Ratu Rania dan Anne Hathaway akan Hadiri Forum W20 di Danau Toba

Ratu Rania dari Yordania
Sumber :
  • AP/Evan Agostini/Invision

VIVA – Forum Women 20 (W20) akan berlangsung di kawasan Danau Toba tepatnya di Parapat, Kabupaten Simalungun, Sumatera Utara pada tanggal 19 - 21 Juli 2022. Sejumlah tokoh perempuan dunia dijadwalkan hadir pada hajatan berskala internasional tersebut.

Kasus Mayat Perempuan dengan Kondisi Wajah Hancur, Polisi Tangkap 3 Orang

Sejumlah tokoh yang direncanakan hadir pada event ini adalah Melinda Gates, mantan istri Bill Gates pendiri Microsoft dan aktris ternama Hollywood Anne Hathaway hingga Ratu Rania dari Yordania.

Selain itu, terdapat juga nama populer lainnya seperti CEO Perbankan Dunia Melly Ellen Iskenderian, Direktur Bank Dunia Mari Elka Pangestu, Direktur Eksekutif UN Women Sima Sami Bahous dan tokoh dunia lainnya. Tokoh-tokoh perempuan dunia direncanakan akan mengisi seminar-seminar internasional selama W20.

Viral! Perempuan 9 Tahun Mampu Angkat Besi 75 Kg

Melinda Gates

Photo :
  • ANTARA FOTO/ICom/AM IMF-WBG/Nyoman Budhiana

“Sementara ini ada beberapa menteri luar negeri yang kemungkinan besar hadir seperti Kanada dan Australia. Kita juga berharap artis sekaligus tokoh NGO Anne Hathaway dan Melinda Gates hadir dan tentu tokoh perempuan Mari Pangestu Direktur Bank Dunia,” sebut Chairwoman W20, Hardiani Uli Silalahi pada Kamis 14 April 2022.

Hari Kartini, Perempuan Bisa Dapat Bunga Kredit BCA 3 Persenan

Selain itu menurut keterangan Hardiani Uli Silalahi, ada sekitar 10 negara yang telah mengkonfirmasi kehadirannya di event W20. Tokoh-tokoh dunia ini nantinya akan berkumpul di Parapat selama tiga hari membahas isu-isu mengenai perempuan dan ekonomi.

Kaldera Danau Toba

Photo :
  • VIVA/Mohammad Yudha Prasetya

“Delegasinya total 19 plus Uni Eropa, jadi lebih dari 20 negara. Sementara ini yang konfirmasi sudah 10 negara bahkan mereka sebagian sudah mem-booking tiket,” ungkap Hardiani Uli.

Event W20 di Parapat merupakan event penting karena akan memutuskan hal yang akan diajukan W20 untuk deklarasi di G20 Desember nanti. Saat ini, isu prioritas W20 antara lain diskriminasi dan kesetaraan gender, inklusi ekonomi, perempuan marginal dan kesehatan.

Anne Hathaway

Photo :
  • flickr

“Di summit ini kita akan memutuskan, harapan kita ada deklarasi Danau Toba seperti di Brisbane tahun 2015 lalu. Dan setelah 7 tahun, kita berharap melakukan sesuatu yang penting untuk deklarasi Danau Toba,” kata Uli.

Sementara itu Plt Kepala Dinas Kominfo Sumut, Kaiman Turnip berharap ajang ini dapat diselenggarakan dengan sebaik-baiknya dan dimanfaatkan semaksimal mungkin. Dengan banyaknya tokoh ternama dunia yang datang maka harus berdampak signifikan kepada masyarakat.

“Ini luar biasa penting, jadi kita harus sungguh-sungguh menyukseskan ini termasuk agar event ini berdampak signifikan kepada masyarakat dalam jangka panjang. Jadi, kita harus merasa memiliki event ini agar bersama-sama menyukseskannya,” kata Kaiman Turnip.

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya