10 Negara dengan Kekuatan Militer Terkuat di Dunia 2022

VIVA Militer: Rudal Angkatan Bersenjata Federasi Rusia (VSRF)
Sumber :
  • ukrinform.net

VIVA – Negara dengan kekuatan militer terkuat di dunia. Dua kekuatan militer paling kuat di dunia Rusia dan Amerika Serikat, saling bersitegang di perbatasan Ukraina setelah Rusia mencoba menginvasi Ukraina yang membuat gempar sebagian negara-negara lain.

Pimpin Halal Bihalal di Mabesal, Ini Pesan KSAL Muhammad Ali untuk Prajurit Jalasena

Gedung-gedung yang dibombardir, kerumunan orang di tempat penampungan, kilatan ledakan di malam hari, dan orang-orang yang terluka dalam akibat perang Rusia dan ukraina sekarang menjadi berita sehari-hari.

Pada kejadian yang sama, rekaman tank Rusia yang meluncur ke Ibu Kota Ukraina Kyiv, telah menghancurkan beberapa tempat yang dihuni oleh beberapa tempat militer Ukraina, selain itu Rusia juga telah menghancurkan beberapa fasilitas umum seperti Bandara yang ada di Ukraina.

Segini Jumlah Rudal Iran yang Dicegat AS, Inggris dan Yordania Menuju Israel

Pengeluaran militer secara global terus meningkat dalam dua dekade terakhir. Pada tahun lalu, menurut Institut Penelitian Perdamaian Internasional Stockholm, pengeluaran untuk kebutuhan dan perlengkapan militer mencapai 2 triliun Dolar. Pengeluaran militer itu, Amerika Serikat menyumbangkan angka tertinggi yaitu 39 persen dari 2 triliun dolar.

Berikut beberapa negara dengan kekuatan militer terkuat di dunia 2022, seperti dikutip dari Greek Reporter sebagai berikut:

4 Serangan Brutal Iran dalam Operasi Janji Sejati untuk Menumpas Israel dan Sekutunya

1. Amerika Serikat

VIVA Militer: Pasukan militer Amerika Serikat (AS)

Photo :
  • medicaldaily.com

Amerika Serikat menjadikan negara yang memiliki kekuatan tempur yang kuat, terlepas dari kekalahan telak Amerika Serikat di Afghanistan, para prajurit AS memiliki kemampuan yang luar biasa. Dengan memiliki banyak pangkalan militer yang tersebar di seluruh dunia.

Dengan memiliki anggaran 738 miliar dolar, dan sekitar 1,5 juta lebih prajurit baik laki-laki dan perempuan, AS memiliki 6.125 senjata nuklir, 11 Kapal Induk, 68 Kapal Selam, 3.761 Pesawat Militer, 867 Helikopter, 6.209 Tank, dan 113 Kapal perang. Hal inilah yang mendasari bahwa Amerika Serikat merupakan salah satu negara yang memiliki kekuatan militer yang kuat.

2. Rusia

VIVA Militer: Pasukan militer Rusia di perbatasan Ukraina

Photo :
  • uacrisis.org

Musuh utama Amerika Serikat setelah berakhirnya Perang Dunia II yaitu Uni Soviet yang sekarang menjadi Rusia. Rusia merupakan sebuah negara kapitalis tetapi mempertahankan kekuatan militer kekaisaran Uni Soviet. 

Saat ini Rusia diperkirakan memiliki 1 juta pasukan baik pria dan perempuan, Rusia telah menurunkan anggaran militernya sekitar 43,2 miliar dolar, Rusia memiliki tank sekitar 13.830 ini lebih banyak dibandingkan dengan Amerika dan 6.500 senjata nuklir, akan tetapi Rusia hanya memiliki satu kapal induk. Rusia juga memiliki 70 kapal perang, 28 kapal selam nuklir dan 1379 pesawat.

3. China

VIVA Militer: Pasukan Tentara Pembebasan Rakyat China (PLA)

Photo :
  • The National Interest

Kekuatan militer yang meningkat untuk saat ini dan tidak disangka-sangka yaitu negara China. Terlihat beberapa konflik bersenjata besar-besaran dalam beberapa tahun terakhir, dan yang terakhir terlibat konflik di perbatasan India-China.

China merupakan negara yang memiliki penduduk paling tinggi di dunia sekitar 1.4 miliar, hal ini lah membuat China menjadi salah satu militer terkuat di dunia, China telah menurunkan anggaran sekitar 193 miliar. China memiliki 5.651 tank, dua kapal induk, 133 kapal angkatan laut, 12 kapal selam nuklir, 1.093 pesawat militer dan 290 senjata nuklir.

4. India

VIVA Militer: Pasukan Angkatan Bersenjata India (BSS) siaga di perbatasan China

Photo :
  • Financial Express

Banyak yang berpikir bahwa India tidak memiliki kekuatan militer kuat, akan tetap tetapi nyatanya India memiliki kekuatan militer kuat, dengan jumlah pendudukan hampir sama dengan China, pemerintahan India telah menurunkan anggaran sebesar 64 miliar dolar untuk memperkuat militernya.

India diperkirakan memiliki sekitar 1,5 juta tentara baik pria maupun perempuan, 4.740 tank tempur, satu kapal induk, 35 kapal perang, 14 kapal selam nuklir, 841 pesawat, dan 150 senjata nuklir.

5. Jepang

Ilustrasi militer Jepang.

Photo :

Pada Perang Dunia II, Jepang menjadi salah satu negara yang memiliki militer kuat, akan tetapi Jepang sekarang dalam beberapa dekade tidak terlibat dalam konflik besar manapun. Pemerintahan Jepang sudah meng anggarkan 50 miliar dolar dan memiliki sekitar 247.000 pasukan baik pria maupun perempuan. Jepang memiliki 580 tank, dua kapal induk, 47 kapal perang, 22 kapal selam, dan 606 pesawat tempur.

6. Korea Selatan

VIVA Militer: Pasukan militer Korea Selatan (ROK Armed Forces)

Photo :
  • Defpost

Korea Selatan menjadi negara yang memiliki militer kuat, pasalnya Korea selatan sangat rentan akan berkonflik dengan negara Korea Utara tidak kalam memiliki militer yang kuat. Korea Selatan memiliki 600.000 pasukan baik itu pria maupun perempuan, Korea selatan sudah mengeluarkan anggaran militer sebesar 40,4 miliar dolar.

Korea Selatan memiliki 2.321 tank, dan 35 kapal laut, dan 595 pesawat tempur. Meskipun bertetangga dengan Korea Utara yang sulit diprediksi akan melakukan serangan, namun sayang Korea Selatan tidak memiliki senjata nuklir.

7. Prancis

VIVA Militer: Presiden Prancis, Emmanuel Macron, menyalami prajurit

Photo :
  • European Security Journal

Kekuatan militer terkuat di Uni Eropa adalah Prancis, pemerintah Prancis sudah menurunkan dana sekitar 55 miliar dolar dan memiliki 208.700 pasukan baik pria maupun perempuan, Prancis yang mendominasi perairan dengan memiliki satu kapal induk, 27 kapal perang dan dua kapal selam nuklir.

Dua tahun lalu, Prancis mengirim kapal perang ke ZEE Siprus untuk melindungi kapal penelitian kepentingan Prancis dari Angkatan Laut Turki yang mengganggunya.

8. Italia

VIVA Militer: Armada tempur Angkatan Laut Italia (Marina Militare)

Photo :
  • Navalnews.com

Kekuatan angkatan laut yang mendominasi di perairan. Italia memiliki dua kapal induk dan 16 kapal perang. Anggaran militernya adalah 29,3 miliar dolar dan memiliki 165.500 prajurit, dan memiliki 241 pesawat tempur. Pada Perang Dunia II, Italia tidak berkonflik dengan negara manapun, Italia pada waktu itu bersekutu dengan Nazi Jerman.

9. Inggris

VIVA Militer: Rokket anti-tank AT4 84 mm militer Inggris

Photo :
  • The Japan Times

Angkatan bersenjata Kerajaan Inggris yang dulu perkasa tidak lagi mendominasi di Eropa dan seluruh dunia. Namun demikian, Inggris masih mempertahankan kekuatan militer yang kuat. Inggris telah mengucurkan dana militer sekitar 61,5 miliar dolar.

Inggris yang memiliki 138.500 pasukan baik pria maupun perempuan, Inggris memiliki 225 pesawat tempur, 227 tank tempur, dua kapal induk, 30 kapal perang dan 11 kapal selam nuklir.

10. Turki

VIVA Militer: Pasukan Angkatan Darat Turki (TSK)

Photo :
  • MilitaryImage.net

Dalam beberapa tahun terakhir Turki telah mencoba untuk memantapkan dirinya sebagai kekuatan militer terkuat di wilayah yang meliputi Eropa timur, Mediterania timur, Asia dan Afrika Utara. Turki yang tergabung dalam anggota NATO, Turki memiliki 355.200 pasukan baik pria maupun perempuan dan pemerintah turki sudah mengucurkan dana sekitar 11 miliar dolar.

Meskipun memiliki dana militer paling kecil diantara negara lain, akan tetapi turki memiliki gudang senjata seperti 4.378 tank, 26 kapal perang, 12 kapal selam, 310 pesawat tempur. 

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya