Logo BBC

Para Anggota Pasukan Elit Rusia Tewas Dalam Perang Ukraina

BBC Indonesia
BBC Indonesia
Sumber :
  • bbc

Some of the Russian soldiers from the 331 regiment who have died
BBC
Beberapa dari 39 pasukan Rusia dari Resimen Parasut Pengawal ke-331 yang diketahui telah tewas.

Dalam perang apa pun, ada unit yang berhasil dan ada pula yang dijadikan simbol kegagalan. Resimen Parasut Pengawal ke-331 memiliki harapan besar untuk berhasil tetapi sekarang mewakili disintegrasi rencana Rusia dalam taktik perang cepat.

Komandan resimen, Kolonel Sergei Sukharev, tewas di Ukraina pada 13 Maret, dan secara anumerta dianugerahi medali Pahlawan Federasi Rusia. Saat pemakamannya, Wakil Menteri Pertahanan Jenderal Yuri Sadovenko mengatakan "hidup kolonel untuk masa depan, untuk masa depan rakyat kita, masa depan tanpa Nazisme".

Di Rusia sendiri, pasukan Rusia yang menjadi korban tidak diberitakan secara luas, tetapi menggunakan bahan-bahan dari sumber terbuka. BBC mengumpulkan kisah mereka dan menemukan setidaknya 39 anggota lainnya dari resimen elit 331 tewas dalam perang.

Mereka adalah bagian dari pasukan yang menyerbu Ukraina dari Belarusia, yang dipimpin oleh pasukan lintas udara Rusia, yang dikenal dengan singkatan VDV. Prioritas mereka adalah menyerbu ibu kota, Kyiv.

Pengerahan pasukan itu menimbulkan kerusakan besar dan kebuntuan di daerah pinggir kota Kyiv dan identik dengan kekejaman perang seperti yang terjadi di Bucha, Irpin, dan Hostomel.

Video pertempuran yang muncul di internet memperlihatkan kendaraan tempur yang digunakan oleh pasukan udara Rusia, dengan tanda "V" dicat di atasnya.

A Russian armoured vehicle in woodland with a
Getty Images
Sebuah kendaraan lapis baja milik Rusia yang ditemukan di dekat Irpin.

Satu video yang kami temukan menunjukkan beberapa kendaraan lapis baja ringan milik VDV rusak dan ditinggalkan setelah pasukan khusus Ukraina menyerang. Yang lainnya, menunjukkan beberapa kendaraan milik pasukan udara Rusia yang tampak ditinggalkan.