Logo BBC

Bukti Mengerikan Kejahatan Perang di Jalan Menuju Kiev Ukraina

Mayat dan mobil yang terbakar berserakan di jalan E-40. BBC Indonesia
Mayat dan mobil yang terbakar berserakan di jalan E-40. BBC Indonesia
Sumber :
  • bbc

Rekaman video tentara Rusia menembak seorang pria yang sedang mengangkat tangan di jalan raya di luar Kyiv pada awal Maret, telah viral di seluruh dunia. Sekarang Rusia sudah keluar dari wilayah itu, dan Jurnalis BBC Jeremy Bowen telah melihat pemandangan horor akibat pendudukan sementara Rusia di sana.

Peringatan: Laporan ini bermuatan materi yang bisa membuat Anda merasa tidak nyaman.

Kami menemukan setidaknya 13 jenazah di sepanjang jalan 200 meter antara Mria dan Myla, dua desa yang artinya adalah Impian dan Pujaan hati.

Dua dari jenazah tersebut telah dikonfirmasi sebagai warga sipil Ukraina yang dibunuh tentara Rusia. Sementara, yang lain belum bisa teridentifikasi - mereka tergeletak di tempat mereka terbunuh - tapi hanya dua di antaranya dikenali menggunakan seragam militer Ukraina.

Tim BBC dapat mencapai wilayah tersebut, di jalan raya utama E-40, yang dekat dengan Kyiv, karena pasukan Ukraina sudah merebut area tersebut hanya 10 jam sebelumnya.

Bekas petempuran tembakan dan tembakan berat ada di mana-mana. Pom bensin dan sebuah hotel yang dikenal dengan restoran dan spa-nya, telah hancur. Jalan beraspal berbentuk kawah-kawah kecil, bekas ledakan.

Tentara Ukraina yang sedang mengganti ban kendaraan di sisa-sisa grasi tepi jalan, mengatakan Pasukan Rusia berada sekitar 4 kilometer dari situ. Mereka telah menarik personil dan alat tempur setelah pertempuran sengit beberapa hari terakhir, pada dini hari.

Peringatan: video grafis berikut bisa membuat Anda merasa tidak nyaman.