Pemimpin Militer Terhebat Romawi, Ini 10 Fakta Julius Caesar

Lukisan adegan pembunuhan Julius Caesar karya Karl von Piloty_
Sumber :
  • Wikipedia Common

VIVA – Fakta Julius Caesar memberikan contoh yang sangat baik untuk ditiru oleh orang-orang di bawahnya. Dia menaklukkan bangsa Romawi dan sangat mendominasi politik di Romawi setelah dijatuhkan olehnya. Bahkan setelah Roma jatuh, warisan Caesar terus mempengaruhi generasi penguasa sepanjang sejarah. Banyak buku sejarah yang penuh dengan fakta menakjubkan Julius Caesar.

Irjen Aan Ungkap Sederet Fakta Kecelakaan Maut Bus Rombongan SMK Lingga Kencana di Ciater

Gaius Julius Caesar adalah salah satu tokoh sejarah yang paling menarik. Dia merupakan salah satu pemimpin militer paling menjanjikan di dunia kuno, dan salah satu politisi paling kuat pada masanya. dengan kemauan yang kuat serta kemampuannya, menggulingkan Republik Romawi dan mendirikan Kekaisaran Romawi.

Banyak orang di bawah Julius Caesar mengagumi gaya kepemimpinannya. Faktanya, dia dilaporkan mengenal sebagian besar anak buahnya, kualitas yang membuatnya mendapatkan kesetiaan dan kekaguman pasukan.

Fakta Baru Mayat Wanita dalam Koper, Arif Sudah 2 Kali Berhubungan Badan dengan Rini

Julius Caesar mengadvokasi kepentingan rakyat jelata. Dia adalah orator yang hebat dan berbicara dengan suara bernada tinggi dan nada memerintah. Lebih lanjut, dia dengan kejam menyelidiki dan mengkritik mantan gubernur yang terlibat korupsi.

Berikut beberapa fakta Julius Caesar, pemimpin militer terhebat Rimawi, sepetti dikutip dari Facts.Net sebagai berikut:

11 Fakta Stadion Abdullah bin Khalifa, Tempat Semifinal Piala Asia U-23 2024 Indonesia vs Uzbekistan

1. Nama Julius Caesar memiliki cerita tersendiri.

Julius Caesar.

Photo :
  • U-Report

Namanya Julius berasal dari keanggotaannya di gens Julia, salah satu keluarga bangsawan paling kuno di Roma kuno. Nama Caesar, bagaimanapun, memiliki empat kemungkinan asal yang berbeda menurut sejarawan Romawi.

Pertama, salah satu leluhur Caesar mungkin membutuhkan operasi caesar untuk bertahan hidup saat melahirkan. Kedua, Caesar pertama mungkin memiliki rambut tebal, dengan namanya berasal dari kata sifat Latin, "caesaries." Ketiga, dia mungkin memiliki iris mata abu-abu, dan namanya berasal dari kata sifat Latin “oculis caesiis.” Akhirnya, Caesar pertama mungkin mendapatkan namanya dari membunuh gajah perang selama Perang Punisia.

Nama itu mungkin berasal dari kata Moor untuk gajah, "caesai" Kebanyakan sejarawan berpikir dia mungkin lebih suka teori terakhir untuk asal usul namanya. Hal ini disebabkan oleh fakta bahwa Caesar mengeluarkan koin yang menampilkan gambar gajah, sebuah tindakan yang menunjukkan bahwa dia lebih menyukai interpretasi namanya yang terakhir.

2. Nama Caesar Tetap Digunakan selama 2.000 tahun setelah kematiannya.

Julius Caesar

Photo :
  • http://herusupanji.blogspot.com

Nama Caesar menjadi sinonim dengan gelar Kaisar, pada mulanya Roma, kemudian untuk Kaisar Barat pada umumnya. Itu bahkan mendapat tempat di Alkitab, dengan ajaran Yesus sendiri tentang "berikan kepada Kaisar apa yang menjadi milik Kaisar".

Belakangan, nama Caesar ditransliterasikan ke dalam versi bahasa lain dari gelar Kaisar. Misalnya, Kaiser Jerman, dan Tsar Rusia, semuanya berakar pada nama Caesar.

Gelar Tsar, khususnya, tetap digunakan sampai 1945, dengan turunnya Tsar Simeon II dari Bulgaria. Baru pada saat itulah gelar dan nama Caesar tidak digunakan lagi, lebih dari 2000 tahun sejak kematian pria yang menaklukan Romawi.

3. Caesar Diduga Menderita Epilepsi

Ilustrasi Epilepsi.

Photo :
  • inmagine

fakta Julius Caesar selanjutnya sejarawan Yunani Plutarch pertama kali membuat klaim pada abad ke-2 Masehi, tetapi catatan Romawi membuktikan bahwa Caesar memiliki setidaknya empat serangan epilepsi dalam hidupnya.

Sejarawan lain pada waktu itu tidak setuju, menghubungkan serangan Caesar dengan infeksi cacing pita di otak. Sejarawan modern juga tetap terbagi atas penyebab serangan Caesar, dengan sebagian besar percaya itu disebabkan oleh hipoglikemia, atau gula darah rendah.

Namun, pada abad ke-21, beberapa sejarawan modern telah mengajukan teori lain. Mereka berpendapat bahwa alih-alih gejala kondisi lain, Caesar benar-benar mengalami gangguan saraf yang menyebabkan serangannya, khususnya epilepsi lobus temporal.

4. William Shakespeare mengklaim Caesar juga menderita tuli di satu telinga.

Sakit telinga

Photo :
  • Times of India

Shakespeare menggambarkannya dalam drama biografinya tentang kehidupan Julius Caesar. Shakespeare, bagaimanapun, hanya mempopulerkan gagasan itu, dengan sejarawan bahkan mengklaim dia salah menafsirkan deskripsi Plutarch tentang salah satu kebiasaan Caesar.

Secara khusus, Caesar mungkin menutupi telinga kirinya, sambil meminta orang lain untuk berbicara di telinga kanannya. Namun, dia melakukan ini sebagai aksi teater, meniru aksi serupa Alexander Agung.

Bahkan kemudian, itu tidak menunjukkan ketulian dalam bentuk apapun, tetapi isyarat simbolis dari Alexander yang menolak untuk mendengar tuduhan lagi, dan sebaliknya akan mendengarkan pembelaan sebelum memberikan penilaian.

5. Caesar Menderita Gangguan Kardiovaskular.

William Shakespeare berpendapat gejala yang tercatat Caesar menderita di usia lanjut. Itu termasuk sakit kepala, kekurangan sensorik, vertigo, dan bahkan kecerobohannya yang semakin meningkat dan masalah perilaku lainnya.

Mereka berpendapat bahwa, bersama dengan serangan Caesar, mereka tidak menunjuk pada epilepsi, tetapi pada episode serebrovaskular di mana otak Caesar kekurangan oksigen untuk berfungsi dengan baik.

Mereka juga menunjukkan bagaimana ayah dan kakek Caesar sendiri mungkin meninggal karena stroke atau serangan jantung. Semua ini kemudian datang bersama-sama untuk menunjukkan Caesar menderita satu atau lain jenis penyakit kardiovaskular.

6. Keluarga Caesar tidak memiliki kekuatan politik meskipun status sosial mereka tinggi.

Ayah Caesar berhasil menjadi gubernur Provinsi Romawi di Asia, yang mencakup sebagian besar wilayah barat Turki modern. Bibi Caesar Julia juga berhasil menikahi Konsul Romawi yang terkenal, Gaius Marius. Status sosial keluarga mereka yang tinggi juga berarti Caesar menjadi Imam Besar Jupiter sebelum usia 20 tahun, setelah kematian mendadak ayahnya.

7. Keluarga Caesar terperangkap dalam persaingan politik selama masa mudanya.

Hubungan mereka dengan Gaius Marius menyeret mereka ke dalam perebutan kekuasaannya melawan saingan dan rekan konsulnya, Lucius Cornelius Sulla. Kematian Marius menyebabkan kemenangan Sulla secara default, mengakibatkan Caesar kehilangan imamat dan warisannya.

Sulla bahkan ingin Caesar dieksekusi sebagai penjahat politik, hanya untuk menghadapi tantangan dari pendukungnya sendiri. Ini termasuk kerabat Caesar di pihak keluarga ibunya, yang campur tangan karena ikatan darah yang sama. Vestal Virgins Roma sendiri juga ikut campur dalam mendukung Caesar, memaksa Sulla untuk menyelamatkan nyawa pemuda itu.

8. Pengalaman pertama Caesar di ketentaraan membuktikan bakatnya dalam urusan militer.

Ironisnya, ia awalnya bergabung dengan Tentara Romawi untuk menjauh dari politik Romawi, dan khususnya, kemungkinan konfrontasi dengan Sulla. Saat ini, ia bertugas di bawah dua jenderal, Marcus Minucius Thermus, dan Servilius Isauricus.

Dia menerima pujian atas tindakannya dalam Pengepungan Mytilene, dan kemudian menemukan dirinya dikirim ke Bitinia. Di sana, ia mendapat dukungan di istana Raja Nicomedes, dan berhasil mendapatkan dukungan dari armada Bitinia untuk upaya perang Roma di timur.

9. Julius Caesar disandera oleh bajak laut.

Perompak Somalia

Photo :
  • www.marinecorpstimes.com

Sekarang ada contoh mengejutkan dari Fakta Julius Caesar. Ini terjadi pada 76 Masehi, jauh setelah kematian Sulla, dimana Caesar kembali ke Roma. Pada tahun itu, bajak laut menyerang Caesar dan Romawi lainnya saat berlayar melintasi Laut Aegea. Mereka kemudian menuntut 640 kilogram perak.

Julius Caesar, bersikeras bahwa mereka menuntut  1.600 kilogram perak, sementara Caesar bersumpah membalas dendam pada bajak laut. Para perompak menganggap sumpah Caesar sebagai lelucon tetapi mengajukan tuntutan mereka atas desakannya.

Romawi membayar uang tebusan, dan kemudian pada tahun yang sama, memimpin armada untuk memburu para perompak. Dia kemudian menyuruh mereka disalibkan karena hukum Romawi menetapkan hukuman mati bagi bajak laut

10. Julius Caesar membandingkan dirinya dengan Alexander The Great.

Alexander The Great.

Photo :
  • U-Report

Ini terjadi sekitar 69 Masehi ketika Caesar menjalankan tugasnya sebagai quaestor di Hispania. Di sana, Caesar mendapati dirinya melihat patung Alexander Agung, dan membandingkan keduanya satu sama lain.

Juliah Caesar mencatat bahwa pada usianya, Alexander telah menaklukkan sebuah kerajaan untuk dirinya sendiri, sementara Caesar telah berbuat sedikit untuk mendapatkan ketenaran dan kemuliaan dirinya sendiri.

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya