartapac yang terbuka untuk umum dan bisa dipastikan tidak ada pungutan biaya apapun atau gratis.  

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya