Kapal Patroli Korut Terobos Perbatasan, Korsel Lepas Tembakan

Ilustrasi kapal perang Korsel
Sumber :
  • ANTARA FOTO/Moch Asim)

VIVA – Militer Korea Selatan (Korsel) melepaskan tembakan peringatan ke kapal patroli Korea Utara yang melintasi perbatasan laut antara kedua Korea, Selasa 8 Maret 2022, pukul 09.30. Kapal tersebut kemudian disita dan ditarik ke pulau Baengnyeongdo, Korea Selatan untuk diselidiki.

Di WWF 2024, Menteri Basuki Ajak Pemerintah Korsel Bangun Proyek Air Minum di IKN Tahun Ini

“Militer Korea Selatan melepaskan tembakan peringatan ke kapal patroli Korea Utara yang sempat melintasi perbatasan laut saat melacak kapal penangkap ikan,” kata Kepala Staf Gabungan.

Kedua negara sebelumnya tidak pernah menandatangani perjanjian damai setelah perang mereka pada 1950-an, sehingga secara teknis mereka tetap berperang. Meskipun sebagian besar gencatan senjata telah diadakan, namun ada berbagai momen dimana ketegangan terlihat antar kedua negara Korea itu.

Menko Airlangga Dorong Investasi Korea Selatan pada Pembentukan Platform Teknologi Masa Depan

Melansir dari Independent, Selasa 8 Maret 2022, insiden penangkapan kapal Korea Utara itu terjadi tepat sebelum Korea Selatan menuju tempat pemungutan suara untuk pemilihan Presiden mereka berikutnya.

Dua kandidat utama adalah kandidat dari partai Demokrat liberal, Lee Jae Myung dan saingannya, Yoon Suk Yeol dari People Power Party.

CCTV Terbongkar! Film Dokumenter Burning Sun Ungkap Sisi Gelap Seungri, Pantaskah Dia Bebas?

Sebelumnya, citra satelit yang diambil akhir pekan lalu menunjukkan adanya tanda-tanda awal aktivitas di situs nuklir Punggye-ri, Korea Utara. Hal ini mencakup pembangunan gedung baru, dan perbaikan di beberapa yang dianggap sebagai keberadaan kayu, kata para analisis Amerika Serikat (AS).

Selain itu, Korea Utara menguji jumlah rudal mereka pada Januari 2022, dan tampaknya bersiap untuk meluncurkan satelit mata-mata.

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya