Zelensky Tuduh Putin Biarkan Tentara Rusia Tewas Membusuk di Ukraina

VIVA Militer: Presiden Ukraina, Volodymyr Zelensky
Sumber :
  • foreignpolicy.com

VIVA – Presiden Ukraina, Volodymyr Zelensky, menuduh Presiden RusiaVladimir Putin, meninggalkan tentara Rusia yang tewas di Ukraina. Bahkan Zelensky mengatakan bahwa di beberapa bagian Ukraina tidak mungkin akan bernapas karena bau daging yang membusuk.

Rusia Telah Menangkap Pemodal Teroris Serangan Moskow, Ternyata Dikirim Melalui Ukraina

“Para penyerbu bahkan tidak meratapi korban mereka sendiri,” kata Zelensky.

“Ini adalah sesuatu yang saya tidak mengerti. Sekitar 15.000 tentara Rusia telah terbunuh dalam satu bulan. Putin melemparkan tentara Rusia seperti kayu ke dalam tungku api. Dan, mereka bahkan tidak mengubur tentara mereka yang tewas,” ujarnya.

Meski Negaranya Tengah Dilanda Aksi Terorisme, Rusia Tetap Kirim 29 Ton Bantuan ke Gaza

VIVA Militer: Mayat tentara Rusia tergeletak di wilayah Ukraina

Photo :
  • nypost.com

“Mayat mereka ditinggalkan di jalan-jalan. Di beberapa kota, kota kecil, tentara kami mengatakan tidak mungkin untuk bernapas karena bau daging yang membusuk,” lanjutnya, dikutip dari Newsweek, Selasa 29 Maret 2022.

Marah Anggotanya Disiksa, ISIS Rilis Video Ancam Bunuh Presiden Putin: Berhenti Siksa Anggota Kami!

Dia kemudian membandingkan perlakuan Putin terhadap tentara Rusia dengan tindakan angkatan darat Ukraina, yang dia katakan telah membela negara tanpa rasa takut, serta menyelamatkan mereka yang terluka.

“Para prajurit mengatakan mereka harus tinggal dan mengubur mereka yang terbunuh dalam aksi, dan menyelamatkan nyawa mereka yang terluka. Selama orang masih hidup, kita harus terus melindungi mereka. Ini adalah perbedaan mendasar antara cara pihak lawan dalam perang ini melihat dunia,” kata Putin.

Ukraina telah dilanda perang selama sebulan setelah Putin memulai invasinya ke Ukraina. Sementara itu, pejabat senior NATO memperkirakan pekan lalu bahwa antara 7.000 dan 15.000 tentara Rusia telah tewas, sementara puluhan ribu lainnya terluka, ditangkap, atau hilang.

VIVA Militer: Bangkai kendaraan lapis baja militer Rusia di Ukraina

Photo :
  • forbes.com

Namun, Rusia membantah klaim tersebut dan mengatakan pada 25 Maret 2022, bahwa sejauh ini hanya 1.351 tentaranya yang tewas dalam perang.

Sebagai perbandingan, Ukraina mengatakan awal bulan ini bahwa sekitar 1.300 tentaranya telah tewas. Namun, Amerika Serikat (AS) belum memberikan perkiraan tentang korban prajurit Ukraina.

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya