Korea Utara Buat Parade Besar-besaran untuk Rayakan Ultah Kim Il Sung

Pemimpin Korea Utara merayakan ulang tahun pendiri Korut, Kim IlSung.
Sumber :
  • Korean Central News Agency/Korea News Service/AP

VIVA – Citra satelit komersial dalam beberapa pekan terakhir telah menunjukan persiapan untuk parade militer besar di Pyongyang, yang berlangsung pada peringatan 25 April berdiri tentara Korea Utara, menurut laporan AP, Rabu 20 April 2022.

Songsong Era PLTN, BRIN Garap Riset Konversi Pembangkit Listrik Batu Bara Menjadi Nuklir

Ada juga harapan bahwa Pyongyang akan lebih meningkatkan pengujian senjatanya dalam beberapa minggu, atau bulan mendatang. Mungkin termasuk dimulainya kembali uji coba peledak nuklir atau uji coba rudal di atas Jepang.

Parade militer Korea Utara

Photo :
  • Antara/reuters
Korut Kirim Utusan ke Iran, Kira-kira Ini yang Dibahas

Laporan media pemerintah pada Sabtu 16 April 2022, Pemimpin Korea Utara, Kim Jong Un, menghadiri parade sipil besar-besaran di ibu kota Pyongyang untuk merayakan ulang tahun kakek pendiri negara, Kim Il Sung. Kim Jong Un terlihat berdiri di mana ribuan orang berbaris untuk menunjukkan kesetiaan pada keluarga Kim.

Laporan itu tidak menyebutkan pidato atau komentar apa pun yang dikatakan oleh Kim, dan tampaknya negara itu melewati hari libur terbesarnya tanpa memamerkan perangkat keras militernya. Gambar yang tersebar dari media pemerintah menunjukan Kim melambai dari balkon melihat ke arah Lapangan Kim II Sung yang dinamai sesuai dengan nama kakeknya.

Delegasi Korea Utara Kunjungi Iran, Isu Kerjasama Semakin Kuat

Ulang tahun Kim II Sung adalah hari libur nasional terpenting di Korea Utara, di mana keluarga Kim telah memerintah di bawah kultus kepribadian yang kuat sejak 1948.

Perayaan minggu lalu menandai peringatan ke-110 kelahiran Kim Il Sung. Kim Jong Un menghidupkan kembali kemampuan nuklir yang memaksa Amerika Serikat (AS) untuk menerima gagasan Korea Utara sebagai pemilik kekuatan nuklir dan menghapus sanksi ekonomi. 

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya