10 Demo Mahasiswa Berdarah Paling Parah di Dunia, Ada dari Indonesia

Aksi mahasiswa 1998 | Foto Istimewa
Sumber :
  • U-Report

VIVA – Sepanjang sejarah, ada banyak demo mahasiswa yang tak terhitung jumlahnya telah turun ke jalan menuntut perubahan. Mereka telah menjadi suara dan pembawa panji bagi penduduk yang tertindas oleh rezim pemerintah yang ketat atau represif. Mereka berkumpul untuk menuntut pendidikan yang lebih baik dan adil bagi semua. Mereka mengguncang seluruh negara sampai ke intinya. Nah, berikut demo mahasiswa paling berdarah dalam sejarah yang disadur dari Top Masters in Education.

Serikat Pekerja Tembakau Minta Pemerintah Tunda Pengesahan RPP Kesehatan, Ini Alasannya

10. Demo Mahasiswa Mei 1968 di Paris, Prancis

Guru sekolah, dosen dan pelajar Prancis berdemonstrasi menuntut kondisi untuk belajar dan bekerja yang lebih baik.

Photo :
  • ANTARA/REUTERS/Stephane Mahe
Bukan Hukuman Mati, Altaf Mahasiswa UI yang Bunuh Juniornya Divonis Seumur Hidup

Pada tanggal 3 Mei 1968, protes mahasiswa di Universitas Sorbonne hampir memicu revolusi. Memprotes penutupan Universitas Paris di Nanterre dan rencana pengusiran sejumlah mahasiswa Nanterre, mahasiswa Universitas Sorbonne turun ke jalan secara massal. Para mahasiswa, guru, dan pendukung juga muak dengan sistem pendidikan Prancis yang ketinggalan zaman dan kurangnya kesempatan kerja bagi lulusan.

Selama beberapa hari, ratusan mahasiswa berjuang melawan polisi di Latin Quarter Paris, mendirikan barikade, melempar batu, dan menantang gas air mata. Ketidakpuasan dengan kondisi politik dan ekonomi di Prancis muncul ke permukaan, dan apa yang dimulai dengan beberapa protes mahasiswa meningkat menjadi satu setengah bulan kekacauan total, di mana beberapa orang tewas dan ratusan lainnya terluka.

Kata Anies soal Heboh Tawaran Jadi Menteri Prabowo: Masih Lama Proses Kabinet

9. Gerakan Mahasiswa Jerman, 1968

Aksi Demonstrasi menentang kebijakan terkait corona di beberapa kota di Jerman

Photo :
  • www.ndr.de

Kerusuhan global merajalela pada tahun 1968, dan tidak terkecuali dengan Jerman Barat . Arus bawah komunis tumbuh, universitas penuh sesak, dan faksi partai kiri, di bawah pemimpin mereka yang cenderung anarkis Rudi Dutschke, membujuk mayoritas untuk mengambil tindakan radikal. Semakin banyak mahasiswa yang mulai mogok kuliah. 

Semuanya memuncak pada 11 April, ketika Dutschke ditembak di kepala tiga kali oleh fasis Josef Bachmann, yang menyebut Dutschke sebagai “babi komunis kotor.” Dutschke mengalami kerusakan otak serius yang akhirnya menyebabkan kematiannya pada tahun 1979. 

Marah dengan penembakan itu dan pesan surat kabar Bild untuk “menghilangkan para pembuat onar,” 50.000 anak muda turun ke jalan dan mencegah pengiriman surat kabar. Polisi melawan balik dengan gas air mata dan petugas yang menunggang kuda, menangkap lebih dari 180 mahasiswa.

8. Demo Mahasiswa 1970, AS

Demontrasi anti kejahatan pemerkosaan di Amerika Serikat.

Photo :
  • U-Report

Pada tanggal 4 Mei 1970, sekelompok mahasiswa di Kent State University di Ohio berkumpul untuk memprotes invasi Presiden Nixon ke Kamboja. Ketegangan tinggi, dan Garda Nasional Ohio menembakkan 67 peluru ke kerumunan yang tidak bersenjata. Empat siswa tewas, satu lumpuh dan delapan lainnya luka-luka. 

Kematian itu membuat negara itu tercengang, yang mengarah ke protes kekerasan dan damai di seluruh negeri. Lebih dari 450 lembaga pendidikan, dari sekolah menengah hingga universitas, ditutup ketika empat juta siswa terlibat. Kekacauan massal terjadi, dengan pengunjuk rasa menargetkan bangunan ROTC (Reserve Training Officer Corp) dan membakar atau membom mereka.

Para pengunjuk rasa mengubah Washington menjadi kamp bersenjata, memotong ban, memecahkan jendela dan menarik mobil ke persimpangan. Seorang siswa menggambarkan adegan itu sebagai "perang saudara" daripada demo mahasiswa. Belakangan, lebih banyak orang terluka ketika para pendukung Perang Vietnam yang marah membalas protes tersebut.

7. Demo Mahasiswa Chili 2011-2012

Demo buruh Jakarta (Foto ilustrasi)

Photo :
  • VIVA/M Ali Wafa

Pada tanggal 4 Agustus 2011, setelah berbulan-bulan demo, mahasiswa Chili menolak reformasi pendidikan yang diusulkan Presiden Sebastián Piñera, dan pusat kota Santiago, ibu kota Chili, dinyatakan sebagai “keadaan pengepungan.” Pada bulan Agustus saja, 90 polisi militer terluka, 874 pengunjuk rasa ditangkap, dan seluruh department store dibakar.

Ledakan meriam air, tabung gas air mata kosong dan ribuan mahasiswa yang marah menjadi ciri demonstrasi tersebut. Protes sebelumnya mulai dari adu bantal dan ciuman, hingga melemparkan bom molotov serta batu ke polisi. Tujuan utama dari demo besar-besaran ini adalah untuk meningkatkan pendanaan untuk pendidikan publik.  

Ketidakpuasan mendalam atas ketidaksetaraan sosial ini telah menyebabkan 200.000 siswa berdemonstrasi sekaligus. Terlebih lagi, lebih dari 500 polisi telah terluka, satu mahasiswa tewas, dan sekitar 1.800 mahasiswa telah ditangkap sejak Mei 2011. 

6. Demo Mahasiswa Iran, 1999

Buruh demo di depan Kemenaker soal aturan pencairan JHT umur 56 tahun.

Photo :
  • VIVA/Andrew Tito

Setelah hari yang panjang memprotes penutupan surat kabar reformis Salam, mahasiswa dari Universitas Teheran Iran tertidur di asrama mereka. Saat itu tanggal 8 Juli 1999, dan kerusuhan sosial selalu tinggi, tetapi keadaan akan menjadi jauh lebih buruk. Beberapa jam setelah tengah malam, para siswa terbangun karena serangan yang belum pernah terjadi sebelumnya. 

Polisi berpakaian preman dan faksi paramiliter dengan kasar masuk ke asrama. Mereka menghancurkan jendela, membakar tempat tidur dan barang-barang mahasiswa, dan hampir menghancurkan asrama. Mereka meninggalkan banyak orang terluka. Seorang mahasiswa, pengunjung kampus, tewas dalam serangan itu.

Setelah itu, demo, yang sebelumnya terbatas pada kampus-kampus, tumpah ke arena publik dan mengumpulkan dukungan dari banyak warga biasa. fokus bergeser ke melindungi hak-hak siswa dan memprotes serangan asrama. Polisi dan warga menggunakan kekuatan brutal untuk menghancurkan demonstrasi, menahan orang lain dan membunuh sedikitnya lima orang.

5. Peristiwa Mei 1998, Indonesia

Aksi mahasiswa 1998.

Photo :
  • U-Report

Empat mahasiswa ditembak mati dan puluhan lainnya terluka oleh aparat keamanan di Universitas Trisakti di Jakarta, Indonesia pada 12 Mei 1998. Sebelumnya pada hari itu, 6.000 mahasiswa, dosen dan staf telah berkumpul untuk menuntut Presiden Suharto mundur. Perekonomian di Indonesia berada pada titik terendah sepanjang masa. 

Akan tetapi meskipun protes itu damai, polisi memblokir pawai para demonstran, memaksa mereka kembali ke kampus dan menembaki kelompok mahasiswa tanpa pandang bulu. Ketika publik mengetahui pembunuhan itu, mereka membuat kerusuhan, membakar orang hidup-hidup di gedung-gedung, menjarah toko dan merobek tiang lampu.

Meskipun mereka memprotes pembunuhan tersebut, kerusuhan segera berubah menjadi jauh lebih menyeramkan. Para perusuh mulai dengan sengaja menargetkan orang Tionghoa-Indonesia, yang mengakibatkan 1.200 kematian yang memilukan. Presiden Suharto mengundurkan diri pada 21 Mei 1998. 

4. Pemberontakan Politeknik Athena, Yunani, 1973

Para pengunjuk rasa meneriakkan berbagai slogan saat berdemonstrasi untuk menentang vaksinasi penyakit virus corona (COVID-19) di Athena, Yunani, Sabtu, 24 Juli 2021.

Photo :
  • ANTARA

Ketika pemogokan mereka pada 14 November 1973 tidak mendapat tanggapan, mahasiswa dari Politeknik Athena membarikade diri mereka di dalam universitas, membangun stasiun radio dengan menggunakan persediaan dari laboratorium. Mereka disiarkan di seluruh Athena, mendesak orang-orang Yunani untuk bergabung dengan mereka.

Ribuan orang menjawab panggilan itu, berkumpul di dalam dan di sekitar universitas, dalam pemberontakan kontra-pemerintah yang terbuka. Mereka membayar harga yang mahal. Di pagi hari tanggal 17 November, 25 tank meluncur ke jalan dan menempatkan diri di depan Universitas. 

Yang lain mencoba melarikan diri dan dibawa keluar oleh penembak jitu militer yang gugup di atap. Korban tewas mencapai setidaknya 24, dengan ratusan lainnya menderita luka-luka, dan sebanyak 1.000 orang ditangkap. Dalam setahun, junta militer telah digulingkan dan Yunani merayakan pemilihan umum yang bebas.

3. Protes Lapangan Tiananmen, Tiongkok, 1989

Ormas Islam menggelar aksi demonstrasi di depan Kedubes China.

Photo :
  • VIVAnews/ Edwin Firdaus.

Pembantaian Lapangan Tiananmen adalah salah satu demo mahasiswa paling terkenal dan ikonik dalam sejarah. Pada 21 April 1989, sebanyak 100.000 mahasiswa Tiongkok membanjiri Lapangan Tiananmen. Dan ketika editorial pemerintah 26 April mencela protes mereka sebagai “kerusuhan,” mahasiswa menuntut agar editorial itu ditarik kembali.

Mahasiswa bersikeras protes mereka patriotik dan takut bahwa istilah "kerusuhan" akan mengakibatkan dampak pemerintah. Selanjutnya, mahasiswa melakukan mogok makan dan segera mendapatkan simpati dan dukungan dari ribuan mahasiswa dari provinsi, serta kelompok warga lainnya. Di puncak pertemuan, 500.000 pengunjuk rasa berkumpul.

Sementara itu, para pemimpin pemerintah berada dalam kekacauan. Mereka percaya bahwa mundur akan menjadi ”pertunjukan kelemahan yang fatal”. Tujuh minggu kemudian, keadaan menjadi putus asa, darurat militer diberlakukan dan Tentara Pembebasan Rakyat diperintahkan untuk membersihkan lapangan.

2. Pembantaian Tlatelolco, Meksiko, 1968

Aksi heroik bocah berusia 12 tahun yang coba menghentikan demonstrasi anti pernikahan sesama jenis di Meksiko.

Photo :
  • Metro.co.uk

2 Oktober 1968 adalah hari yang tragis bagi Meksiko. Negara itu bersiap untuk menjadi tuan rumah Olimpiade Musim Panas 1968, dan para pemrotes, kebanyakan dari mereka adalah pelajar, telah menggunakan bulan-bulan menjelang pertandingan itu untuk menarik perhatian dunia kepada pemerintah mereka yang represif. 

Tuntutan mereka termasuk pemecatan kepala polisi, kemerdekaan universitas dan pembebasan tahanan politik. Sebanyak 10.000 mahasiswa berkumpul di Plaza de las Tres Culturas di distrik Tlatelolco untuk demo yang direncanakan satu hari lagi. Dan meskipun unjuk rasa itu awalnya damai, pemerintah segera menempatkan kendaraan militer di alun-alun.

Suar ditembakkan ke langit dan pasukan mulai menembaki kerumunan. Mereka mungkin bahkan mempekerjakan penembak jitu teriak mahasiswa dan warga sipil yang tidak bersenjata di bawah, setidaknya 44 di antaranya tewas. Meskipun beberapa perkiraan berkisar antara 200 dan 300. Diyakini bahwa sebanyak 1.345 orang ditangkap.

1. Pemberontakan Soweto, Afrika Selatan, 1976

Baliho kampanye Partai Demokrat rubuh di Jalan Asia-Afrika Jakarta

Photo :
  • Antara/ Fanny Octavianus

Pada tahun 1974, Departemen Pendidikan Afrika Selatan memutuskan bahwa bahasa Afrika digunakan di sekolah-sekolah. Itu diberikan kedudukan yang sama dengan bahasa Inggris dan ditempatkan di atas bahasa asli Bantu penduduk kulit hitam. Banyak guru Afrika bahkan tidak bisa berbicara bahasa Afrika, dan siswa mendapati nilai mereka menurun. 

Lebih buruk lagi, Afrikaans terkait erat dengan Apartheid dan dianggap sebagai "bahasa penindas." Pada tanggal 16 Juni 1976, ribuan siswa keluar dari ruang kelas mereka dan menuju Stadion Orlando, untuk mengikuti rapat umum yang direncanakan oleh Komite Aksi Dewan Perwakilan Mahasiswa (SSRC) Soweto. Mereka tidak bersenjata dan kebanyakan damai, meskipun beberapa melemparkan batu. 

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya