Logo ABC

Pria Bak Kembaran Kim Jong-un Manfaatkan Kemiripannya Bantu Orang Lain

Howard X asal Australia tampil sebagai tiruan pemimpin Korea Utara Kim Jong-un di Hong Kong tahun 2018. (Getty: Anthony Wallace)
Howard X asal Australia tampil sebagai tiruan pemimpin Korea Utara Kim Jong-un di Hong Kong tahun 2018. (Getty: Anthony Wallace)
Sumber :
  • abc

Mungkin agak aneh mendengar pengalaman Howard X, peniru Kim Jong Un asal Australia, yang pernah diperlakukan buruk oleh agen Korea Utara tapi menurutnya justru jadi pengalaman yang menyenangkan.

Di tahun 2018, Howard X pernah mendapatkan pengalaman buruk ketika menghadiri Olimpiade Musim Dingin di Korea Selatan di tahun 2018.

Ia menggunakan pakaian persis seperti pemimpin Korea Utara, Kim Jong Un. Tapi di depan banyak wartawan, ia malah didorong-dorong oleh agen Pemerintah Korea Utara.

Perhatian dari media menunjukkan betapa buruknya rejim Pemerintah Korea Utara, kata Howard X.

Menjadi seorang 'impersonator' baginya adalah juga sebagai alat untuk menyindir politik, karena menurutnya ia bisa melakukan dan mengatakan hal-hal yang tidak bisa dilakukan oleh orang lain.

"Kami semua peniru mengolok-olok orang yang kami tiru. Terutama saya. Saya tidak memuji-muji Kim Jong Un, saya melakukan yang sebaliknya," kata Howard X kepada Sunday Extra dari ABC RN.

Tapi meniru tokoh ternama seperti pemimpin negara adalah sebuah pekerjaan yang berisiko tinggi.

Karena itu, Howard X tidak berencana untuk mengunjungi Korea Utara.