5 Eksperimen Uni Soviet Paling Mengerikan Sepanjang Sejarah 

Telepati dengan anjing
Sumber :

VIVA – Eksperimen Uni Soviet bisa dibilang memiliki sejarah dan kisah dalam melakukan segala percobaan dengan mengerikan. Beragam kisah eksperimen telah menciptakan kengerian nyata dalam waktu satu dekade.

Korut Kirim Utusan ke Iran, Kira-kira Ini yang Dibahas

Pada umumnya, untuk melakukan sebuah penelitan dan percobaan menggunakan objek berupa hewan. Namun tidak untuk proyek satu ini. 

Para ilmuwan sering melakukan hal-hal gila dalam upaya menemukan sesuatu yang penting. Tetapi beberapa dari eksperimen ini tidak hanya tidak berharga tetapi juga sangat menyeramkan.

Masuk Jebakan, Tentara Israel Ditembak Mati Sniper Hamas di Gaza Utara

Eksperimen ilmiah rupanya semakin berkembang sepanjang sejarah manusia. Beragam eksperimen ilmiah ini pernah dilakuka, tapi seringkali ada yang gagal dalam melakukan percobaan tersebut.

Ilmu pengetahuan adalah anugerah yang indah bagi umat manusia. Ini dapat memberi tahu kita apa yang benar atas asumsi belaka dengan memvalidasi teori dengan eksperimen praktis. 

Berapa Usia Seseorang Dianggap Tua?

Eksperimen ilmiah sering kali menghasilkan penemuan penting yang pada akhirnya membantu umat manusia menjalani kehidupan yang lebih baik. Namun terkadang, para ilmuwan dalam pencarian mereka akan pengetahuan akhirnya melakukan eksperimen yang tidak hanya tidak etis tetapi juga sama-sama mengganggu. 

Dunia telah menyaksikan banyak eksperimen mengerikan dan aneh seperti itu yang salah besar dan bahkan merenggut nyawa.

Banyak eskperimen Uni Soviet yang telah dilakukan, namun tidak sedikit ada juga yang gagal dan berhenti begitu saja. Penasaran bukan?Nah berikut ini terdapat 5 eksperimen Uni Soviet paling mengerikan sepanjang sejarah.

 1. Biological Radio Communications

Pada 1920-an, para ilmuwan Uni Soviet menyelidiki "komunikasi radio biologis", yang lebih dikenal sebagai telepati.

Tiga Tahun setelah ia mulai belajar telepati, pada 20 Agustus 1922, Bernard Bernardovich Kazhinskiy tiba sebagai bagian dari delegasi empat orang di laboratorium Vladimir L. Durov, pelatih hewan paling terkenal di Rusia

Durov hampir berusia 60 tahun, dan dia menghabiskan sebagian besar hidupnya di sirkus. Pada awalnya, dia adalah seorang seniman trapeze dan badut, tetapi seiring berjalannya waktu, tindakannya mulai berfokus pada hewan—anjing, monyet, bebek, angsa, kambing, babi guinea, beruang, singa.

Seiring waktu, Durov menjadi terkenal karena kemampuannya berkomunikasi dengan hewan terlatih dengan "saran mental", yang membuat Kazhinskiy tertarik.  Dia ingin membuka misteri apa yang dia sebut "komunikasi radio biologis," dan Durov dan anjing tampak seperti kandidat sempurna untuk eksperimen hewan yang ingin dia lakukan. 

Di bawah pemerintahan Soviet, rumah Durov telah menjadi pusat penelitian tentang psikologi hewan, dan hari itu, setelah kepala delegasi mencium Durov sebagai salam dan memperkenalkan diri, semua orang setuju—Kazhinskiy akan bekerja di lab Durov.

Selama sekitar dua tahun, Durov dan Kazhinskiy akan melakukan hampir 1.300 percobaan yang menguji perintah telepati pada anjing. 

Garis penelitian ini akan menjadi lebih penting daripada kebanyakan penyelidikan fenomena psikis: Dalam dekade berikutnya, itu akan mengarah ke pertempuran Perang Dingin untuk mendapatkan senjata yang tidak konvensional, di mana kedua belah pihak mencoba untuk meningkatkan kemampuan parapsikologis militer dan, yang paling terkenal.

Amerika bereksperimen dengan "pria yang menatap kambing" untuk mencoba menghentikan hati mereka. Seperti yang dicatat Kazhinskiy dalam laporannya tahun 1962 tentang pekerjaannya, AS pada akhirnya akan menjadi sangat tertarik pada telepati, tetapi “tampaknya alasan utamanya… adalah bahwa hasilnya mungkin sangat penting secara militer.”

Namun, pada 1920-an, Kazhinskiy hanya ingin melihat apakah Durov dapat secara psikis mengomunikasikan ide-ide sederhana kepada anjing-anjingnya. Menurut laporan Kazhinskiy kemudian, yang diterjemahkan pada 1960-an oleh Divisi Teknologi Luar Negeri Angkatan Udara AS, mereka berhasil.

Kazhinskiy telah memulai karirnya sebagai seorang insinyur listrik yang bekerja dalam penelitian radio, tetapi dia juga terpesona oleh kemungkinan bahwa makhluk hidup dapat menyiarkan informasi melalui beberapa cara seperti radio. “Saya harus menemukan dalam organisme manusia unsur-unsur yang secara struktural dan fungsional mirip dengan komponen dasar stasiun radio pemancar dan penerima,” tulisnya dalam bukunya, Biological Radio Communications. "Saya harus melakukan studi menyeluruh tentang sistem saraf."

Kazhinskiy bukan satu-satunya ilmuwan Soviet yang tertarik dengan penelitian ini, seperti yang ditulis Wladimir Veminski dalam Homo Sovieticus, sebuah eksplorasi yang baru diterjemahkan dari “Gelombang Otak, Kontrol Pikiran, dan Takdir Telepati” di era Soviet. Beberapa tahun sebelum Kazhinskiy bergabung dengan lab Durov, ilmuwan lain, Vladimir M. Bekhterev, saingan Ivan Pavlov, telah mempresentasikan karya Durov di Institute for Brain Research, menjelaskan tekniknya untuk mengirimkan perintah. Orang Rusia juga bukan satu-satunya yang menyelidiki hubungan psikis anjing: di Jerman, pada waktu yang hampir bersamaan, seorang penggemar parapsikologi kaya mencoba mengukur ikatan psikis antara manusia dan anjing.

Eksperimen ini memiliki kepolosan dan kegembiraan bagi mereka: Kazhinskiy tampaknya dimotivasi oleh semangat murni industri ilmiah. Tetapi ketika konflik antara AS dan Uni Soviet muncul setelah Perang Dunia II, kedua belah pihak akan mencoba memanfaatkan jenis kekuatan telepati ini untuk cara yang lebih jahat, termasuk mata-mata psikis jarak jauh dan pembunuhan kambing yang disebutkan di atas.

Namun, tidak ada yang sesukses eksperimen anjing Durov yang dilaporkan. Sejak tahun 1920-an, tidak ada revolusi dalam pelatihan anjing telepati; penyelidikan kemudian telah datang pendek. 

Mungkin Durov memiliki beberapa kekuatan mental khusus; mungkin dia adalah pelatih hewan yang sangat, sangat baik. Eksperimen ini tampaknya mudah ditiru. Jika Anda berhasil mengirimkan perintah telepati ke seekor anjing… beri tahu kami?

2. The Combat Mole  /Tahi Lalat Tempur

Anda tahu adegan di akhir The Incredibles—dan awal The Incredibles 2—yang memiliki supervillian troglodyte the Underminer yang meledak dari bawah tanah dengan mesin bor kolosal? Nah, selama Perang Dingin, Uni Soviet sebenarnya mengembangkan mesin penggali seperti itu, binatang buas bertenaga nuklir yang brutal yang disebut Battle Mole. 

Pada tahun 1964, dengan menggunakan reaktor nuklir yang mirip dengan jenis yang digunakan untuk kapal selam nuklir, Uni Soviet diduga membangun Battle Mole mereka, yang kemungkinan merupakan kendaraan militer pemboran Bumi-padat pertama yang direalisasikan sepenuhnya.

Tujuan Battle Mole adalah rahasia, tetapi beberapa sumber menyatakan bahwa pemimpin Soviet Nikita Khruschev menginginkan Battle Mole dibangun sebagai cara untuk menyerang dan menghancurkan fasilitas militer bawah tanah Amerika, infrastruktur komunikasi, dan instalasi seperti silo rudal bawah tanah.
Diduga, Battle Mole berdiameter sekitar 12 kaki, dan panjangnya sekitar 75 kaki. Kapal itu menampung lima awak dan sekitar satu ton kargo, yang kemungkinan besar berupa bahan peledak dan/atau senjata lainnya. Menggunakan reaktornya untuk melelehkan material di depannya saat mengebor dan mengalirkan material di belakangnya, Battle Mole dapat menggali batuan padat dengan kecepatan antara sekitar 4 hingga 8 MPH.

Salah satu misi paling mengkhawatirkan yang direncanakan untuk Battle Mole adalah mengirimnya ke lepas pantai California, di mana ia akan menggali ke daerah yang secara geologis tidak stabil untuk menanam muatan nuklir yang dapat diledakkan untuk menyebabkan gempa bumi, tsunami, dan peristiwa destruktif lainnya.

Tes Battle Mole di pegunungan Ural tampaknya telah berhasil, dengan Mole dikatakan telah menembus batu seperti "pisau menembus mentega," dan berhasil menghancurkan bunker pengujian bawah tanah.

Sekarang, saya akan jujur ??kepada Anda di sini—saya tidak yakin seberapa besar saya memercayai sumber-sumber ini. Saya pikir pasti ada eksperimen yang dilakukan, dan saya pikir mesin Trebelev ada, tetapi saya tidak sepenuhnya yakin tentang Battle Mole yang dihancurkan dengan mudah. Sebagian dari skeptisisme saya berasal dari bagian-bagian seperti ini, yang menjelaskan mengapa Tahi Lalat dihancurkan:

“Atau mungkin peradaban lain benar-benar ada di bawah kaki kita? Dan para penjaga tidak ingin "tahi lalat" Soviet menembus batas terlarang. Bagaimanapun, karakteristik teknis memungkinkan "Mole Pertempuran" mencapai pusat Bumi. Oleh karena itu, mesin bawah tanah yang unik dihancurkan. Dan misteri proyek Soviet yang sudah berlangsung lama tidak mungkin terungkap sepenuhnya.”

3. Weaponized Climated

Ketika perang dingin meningkat, baik AS dan Uni Soviet terpesona oleh gagasan bahwa manusia dapat memengaruhi iklim dan memicu peritistiwa cuaca signifikan yang dapat memberikan keuntungan militer yang mengejutkan musuh dalam pertempuran.

Bahkan setelah PBB mengadopsi larangan perjanjian 1977 ting penggunaan militer teknik modifikasi lingkungan Uni Soviet berlipat ganda pada tahun 1981 dengan menugaskan fasilitas pemanas ionosfer surah yang juga dikenal sebagai surah yang terletak di kapal dekat Novgorod.

Banyak yang percaya, jika Sora adalah fasilitas pengembangan senjata cuaca yang digambarkan sebagai pusat penelitian ionosfer yang tidak mengancam . Sora dapat memancarkan hingga 190 megawatt. Daya terpancar efektif oleh tiga pemancar penyiaran dan 144 antena di lokasi fasilitas tersebut telah membantu para ilmuwan memahami arus dan perilaku ionosfer.

Fasilitas ini juga memperdalam pengetahuan tentang bagaimana manusia dapat memengaruhi mereka meskipun sumberdaya yang cukup besar telah dicurahkan untuk upaya tersebut.

Selama bertahun-tahun ada sedikit bukti bahwa Uni Soviet atau Rusia pernah berhasil memengaruhi cuaca dengan cara yang signifikan. Namun par ailmuwan Amerika mengatakan, jika program penelitian auror aktif frekuensi tinggi.

Beberapa ahli meteorologi telah menyalahkan Rusia karena telah memprovokasi badai katrina yang menghancurkan New Orleans pada tahun 2005. 

4. The Soviet Ape Man

Dewa peradaban kuno Soviet, Apa Man. Pada tahun 1926, Soviet pionir inseminasi buatan Ilya Ivanov berlayar ke Guinea Perancis Afrika Barat. Tujuannya adalah untuk mengumpulkan kera-kera sebagai bagian eksperimennya yang kontroverisial untuk menciptakan hewan hibrida baru, yang setengah manusia, yang setengah kera. 

Keberhasilannya yang berkelanjutan dalam melintasi berbagai spesies dan menciptakan hewan hibrida, menarik perhatian Soviet rezim, sebuah proyek kontroversialnya yang menghasilkan penelitian komunis. Dan dia diberi julukan "Merah Frankenstein", 

Ivanov didanai sepenuhnya oleh pemerintah Bolshevik. Sesuatu yang tidak biasa untuk saat itu ketika Rusia mengisolasi diri dari dunia untuk mengkonsolidasikan identitas nasional baru.

Sejarahwan menunjukkan bahwa pemerintah membiarkan Ivanov meninggalkan negara itu untuk melakukan eksperimennya, karena mereka ingin berkembang biak dan melatih kera berbulu yang kuat menjadi tentara Mutan yang kuat.

Kepemimpinan Soviet juga tertarik pada bagaimana inseminasi buatan dapat digunakan dalam eugenika positif untuk membiakkan warga negara yang kooperatif dan patuh di masa depan. Diktator Soviet, Joseph Stalin kedua ide setelah hecatom mengalami perang besar dan revolusi tentara Soviet terkuras.

Stalin rupanya tertarik untuk membiakkan jenis tentara baru yang tahan terhadap rasa sakit dan acuh tak acuh pada makanan yang mereka makan.

Selain itu, baik Stalin maupun Ivanov melihat eksperimen sebagai cara untuk membuktikan bahwa ciptaan Tuhan tidak ada apa-apanya, lebih dari sekadar fantasi jika dia berhasil melakukannya.

Percobaan pertama Ivanov membuahi simpanse betina dengan sperma manusia akhirnya gagal , sehingga ia meminta sukarelawan manusia perempuan untuk diinseminasi dengan sperma kera. Meskipun lima wanita maju ke depan inseminasi tidak pernah terjadi.

Karena satu-satunya kera jantan dewasa menderita pendarahan otak yang fatal. Eksperimen ini pun gagal total dan Stalin merasa dikhianati, diasingkan Kazakhstan pada tahun 1930 selama pembersihan Soviet.

5.The Soviet Spruce Goose

Rekayasa Soviet sering dicemooh sebagai hal yang efektif tetapi kasar dan sederhana, tetapi itu adalah kesalahan besar. Uni Soviet menghasilkan sejumlah teknologi yang menarik secara visual sekaligus efektif. Lihat saja ikan martil yang ramping, besar, dan terbang bernama Ekranoplan.

Uni Soviet membuktikan angsa. Seperti yang terlihat pada gambar satelit pengintaian ini, pesawat akronim adalah kendaraan darat Soviet eksperimental yang dapat mempertahankan penerbangan jarak jauh, paling sering ke luar negeri dan biasanya terbang tidak lebih tinggi dari 16 kaki. 

Gagasan insinyur bergegas ke Slav Alexiev hidrofoil pusat Soviet biro desain menghasilkan satu unit ecranoplan pada tahun 1987. Unit ini akan tetap aktif di angkatan darat dan angkatan laut selama lebih dari satu dekade sebelum pensiun ke angkatan laut Rusia yang dijuluki stasiun monster laut kaspia oleh kami pasukan delapan kipas turbo bertenaga besar . Pesawat 550 ton lebih dari 350mil per jam pesawat md-160c adalah cara yang efisien untuk mengangkut kargo hingga 137 ton termasuk enam rudal nuklir bersenjata pada suatu waktu. Tapi ukuran dan kurangnya kemampuan manuver membuatnya menjadi sasaran empuk bagi jet tempur barat yang membatasi penggunaannya nato. Pasukan menyebutnya dengan bebek atau angsa, karena suatu alasan namun mc-160 dipersenjatai dengan lengkap dengan rudal anti kapal yang dipasang di badan pesawat dan sepasang meriam 23 milimeter di bagian ekor di depan pesawat . Pesawat yang dirancang untuk menjadi rumah sakit bergerak.

Proyek itu ditinggalkan setelah jatuhnya Uni Soviet. Bebek atau angsa itu masih bisa dilihat dari stasiun angkatan laut . 

10. Goodbye

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya