10 Prediksi Terbesar Dunia yang Tidak Disangka Jadi Kenyataan

RMS Titanic
Sumber :

VIVA – Prediksi terbesar dunia yang tidak disangka jadi kenyataan. Nostradamus jauh dari satu-satunya orang yang berhasil menebak apa yang akan terjadi di masa depan. Semua orang mulai dari penulis fiksi ilmiah hingga pakar teknologi miliarder, komedi dan situasi animasi telah memberi tahu kita apa yang akan terjadi besok, rekam jejak mereka secara mengejutkan adalah tentang uang. Dari mulai tanggal pasti kematian James Dean hingga penampakan ponsel sebelum tahun 1910.

Demi Dalami Peran, Shareefa Daanish Rela Dimake Up Selama Berjam-jam

Salah satu contohnya, Dari semua prediksi masa depan yang dibuat dalam film mahakarya Stanley Kubrick, pada tahun 2001, A Space Odyssey, ada satu yang benar-benar terjadi di film itu. Bukan koloni bulan atau pramugari tanpa gravitasi, melainkan tablet yang digunakan oleh astronot yang terlihat hampir sama dengan iPad saat ini.

Seperti yang dijelaskan oleh penulis Arthur C. Clarke dalam novel tahun 1968 dengan nama yang sama, perangkat ini disebut "newspads" dan dapat dipasang "ke sirkuit informasi kapal untuk memindai laporan terbaru dari Bumi.

Dua Produser Film Pick Me Trips In Bali Asal Korea Selatan Dideportasi Imigrasi Ngurah Rai

Berbentuk persegi panjang seukuran perangko akan perluas hingga memenuhi layar dengan rapi. Ketika seorang astronot selesai, benda itu akan kembali ke halaman pertama." Sayangnya, baik Kubrick maupun Clarke tidak pernah melihat iPad dirilis pada tahun 2010.

Berikut beberapa prediksi terbesar dunia yang tidak disangka sangka jadi kenyataan seperti dikutip dari Bestlife Online, sebagai berikut:

Putri Marino Berani Mesra dengan Nicholas Saputra, Ini Reaksi Tak Terduga Chicco Jerikho!

1. Handphone

MIgrasi layanan dari 3G ke 4G/LTE.

Photo :
  • Dok. Telkomsel/VIVA.co.id

Pada awal abad ke-20, telepon rumah masih merupakan inovasi yang relatif baru. Jadi, sungguh berani Nikola Tesla, seorang insinyur dan penemu yang pernah bekerja dengan Thomas Edison, untuk menyarankan pada tahun 1909, bahwa suatu hari nanti orang akan berjalan-jalan dengan ponsel di saku mereka.

Namun, seperti yang dijelaskannya kepada The New York Times, "Akan segera dimungkinkan untuk mengirimkan pesan kabel telepon ke seluruh dunia dengan sangat sederhana sehingga setiap individu dapat membawa dan mengoperasikan peralatannya sendiri."

2. Presiden Obama

Barrack Obama.

Photo :
  • U-Report

Memprediksi bahwa Amerika Serikat suatu hari nanti akan memiliki presiden Afrika-Amerika? Tidak begitu mengesankan. Memprediksi bahwa Amerika Serikat akan memiliki presiden Afrika-Amerika 40 tahun penuh sebelum itu terjadi, dan memilih namanya sebagai "Presiden Obomi?".

Stand on Zanzibar, sebuah novel fiksi ilmiah pemenang penghargaan tahun 1969 dengan berlatar sampul tahun 2010, hanya berjarak dua huruf dari nama belakang presiden masa depan yang sebenarnya tidak terlalu umum.

3. Kartu kredit

uang dan kartu kredit

Photo :
  • U-Report

Konsep ini pertama kali diperkenalkan dalam novel Edward Bellamy tahun 1888, Looking Backward, dan seperti yang dijelaskan oleh salah satu karakter, setiap orang diberi kartu untuk membayar "yang dia beli di gudang umum, ditemukan di setiap komunitas, apa pun yang dia inginkan kapanpun dia mau. Pengaturan ini, anda akan melihat, sama sekali meniadakan kebutuhan transaksi bisnis dalam bentuk apapun antara individu dan konsumen."

4. Pendaratan di Bulan

Astronot.

Photo :
  • Innovation News Network

Bagaimana jadinya jika manusia mampu terbang ke bulan. Tapi From Earth to the Moon, sebuah novel tahun 1865 yang ditulis oleh Jules Verne. Tentu, dalam buku itu tertulis meriam raksasa menembakkan proyektil berawak ke luar angkasa, tetapi dia menulis tentang keadaan tanpa bobot yang dialami astronot, sesuatu yang tidak mungkin diketahui oleh seorang penulis di pertengahan abad ke-19.

Verne juga meramalkan bahwa akan ada tiga astronot dalam misi bulan pertama itu, meskipun astronotnya tidak pernah benar-benar berjalan di bulan dan Florida, akan menjadi tempat peluncuran misi Apollo 11 yang diluncurkan dari Kennedy Space Center, di dekat Orlando.

5. Tenggelamnya Titanic

RMS Titanic

Photo :

Empat belas tahun sebelum Titanic yang naas menabrak gunung es pada tahun 1898 saat dalam perjalanan ke New York, menewaskan 1.517 orang di Samudra Atlantik, Morgan Robertson menulis kisah tragedi di laut yang disebut "Futility, Or The Wreck of the Titan," di dimana kapal yang katanya tidak dapat tenggelam akan tetapi dalam tulisnya ada kapal yang tenggelam setelah menabrak gunung es.

Kesamaannya benar-benar menyeramkan, sampai ke nama kapal Titan tetapi seperti yang dijelaskan oleh peneliti kapal Titanic Paul Heyer dalam sebuah wawancara, Robertson jauh dari seorang nabi. "Dia adalah seseorang yang menulis tentang urusan maritim," kata Heyer. "Dia adalah pelaut yang berpengalaman, dan dia melihat kapal menjadi sangat besar dan kemungkinan bahaya bahwa salah satu Titan ini akan menabrak gunung es."

6. Transplantasi Organ

Produksi Alat Peraga Anatomi Tubuh

Photo :
  • VIVA/M Ali Wafa

Transplantasi organ besar pertama terjadi pada tahun 1954, tetapi ahli kimia Robert Boyle telah memperkirakan itu sudah ada lebih dari 300 tahun sebelumnya. Boyle, yang sering disebut bapak kimia modern ini, membuat daftar keinginan untuk masa depan, membayangkan semua kemajuan yang menunggu umat manusia di tahun-tahun mendatang. Hampir semua ramalannya menjadi kenyataan, termasuk keyakinannya bahwa suatu saat sains akan mampu menyembuhkan semua penyakit dengan transplantasi.

Tentu, kita belum sepenuhnya menyembuhkan semua penyakit, tetapi transplantasi organ telah membuat beberapa penyakit mematikan menjadi tidak terlalu mematikan. Fakta bahwa dia membuat prediksi ini pada tahun 1660, ketika dunia medis hanya tahu sedikit tentang cara kerja organ dalam, ini sungguh luar biasa.

7. Internet

Akses internet.

Photo :
  • Unsplash

bukan Al Gore yang menemukan internet. Tetapi orang pertama yang bermimpi tentang kemungkinan komunitas yang terhubung secara global sama mengejutkannya. Mark Twain membayangkan masa depan seperti itu dalam cerita pendeknya tahun 1898 'London Times' di mana ia memperkenalkan kepada pembaca sesuatu yang disebut "tel elektroskop" yang menggunakan sistem telepon untuk menciptakan jaringan di seluruh dunia untuk berbagi informasi.

Inovasi ini, tulis Twain, akan membuat "Akan melakukan kegiatan  sehari-hari namun terlihat oleh semua orang, dan dapat didiskusikan juga dengan suara" Lain kali anda menggunakan Twitter dan YouTube, selalu ingat bahwa orang yang menulis Adventures of Huckleberry Finn memikirkannya terlebih dahulu.

8. Bom Atom

VIVA Militer: Ledakan bom atom militer Amerika Serikat di Hiroshima

Photo :
  • Time Magazine

Bom atom pertama dijatuhkan di Hiroshima, Jepang, pada 06 Agustus 1945. Bom kedua dijatuhkan di Nagasaki beberapa hari kemudian. Tetapi bom atom fiksi pertama dijatuhkan dalam novel 1914 H.G. Wells, The World Set Free.

Meskipun buku itu diterbitkan setidaknya 30 tahun sebelum para jenius di Proyek Manhattan mulai mencoba membuat senjata pamungkas, Wells berhasil menangkap efek menghancurkan dari ledakan atom. "Museum, katedral, istana, perpustakaan, galeri mahakarya yang musnah, dan akumulasi besar pencapaian manusia yang sisa-sisa hangusnya terkubur," tulisnya, "warisan materi aneh yang hanya dapat dilihat oleh generasi mendatang."

9. Streaming Film

Pengunjung memilih film bioskop melalui video streaming di salah satu penyedia layanan Video on Demand di Jakarta.

Photo :
  • VIVA/Muhamad Solihin

Kembali pada tahun 1987, majalah Omni mewawancarai kritikus film populer Roger Ebert dan memintanya untuk memprediksi masa depan perfilman. Itu adalah permintaan ambisius untuk seorang pria yang pekerjaannya melibatkan rating film dengan mengacungkan jempolnya ke atas atau ke bawah.

"Kami akan memiliki televisi layar lebar definisi tinggi dan sistem panggilan tombol untuk memesan film yang anda inginkan pada waktu yang anda inginkan," katanya. "Anda tidak akan pergi ke toko video tetapi memesan film sesuai permintaan dan kemudian membayarnya. Kaset video seperti yang kita kenal sekarang akan menjadi usang baik untuk menayangkan film yang telah direkam sebelumnya maupun untuk merekam film." Dua jempol untuk prediksi itu, hal ini pun menjadi kenyatan di tahun-tahun sekarang.

10. Kematian James Dean

Mendiang James Dean dan Porsche 550 miliknya.

Photo :
  • Jalopnik

Ketika aktor James Dean meninggal dalam kecelakaan mobil pada usia muda 23 tahun, tidak ada yang mengunjunginya, bukan siapa pun, kecuali rekannya, Alec Guinness. Seperti yang dijelaskan oleh Jedi Master (Guinness yang memerankan Ben Kenobi dalam film Star Wars) dalam wawancara dengan BBC pada tahun 1977, dia bertemu James Dean hanya sekali di sebuah restoran Hollywood. Dean memamerkan mobil barunya ke Guinness, membual bahwa itu bisa mencapai kecepatan 150 mph.

"Beberapa hal aneh menghampiri saya," kenang Guinness. "Saya berkata, 'Tolong jangan masuk ke mobil itu, karena jika Anda melakukannya pada jam 10 malam Kamis depan, Anda akan mati.'" Guinness tidak hanya memprediksi kematian James Dean, hal itu beneran terjadi tepatnya tanggal 30 September 1955.

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya