7 Negara Penganut Agama Islam di Benua Afrika, Ada Mauritania

Masjid tertua di Afrika.
Sumber :
  • U-Report

VIVA – Negara penganut agama Islam di Benua Afrika. Afrika merupakan benua pertama dalam penyebaran Islam di luar negara Arab pada awal abad ketujuh. Hampir sepertiga dari populasi Muslim dunia saat ini tinggal di benua Afrika.

Motif TikToker Galih Loss Buat Konten Penistaan Agama Terkuak, Ternyata Buat Cari Endorse

Diperkirakan pada tahun 2002 bahwa Muslim merupakan 45% dari populasi Afrika. Islam memiliki kehadiran besar di Afrika Utara, Afrika Barat, tanduk Afrika, Tenggara dan di antara populasi imigran minoritas tetapi signifikan di Afrika Selatan.

Sebagian besar Muslim yang tinggal di benua Afrika menganut Islam Sunni. Islam di Afrika adalah dinamis dan kompleks, dan terus-menerus didefinisikan ulang oleh kondisi politik, sosial, dan ekonomi yang berlaku.

Bumi Resources Masuk 7 Perusahaan Wajib Pajak Terbaik versi DJP Kemenkeu

Islam menikmati kehadiran yang dominan di Tanduk Afrika, sebagian besar Afrika Barat, Afrika Utara, dan Pantai Swahili. Namun, agama Islam mendapat perlawanan dan kritik di beberapa negara di Afrika lainnya

Orang Afrika Barat pertama yang masuk Islam adalah penduduk Sahara, orang Berber, dan secara umum disepakati bahwa pada paruh kedua abad kesepuluh, Sahara telah menjadi Dar al-Islam yang merupakan negara Islam.

Sri Mulyani Ungkap APBN Surplus Rp 8,1 Triliun hingga Maret 2024

Berikut beberapa negara Agama Islam di benua Afrika, seperti dikutip dari Worldatlas sebagai berikut:

1. Mauritania

Mauritania

Photo :
  • pixabay

Mauritania memantapkan dirinya sebagai Republik Islam setelah memperoleh kedaulatan pada tahun 1960. Piagam Konstitusi 1985 mengidentifikasi Islam sebagai agama negara dan Syariah sebagai hukum negara.

Pengrajin dan pedagang Muslim menyebarkan Islam ke wilayah Mauritania, dan mereka kemudian bergabung dengan para pendiri persaudaraan Islam. Persaudaraan, yaitu tasawuf dan tarekat, terutama mendapat pengaruh selama pemerintahan kolonial Perancis.

Islam Mauritania telah memasukkan beberapa kepercayaan tradisional, dan Muslim di negara itu percaya adanya beberapa roh yang lebih rendah yang diubah dari kepercayaan Pra-Islam menjadi roh Islam. 99,9% penduduk Mauritania adalah Muslim, hampir semuanya adalah Muslim Sunni yang menganut Madzhab Imam Maliki.

2. Somalia

Negara Somalia

Photo :
  • pixabay

99,8% orang Somalia menganut agama Islam, dan mereka adalah Muslim Sunni. Islam telah menjadi bagian penting dari sejarah Somalia selama lebih dari 1400 tahun. Islam di Somalia selama beberapa generasi telah didominasi oleh Mazhab Imam Syafi'i, Asy'ariyah, dan tasawuf tetapi Salafisme telah mendapatkan tanah dalam beberapa dekade terakhir.

Kota Zeila adalah rumah bagi masjid abad ke-7 bernama Masjid al-Qiblatain, dan dibangun tak lama setelah hijrah. Islam menyebar ke seluruh wilayah Somalia dan memfasilitasi pertumbuhan kesultanan dan republik yang menjadi pusat perdagangan, agama, dan perdagangan seperti Mogadishu, Hobyo, dan Merca. Meskipun konstitusi 1961 membuat ketentuan untuk kebebasan beragama, ia memproklamirkan Somalia yang baru merdeka sebagai negara Islam.

3. Maroko

Mausoleum Moulay Ismail Maroko

Photo :

99% penduduk Maroko menganut Islam, dan mereka adalah Sunni dalam mazhab Maliki. Masuknya Islam ke Maroko dikaitkan dengan invasi Arab yang dipimpin Uqba Ibn Nafi pada tahun 680. Dinasti-dinasti Islam yang kuat kemudian memerintah di wilayah tersebut selama berabad-abad.

Penganiayaan sekte minoritas Muslim selama pemerintahan Almohad membuat Islam Sunni dominan di negara itu. Salafi Islam telah mendapatkan pengaruh, dan Raja Mohammed VI telah berusaha untuk mengekang popularitas yang meningkat ini.

4. Aljazair

99% orang Aljazair adalah Muslim, dan mereka menganut Islam Sunni dan mazhab Maliki. Ada minoritas Ibadi yang sebagian besar tinggal di wilayah Lembah M'zab. Islam tiba di Aljazair dengan dinasti Umayyah setelah invasi Uqba Ibn Nafi. Penduduk asli Berber menerima agama ini dalam jumlah besar, tetapi baru pada abad ke-15 orang Tuareg akhirnya menjadi Muslim.

Diskriminasi Muslim oleh otoritas kolonial Prancis mengilhami gerakan perlawanan dan ulama seperti Abdelhamid Ben Badis mendesak penduduk asli untuk tetap teguh dalam Islam. Islam memberikan masyarakat Aljazair identitas budaya dan sosial yang sentral.

5. Tunisia

Rumah warga Tunisia di bawah tanah

Photo :
  • amusingplanet

98% orang Tunisia menganut agama Islam. Konstitusi Tunisia mengharuskan presiden negara itu menjadi Muslim dan menunjuk pemerintah sebagai "penjaga agama." Aliran pemikiran yang paling populer di Tunisia adalah Mazhab Imam Maliki.

Semua sekolah umum Tunisia mengajarkan pendidikan agama Islam, dan kurikulum agama untuk sekolah menengah negara itu mencakup sejarah Kristen dan Yudaisme dari sumber dan perspektif Islam. Ada komunitas kecil Muslim Sufi asli.

6. Kamerun

98% penduduk Kamerun merupakan Muslim, kebanyakan dari mereka adalah Sunni yang bermazhab Imam Syafi'i. Sebagian besar Muslim yang tinggal di Komoro adalah Arab-Swahili meskipun mereka adalah komunitas keturunan India.

Catatan sejarah telah mengidentifikasi pedagang Arab serta putri Persia Zayidi yang diasingkan sebagai kelompok orang yang memperkenalkan Islam ke Komoro. Keluarga Islam yang berkuasa mempopulerkan agama ini selama bertahun-tahun.

Ratusan masjid memenuhi pulau-pulau di samping banyak madrasah. Hampir semua anak mendaftar di Sekolah Al-Qur'an selama dua atau tiga tahun di mana mereka memperoleh pengetahuan tentang linguistik Arab dan dasar-dasar Islam.

7. Sudan

Bendera Sudan.

Photo :
  • Istimewa

Muslim di Sudah mencapai 97%, Muslim memiliki kehadiran yang dominan di semua wilayah kecuali wilayah Pegunungan Nuba. Islam Sunni yang dianut di Sudan telah sangat dipengaruhi oleh tasawuf sementara Islam Syiah tinggal di Khartoum.

Perpecahan besar terjadi antara persaudaraan sufi, terutama antara Anshar dan Khatmia. Hanya wilayah Darfur yang terhindar dari keberadaan persaudaraan sufi seperti yang ditemukan di bagian lain Sudan. Orang Arab, Nubia, Beja, Fur, dan Zaghawa adalah beberapa komunitas etnis Muslim di Sudan.

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya