Pusat Pemerintahan Bangsamoro Filipina Dihiasi Lampu Berbentuk Masjid

Pusat pemerintahan Bangsamoro dihiasi dengan lampu-lampu berbentuk masjid.
Sumber :
  • Tangkapan Layar/ Natania Longdong

VIVA – Pusat pemerintahan Bangsamoro dihiasi dengan lampu-lampu berbentuk masjid. Bangsamoro sendiri secara resmi merupakan Daerah Otonomi Bangsamori di Muslim Mindanao, Filipina.

Kisah Inspiratif Jonatan Christie, Atlet Bulutangkis yang Bangun Masjid dari Dana Bonus Asian Games

Lampu-lampu yang menghiasi Bangsamoro ini berbentuk masjid lengkap dengan kubah dan menaranya.

Melansir dari TrtWorld, Selasa, 19 April 2022, Bangsamoro adalah rumah bagi lebih dari empat juta Muslim Filipina.

Daud Kim, YouTuber Terkenal Asal Korea Selatan Ini Gigih Bangun Masjid di Incheon

Orang-orang di wilayah Bangsamoro termasuk Muslim, Lumads, Kristen memiliki budaya yang berkisar pada musik kulintang, jenis musik gong tertentu yang ditemukan di antara Muslim dan non-Muslim di Filipina Selatan.

Ilustrasi masjid

Photo :
  • dok.ist
Ivan Gunawan Segera Berangkat ke Uganda, Resmikan Masjid yang Dibangunnya

Daerah Otonomi ini terletak di Selatan Filipina. Pembentukan Bangsamoro adalah puncak dari beberapa tahun pembicaraan damai antara pemerintah Filipina dan beberapa kelompok otonom, khususnya Front Pembebasan Islam Moro (MILF).

Kelompok tersebut menolak keabsahan ARMM dan menyerukan pembentukan wilayah dengan banyak kekuasaan yang diserahkan dari pemerintah nasional.

Sebuah perjanjian kerangka kerja yang dikenal sebagai Perjanjian Komprehensif mengenai Bangsamoro dinegosiasikan antara pemerintah Benigno Aquino III dan MILF pada 2014.

Setelah negosiasi dan perdebatan lanjutan mengenai ketentuan tertentu, akhirnya Kongres Filipina membuat dan meratifikasi undang-undang dasar untuk wilayah tersebut. Undang-undang tersebut disebut sebagai Hukum Organik Bangsamoro.

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya