Langkah Sigap Xi Jinping Usai Dengar Pesawat Eastern Airlines Jatuh

Pesawat-pesawat China Eastern Airlines dan Shanghai Airlines di Bandara Shanghai
Sumber :
  • ANTARA/Reuters/Aly Song/as

VIVA – Presiden China Xi Jinping menyerukan upaya maksimal untuk mengatur pencarian dan penyelamatan penumpang di pesawat China, Eastern Airlines pada Senin 21 Maret 2022. Diketahui pesawat yang membawa 132 orang tersebut jatuh ke lereng gunung di China selatan.

AS Tuntut 7 Warga China atas Peretasan Jahat yang Disponsori Negara

Mendengar berita kecelakaan itu, Xi mengintruksikan para pejabat untuk meluncurkan tanggapan darurat segera dan untuk menyelidiki penyebab kecelakaan itu sesegera mungkin.

Perdana Menteri China Li Keqiang juga mengintruksikan para pejabat untuk tidak menyia-nyiakan upaya dalam mencari korban selamat dan memberikan kenyamanan yang cukup kepada keluarga korban, menurut CCTV televisi negara China.

China Gelar Kompetisi Sunat Online, Diikuti Puluhan Dokter Bedah

Menurut Administrasi Penerbangan Sipil China (CAAC), penerbangan Boeing 737 dari kota Kunming ke pusat selatan Guangzhou kehilangan kontak udara di atas Kota Wuzhou, di wilayah Guangxi pada Senin sore.

Kekhawatiran akan nasib pesawat tersebut meluas pada Senin sore ketika media lokal melaporkan bahwa penerbangan China Eastern MU5735 tidak tiba seperti yang direncanakan di Guangzhou setelah lepas landas dari Kunming tak lama setelah pukul 1 siang.

Mobil Baru BYD Rp200 Jutaan Mulai Dikirim ke Diler

Melansir dari Channel News Asia, Senin 21 Maret 2022, situs web pelacakan penerbangan FlightRadar24 tidak menunjukkan data penerbangan setelah pukul 14.22.

Pelacak telah menunjukkan pesawat telah turun tajam dari ketinggian 29.100 kaki menjadi 3.225 kaki dalam rentang tiga menit sebelum informasi penerbangan dihentikan.

“Dapat dikonfirmasi bahwa pesawat itu jatuh,” kata China Eastern Airlines dalam sebuah pernyataan.

Negara China mengatakan bahwa kecelakaan pesawat itu menyebabkan kebakaran gunung yang kemudian dipadamkan. Seorang penduduk desa bermarga Liu mengatakan bahwa dia melihat puing-puing pesawat di tanah termasuk sayap pesawat dan potongan-potongan pakaian yang tegantung di pohon.

Pejabat departemen pemadam kebakaran provinsi juga mengatakan bahwa tidak ada tanda-tanda kehidupan di antara puing-puing yang berserakan.

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya