Gempa M 7,3 Guncang Jepang, Listrik di Sebagian Tokyo Padam

Ilustrasi - Tembok yang rubuh akibat gempa bumi kuat di Jepang. (Foto ilustrasi)
Sumber :
  • ANTARA

VIVA – Gempa bumi berkekuatan magnitudo 7,3 melanda Fukushima, Jepang, Rabu, 16 Maret 2022 waktu setempat. Gempa tersebut memicu peringatan tsunami karena getarannya cukup kuat.

Krisis Populasi Jepang: Setengah Perempuan Muda Hilang di 40 persen Wilayah pada 2050

Laporan Mirror, gempa itu terasa sampai Tokyo. Saksi mata menceritakan detik-detik saat gempa mengguncang. Goyangan gempa membuat bangunan-bangunan bergetar.

Gempa juga membuat sejumlah wilayah Tokyo mengalami pemadaman listrik. Dengan pemadaman tersebut, dua juta orang terdampak. Belum diketahui, jumlah orang yang terluka pasca gempa.

Heru Budi Apresiasi Kerja Sama Proyek MRT dengan Jepang, Nilainya Rp11 Triliun

YouTuber Chris Broad sempat menulis di Twitter dengan menyebut gempa bumi paling menakutkan dalam sepuluh tahun terakhir. Gempa seperti tampak membuat gedung tinggi seperti apartemen roboh. Alarm kebakaran di berbagai titik merespons guncangan gempa terus berbunyi,

Pun, musisi Shinya Mizoguchi mengaku gempa yang dialami barusan sebagai gempa terpanjang yang pernah dialami. "Semoga semua orang di Jepang aman," ujar Shinya.

5 Negara Paling Tidak Ramah Vegetarian di Asia, Ada Korea Selatan dan Jepang

Salah seotang saksi yang mem-posting di situs web European-Mediterranean Seismological Center (ESMC), gempa tampak ada dua kali. Guncangan gempa kedua cukup kuat.

"Tidak terlalu buruk tapi di daerah Tokyo Utara ini sepertinya berlangsung selama beberapa menit," tulisnya.

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya