6 Hal Paling Menakutkan di Pripyat dan Chernobyl, Ukraina

Boneka menyeramkan di Pripyat
Sumber :
  • LIstverse

VIVA – Ledakan mengerikan yang terjadi pada 1986 di pembangkit listrik tenaga nuklir Chernobyl, Ukraina masih tercatat sebagai kecelakaan nuklir terparah dalam sejarah. Bahkan, menurut majalah Business Insider edisi 17 Juni 2019, Chernobyl masih dianggap sebagai bencana nuklir terparah di dunia, bahkan lebih buruk dari kecelakaan nuklir Fukushima di Jepang pada 2011 dan kecelakaan Three-Mile Island di Pennsylvania bagian tenggara, Amerika Serikat pada 1979. 

Songsong Era PLTN, BRIN Garap Riset Konversi Pembangkit Listrik Batu Bara Menjadi Nuklir

Lantas, apa saja hal paling menakutkan di Pripyat dan Chernobyl Ukraina yang ditemukan? Simak penjelasan di bawah ini untuk mengetahuinya yang telah dikutip Viva dari Listverse

1. Rumah Sakit Doom

Menlu Iran soal Senjata Pemusnah Massal: Penggunaan Nuklir Hanya untuk Tujuan Damai

Rumah Sakit di Pripyat

Photo :
  • Listverse

Rumah Sakit Kota Pripyat ini terletak di mikro-distrik Pripyat di Jalan Druzhby Narodov. Rumah sakit ini memiliki 410 tempat tidur yang dilengkapi dengan klinik dan fasilitas rawat jalan lengkap dengan klinik gigi, bangsal bersalin, klinik penyakit menular dan kamar jenazah. Tempat ini memang telah dipersiapkan untuk keadaan darurat yang mungkin akan terjadi dan benar saja ternyata ada peristiwa kecelakaan nuklir mengerikan di tahun 1986. Di rumah sakit inilah sebanyak 237 pekerja pabrik, pemadam kebakaran dan tentara dirawat karena keracunan radiasi yang parah. 

Demi Alasan Keamanan, Polandia Siap Tampung Senjata Nuklir NATO

Pakaian para korban sangat terpancar radiasi sehingga mereka harus dibawa ke ruang bawah tanah rumah sakit. Hingga akhirnya para korban dibawa ke Moskow, satu-satunya yang memiliki fasilitas untuk merawat korban radiasi. Dokumen rumah sakit dan peralatan medis, berserakan dalam kekacauan dan ruang bawah tanah adalah lokasi yang paling terpancar di kota sehingga harus segera ditinggalkan karena tingkat radiasi yang meroket. 

Sampai hari ini, banyak yang mengira tempat itu berhantu, karena selama penyelidikan paranormal Chernobyl, tim Destination Truth dari saluran SyFy, menemukan beberapa sosok mirip manusia yang bergerak melalui bingkai dalam pengawasan video yang diambil dari rumah sakit.

2. Boneka menyeramkan di Pripyat

Boneka menyeramkan di Pripyat

Photo :
  • LIstverse

Kota Pripyat ternyata meninggalkan beberapa barang salah satunya seperti boneka-boneka yang dikenal cukup menyeramkan. Boneka ini diketahui terkena pancaran radiasi dan menjadi rusak bahkan hingga membusuk setelah bencana nuklir terjadi. Boneka ini menjadi pengingat yang benar-benar menyedihkan dari tragedi yang tersebut. Pada saat itu sebanyak 49.000 penduduk Pripyat yang dievakuasi diberitahu bahwa itu hanya sementara, sehingga mereka meninggalkan semua barang yang mereka miliki karena mengira akan kembali. Termasuk boneka yang ditinggalkan oleh gadis-gadis kecil di kota Pripyat.  

3. Hutan Merah Berdarah

Hutan Merah Berdarah di Chernobyl

Photo :
  • Listverse

Sejak bencana di pembangkit listrik Chernobyl terjadi dan meskipun satwa liar tampaknya tumbuh subur, namun flora dan fauna memang memperlihatkan beberapa tanda-tanda radiasi yang membingungkan. Menurut sebuah penelitian yang dimulai pada tahun 1991, organisme yang bertanggung jawab untuk penguraian dan pengisian kembali bahan organik ke dalam ekosistem (seperti serangga, jamur, dan mikroba), menunjukkan gejala kontaminasi radioaktif. 

Salah satu fenomena paling menonjol yang terjadi dijuluki dengan "Hutan Merah Berdarah," yang merupakan kumpulan hutan di mana semua pohon pinus berubah warna menjadi merah darah tepat setelah kehancuran dan tak lama kemudian mati. Bahkan setelah 15-20 tahun pasca bencana, pohon-pohon ini tidak membusuk saat sebagian besarnya membusuk dan menjadi debu dalam satu dekade di tanah. 

4. Taman Hiburan Pripyat yang terbengkalai

Taman Hiburan Pripyat yang terbengkalai

Photo :
  • Listverse

Pada saat bencana terjadi, Taman Hiburan Pripyat ini bahkan belum selesai dibangun sehingga belum pernah dibuka secara resmi. Taman hiburan ini dijadwalkan buka pada 1 Mei 1986. Tapi belum sempat diresmikan untuk dibuka, bencana justru datang lebih dulu. Taman hiburan tersebut didirikan sebagai ikon bencana Chernobyl yang terlantar dan terbengkalai serta pengingat akan semua yang mungkin terjadi. 

Taman hiburan ini memiliki berbagai wahana seperti kincir ria, naik parasut, mobil bemper, ayunan perahu, dan galeri menembak. Pada 27 April, sebelum perintah evakuasi diberikan dan taman ini belum siap untuk pengunjung, penduduk sangat antusias untuk mengunjungi tempat pameran, meskipun sebagian besar wahana tidak beroperasi. Namun kini taman hiburan tersebut telah ditinggalkan dan terbengkalai dan menjadi cukup menyeramkan. 

5. Bayangan nuklir penduduk Pripyat yang hilang

Bayangan nuklir penduduk Pripyat yang hilang

Photo :
  • Listverse

Seniman grafiti gelap diketahui mengabaikan laporan tingkat radiasi yang mematikan, mereka meninggalkan beberapa karya artistik yang cukup mengganggu di Pripyat dan daerah sekitarnya. Para seniman tersebut menggambarkan siluet penduduk yang hilang dari kota yang ditinggalkan yang dievakuasi sehari setelah kecelakaan pada 27 April 1986 dan tidak pernah kembali. 

Misalnya, di salah satu gedung digambarkan seorang gadis kecil yang sedang meraih saklar lampu dengan busur kecil di kuncirnya, Sementara di luar, seorang anak kecil menarik truk mainannya yang tampak mengintip di sudut seolah-olah mengejutkan seseorang dan masih banyak lagi. Banyak yang menganggap  ini bukan kebetulan bahwa banyak dari siluet tersebut yang sangat mirip dengan “bayangan nuklir” yang ditinggalkan oleh para korban serangan bom atom Hiroshima dan Nagasaki yang mengakhiri Perang Dunia II.

6. Hantu-hantu yang ada di Chernobyl

Peristiwa yang terjadi di Chernobyl

Photo :
  • Listverse

Pada wilayah bekas peristiwa bencana ini terjadi ternyata banyak hal menyeramkan yang dirasakan oleh orang-orang. Seorang fisikawan nuklir dari Universitas Buffalo Andrei Kharsukhov, mengaku mendengar suara seseorang berteriak minta tolong.  saat berada di “Ground Zero” yang terkenal dari bencana Chernobyl. Tetapi untuk masuk ke sana saja memerlukan kata sandi, sidik jari dan seseorang yang masuk tanpa sepengetahuan maka alarm akan berbunyi. Sehingga cukup aneh jika dirinya mendengar suara seseorang dari dalam sana karena sudah pasti tidak akan ada orang yang masuk. 

Orang-orang yang tinggal di daerah itu juga mulai mengalami kejadian yang sangat aneh. Ada laporan oleh pekerja pembangkit listrik yang melihat makhluk besar, hitam, seperti burung dengan lebar sayap dua puluh kaki dan mata merah besar yang bersinar yang dijuluki "Burung Hitam Chernobyl." Mereka yang melihat penampakan ini juga akan melaporkan keluhan mereka yang mengalami mimpi buruk mengerikan dan menerima panggilan telepon yang mengancam.

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya