Logo BBC

Perang Ukraina: Apa yang Diketahui dari Pembantaian Bucha Sejauh Ini

Kuburan para korban di Ukraina. Getty Images via BBC
Kuburan para korban di Ukraina. Getty Images via BBC
Sumber :
  • bbc

Ukraina telah meluncurkan penyelidikan atas dugaan kejahatan perang di Bucha, setelah kota di utara Kyiv itu ditinggalkan militer Rusia. Banyak mayat warga sipil ditemukan, puluhan di antaranya tergeletak di jalan-jalan.

Pada hari Minggu, Jaksa Agung Ukraina Irina Venediktova mengatakan bahwa sejauh ini mayat 410 warga sipil itu dihitung di daerah-daerah yang telah direbut kembali dari pasukan Rusia di sekitar Kyiv, tetapi dia menekankan bahwa ini bukan angka final dan proses pencarian serta pemeriksaan jenazah akan memakan waktu lama.

Pada hari Senin, Venediktova mengatakan bahwa di kota-kota lain yang sampai saat ini berada di bawah pendudukan Rusia, jumlah korban kekerasan bisa lebih tinggi. Dia perkirakan muncul kabar buruk dari Borodyanka, barat laut Kyiv.

Para organisasi hak asasi manusia telah mencatat banyak kasus pembunuhan, pemerkosaan dan kejahatan serius lainnya di wilayah yang direbut kembali dari Rusia.

Rusia telah mengatakan bahwa foto dan video dari Bucha itu adalah palsu dan telah direkayasa, tetapi semua argumen yang dipakai untuk mendukung klaim itu telah dibantah oleh para ahli.

Pada 4 April, New York Times menerbitkan foto-foto satelit Kota Bucha yang diambil antara tanggal 9 dan 21 Maret, ketika pasukan Rusia, menurut pengakuan Moskow sendiri, menguasai kota itu.

Beberapa siluet yang terlihat seperti jenazah ditemukan di tempat yang sama pada awal April.

Apa yang terjadi di Bucha?