Bisa Dihuni Manusia, Ini 10 Fakta Stasiun Luar Angkasa ISS

Stasiun Luar Angkasa Internasional (ISS).
Sumber :
  • Asgardia.Space

VIVA – Fakta Stasiun Luar Angkasa Internasional 'International Space Station' (ISS) adalah proyek konstruksi multi-negara yang merupakan struktur tunggal terbesar yang pernah dibuat manusia di luar angkasa. Konstruksi utamanya selesai antara tahun 1998 dan 2011, meskipun stasiun terus berkembang untuk memasukkan misi dan eksperimen baru. Telah terus ditempati sejak 02 November 2000.

12 Fakta yang Diklaim Tak Terbantahkan Dibeberkan Kubu Ganjar-Mahfud pada Sidang PHPU

ISS tidak dimiliki oleh satu negara dan merupakan program kerjasama antara Eropa, Amerika Serikat, Rusia, Kanada dan Jepang, menurut Badan Antariksa Eropa.  Hingga April 2021, 244 orang dari 19 negara telah mengunjungi Stasiun Luar Angkasa Internasional. Negara peserta teratas termasuk Amerika Serikat 153 orang dan Rusia 50 orang.

Waktu astronot dan waktu penelitian di stasiun luar angkasa dialokasikan ke badan antariksa sesuai dengan berapa banyak uang atau sumber daya seperti modul atau robotika yang mereka sumbangkan.

5 Fakta Menarik tentang Kucing Bengal

ISS mencakup kontribusi dari 15 negara. NASA yang dimiliki oleh Amerika Serikat, Roscosmos yang dimiliki oleh Rusia dan Badan Antariksa Eropa adalah mitra utama stasiun luar angkasa yang menyumbang sebagian besar dana, mitra lainnya adalah Badan Eksplorasi Dirgantara Jepang dan Badan Antariksa Kanada.

Berikut beberapa fakta stasiun luar angkasa ISS yang bisa dihuni oleh manusia seperti dikutip dari BBC.co.uk dan Blogs.Scientificamerican, sebagai berikut:

Idrus Marham: Fakta atau Omon-Omon?

1. Awak Pertama ISS

Roket Long March 5 Y-4, membawa wahana Mars tak berawak dari misi Tianwen-1, lepas landas dari Pusat Peluncuran Luar Angkasa Wenchang di Wenchang, Provinsi Hainan, Cina 23 Juli 2020.

Photo :
  • ANTARA

Pada 02 November 2010, Stasiun Luar Angkasa Internasional (ISS) telah ditempati selama 10 tahun berturut-turut, pos terdepan dengan durasi terlama dalam sejarah penerbangan luar angkasa. Awak pertama ISS digambarkan di sebelah kiri. Stasiun luar angkasa Mir Rusia, yang dikelola dari tahun 1989 hingga 1999, memegang rekor sebelum ISS melampauinya pada bulan Oktober.

2. Hampir Bisa Dihuni Manusia

Stasiun Luar Angkasa Mir.

Photo :
  • The Conversation

Pada April 2000 sebuah misi yang didanai swasta mengembalikan kosmonot ke Mir dengan roket Rusia setelah rotasi kru reguler berakhir. Mereka tinggal selama lebih dari dua bulan, tetapi pada saat ISS menjadi berawak, Mir telah ditinggalkan untuk selamanya.

Stasiun itu mengalami deorbit pada Maret 2001, menghasilkan sekawanan bola api di atas Fiji saat pecah saat masuk kembali ke atmosfer. Seandainya Mir bertahan sedikit lebih lama, umat manusia sekarang akan hidup di luar angkasa selama lebih dari dua dekade tanpa gangguan.

3. Sudah diKunjungi 200 Orang

Hotel luar angkasa.

Photo :
  • Voyager Station

Sejak kru pertama tiba pada tahun 2000, ISS telah digunakan dengan baik. Stasiun ini telah dikunjungi oleh hampir 200 orang dari lebih dari 12  negara, termasuk tujuh turis luar angkasa yang membeli wahana roket Rusia melalui perusahaan swasta Space Adventures.

Pada Mei 2009, ketika ISS pertama kali diperluas hingga kapasitas penuh enam orang, kelima badan antariksa yang berpartisipasi dalam proyek NASA, Badan Antariksa Eropa, Badan Eksplorasi Dirgantara Jepang, Badan Antariksa Federal Rusia, dan Badan Antariksa Kanada diwakili secara bersamaan oleh awak kapal.

4. Bisa Mengirimkan Pesan Suara

Hotel luar angkasa milik Axiom Space.

Photo :
  • Axiom Space

02 November lebih dari sekadar hari jadi ISS. hari itu juga sedang terjadinya pemilihan, berkat undang-undang yang disahkan di Texas pada tahun 1997, astronot di stasiun luar angkasa dapat dan memberikan suara, mengirimkan surat suara mereka ke Bumi melalui sistem elektronik yang aman.

5. Menewaskan Satu Orang

Coca-Cola Vs Pepsi di luar angkasa.

Photo :
  • Space.com

Meskipun ISS adalah stasiun luar angkasa terbesar dan paling banyak digunakan, ISS memiliki banyak pendahulu yang lebih kecil. Selain Mir, Uni Soviet meluncurkan serangkaian stasiun Salyut antara tahun 1971 dan 1982, stasiun luar angkasa pertama dalam sejarah.

Tragisnya, ketiga anggota kru pertama yang menduduki Salyut 1 tewas saat mereka kembali ke Bumi pada tahun 1971. Pada tahun 1973 AS meluncurkan stasiun Skylab Nya, yang rusak saat peluncuran dan hanya dikunjungi oleh tiga kru pada tahun 1973 dan 1974 sebelum stasiun itu diluncurkan. ditinggalkan. Skylab kembali ke Bumi pada 1979, pecah saat masuk kembali dan menyebarkan puing-puing di Australia Barat.

6. Ketika Turun ke Bumi, Uni Soviet berubah Menjadi Rusia

Wisata ke luar angkasa pakai balon hidrogen.

Photo :
  • Space.com

Kosmonot Sergei Krikalev telah mencatat 803 hari total di luar angkasa sekitar dua tahun, dua setengah bulan lebih banyak dari siapapun dalam sejarah. Dia tinggal di Mir, adalah bagian dari kru ISS pertama, dan terbang di dua penerbangan pesawat ulang-alik dalam karirnya yang panjang.

Krikalev berada di orbit di Mir ketika Uni Soviet bubar pada akhir 1991, dia telah meninggalkan Bumi sebagai kosmonot Soviet dan kembali ke Bumi sebagai orang Rusia.

7. Valeri Polyakov Sudah Mengelilingi Bumi Sebanyak 7000 Kali

Astronot di luar angkasa.

Photo :
  • Instagram @nasa

Valeri Polyakov tidak dapat menandingi total karir rekan kosmonot Krikalev untuk daya tahan luar angkasa, tetapi ia memegang rekor untuk perjalanan tunggal terlama ke luar angkasa. Antara 1994 dan 1995, Polyakov menghabiskan lebih dari 437 hari di luar angkasa dalam misi ke Mars.

Polyakov digambarkan di sini melihat keluar dari Mir. Pada waktu itu, menurut International Space Hall of Fame, ia mengelilingi Bumi lebih dari 7.000 kali dan menempuh jarak sekitar 300 juta kilometer.

8. Biaya Yang Sangat Mahal

Ilustrasi hubungan seks astronot di luar angkasa.

Photo :
  • dw

Biaya ISS, di suatu tempat di sekitar 100 miliar dolar, menempatkan stasiun di antara objek tunggal paling mahal yang pernah dibangun. Biaya pasti dari ISS tidak jelas, tetapi kontribusi AS saja kira-kira 50 miliar dolar. Sebagai perbandingan, penerus NASA untuk Teleskop Luar Angkasa Hubble, Teleskop Luar Angkasa James Webb generasi berikutnya, diperkirakan akan menelan biaya sekitar 5 miliar dolar.

9. Peggy Whitson Penghuni Terlama di Luar Angkasa

Astronaut NASA di ISS dalam ekspedisi 52, Peggy Whitson

Photo :
  • NASA

Astronot Amerika Peggy Whitson memegang rekor waktu penerbangan luar angkasa terbanyak yang dicatat oleh seorang wanita. Dalam dua tahun lama tinggal di ISS, Whitson menghabiskan 376 hari di luar angkasa.

Dia juga menghabiskan waktu paling banyak untuk spacewalking di antara semua penerbang luar angkasa wanita, melakukan enam spacewalks di misi ISS-nya yang memakan waktu hampir 40 jam jika digabungkan.

10. Terlalu Lama Di Angkasa Menyebabkan Kerusakan dalam Pertumbuhan

Peggy Whitson

Photo :
  • Twitter/AstroPeggy

Penelitian telah menunjukkan bahwa astronot yang kembali dari tinggal lama di ISS telah kehilangan banyak kerusakan dalam tulang, sebanyak berapa persen sebulan, akibat hidup dalam gayaberat mikro.

ISS menampung sejumlah perangkat latihan yang dimaksudkan untuk memberikan ketahanan yang sangat dibutuhkan dan mencegah kerusakan tulang, termasuk Treadmill Perlawanan Eksternal Pemikul Beban Operasional Gabungan, atau COLBERT.

Treadmill itu dinamai Stephen Colbert sebagai semacam hadiah hiburan setelah komedian itu mendorong pemirsa acara televisinya untuk membanjiri polling online untuk menyebutkan simpul ISS baru dengan suara tertulis.

Meskipun Colbert menduduki puncak jajak pendapat, NASA memilih untuk menamai node Tranquility dan sebagai gantinya merancang akronim yang nyaman untuk treadmill ISS yang baru.

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya