Logo BBC

Buaya dan Ular Mendadak Bermunculan di Jalan-jalan Rio de Janeiro

Jumlah binatang liar yang harus ditangkap di wilayah perkotaan naik pesat di Rio de Janeiro. BBC Indonesia
Jumlah binatang liar yang harus ditangkap di wilayah perkotaan naik pesat di Rio de Janeiro. BBC Indonesia
Sumber :
  • bbc

Pada pukul 05:40 pagi, 29 Maret lalu, belasan pejalan kaki berdesakan di ujung jembatan penyeberangan salah satu terminal bus tersibuk di Kota Rio de Janeiro, Brasil. Mereka mengarahkan kamera ponsel masing-masing ke satu titik yang sama.

"Awas, binatang ini ganas," seorang pria berteriak menyuruh kerumunan untuk mundur.

Makhluk itu - seekor buaya dengan panjang sekitar 2,5 meter dan bobot 40 kilogram - merayap naik turun, berusaha mencari jalan keluar dari cerukan sempit itu. Orang-orang mulai berteriak dan berlarian ketika buaya itu membuat gerakan mengejutkan ke arah kerumunan.

Namun reptil itu justru tampak paling ketakutan dibanding manusia yang mengelilinginya.

Foto-foto caiman - reptil yang masih sekeluarga dengan buaya dan aligator - itu kemudian menjadi viral di Brasil. Asisten rumah tangga bernama Fernando Queiroz, 24 tahun, adalah orang pertama yang mencuit tentang hewan ini di Twitter.

"Saya disuruh balik arah setelah tiba di jembatan terminal bus. Alasannya: ada seekor aligator yang ukurannya lebih besar dari saya," tulisnya.

"Hewan itu sangat besar," dia berkisah kepada BBC, setelah cuitannya viral.

"Saya sampai di sana sekitar jam lima pagi, suasana masih gelap. Ada dua orang laki-laki berdiri di arah masuk jembatan, meminta kami untuk balik arah. Mereka khawatir ada yang tidak melihat binatang itu dan bertabrakan dengannya."

Alligator on pedestrian bridge in Rio
Reproduction
Foto-foto dan video-video buaya raksasa berada di jalanan Kota Rio bahkan di dalam rumah seseorang semakin sering muncul di media sosial.

Menurut Departemen Pertahanan Sipil Kota Rio, hewan ini "kemungkinan besar" berasal dari sebuah laguna yang terletak 1km dari terminal bus tersebut.

Setelah operasi penyelamatan yang berlangsung selama sekitar satu jam, caiman moncong lebar ini berhasil dikurung di dalam kandang dan dibawa ke area perairan terdekat oleh petugas.