7 Mitos Samurai dan Pedang Jepang

Samurai Jepang
Sumber :
  • pixabay/skefalacca

VIVA – Mitos Samurai Citra populer prajurit Samurai Jepang sebagai pria terpelajar, spiritual, dan terhormat tidak menceritakan keseluruhan cerita. Setiap generasi menceritakan kisah Samurai menurut nilai dan sikapnya sendiri, bukan berdasarkan sejarah. Melansir dari Total War, berikut beberapa mitos umum tentang Samurai.

Terpopuler: Mitos Tentang Masturbasi Hingga Tips Memilih Camilan Sehat

1. Seppuku untuk kehormatan

Dalam mitologi populer Samurai dengan cepat melakukan Seppuku untuk menjaga kehormatan mereka. Seppuku adalah istilah Jepang untuk ritual bunuh diri dengan memotong perut dengan pedang pendek yang disebut wakizashi atau pisau yang disebut tantA.

5 Mitos Tentang Masturbasi, Benarkah Bisa Hilangkan Keperawanan?

Memang benar bahwa prajurit Samurai terkadang bunuh diri oleh Seppuku, motivasi mereka tidak selalu untuk menjaga kehormatan mereka. Kebanyakan Samurai yang bunuh diri akan ditangkap dan dieksekusi. 

Oleh karena itu, motivasi utama Seppuku seringkali sangat praktis: untuk menghindari kematian yang mengerikan di tangan musuh. Ada alasan lain yang bahkan lebih praktis untuk ritual bunuh diri oleh Seppuku. Jika seorang prajurit Samurai dieksekusi, hartanya tidak diwariskan kepada ahli warisnya, tetapi jika dia bunuh diri, itu akan terjadi. Oleh karena itu, bunuh diri melindungi properti Samurai.

Lihat Bagian Tubuh Ini Pada Pria, Ternyata Bisa Prediksi Ukuran Penisnya

2. Samurai tidak mundur

Studi menunjukkan bahwa Samurai sama praktisnya di medan perang seperti prajurit lainnya. Laporan yang ditulis oleh prajurit Samurai menunjukkan bahwa mereka terkadang menyerang dan kemudian mundur ketika mereka mulai mengalami luka.

3. Samurai bergantung pada pedang

Samurai Jepang

Photo :
  • pixabay/bohdan_zubrytskyi

Prajurit Samurai biasanya digambarkan sepenuhnya bergantung pada pedangnya (katana) untuk bertarung. Memang, Bushido mengajarkan bahwa katana adalah jiwa Samurai. Namun, pada kenyataannya Samurai menggunakan berbagai macam senjata dari pisau pendek (tant) hingga meriam. 

Penelitian menunjukkan bahwa panah dan tombak panjang yang disebut yari adalah senjata pilihan dalam pertempuran besar. Di Jepang feodal, katana memang barang berharga yang diturunkan dari generasi ke generasi. Bahkan, mereka mungkin dianggap terlalu berharga untuk digunakan dalam pertempuran karena mereka sering menjadi milik Samurai yang paling mahal.

4. Tuan-tuan Samurai

Dalam pengetahuan populer, Samurai semuanya setia dan taat hukum. Romantisme modern tentang Samurai menggambarkan mereka sebagai pengikut setia kode etik Bushid. Faktanya, pertikaian dan perselisihan di antara Samurai adalah hal biasa dan Samurai bisa jadi tidak setia atau licik. 

Contoh Samurai yang bandel mudah ditemukan dalam sejarah seperti Akechi Mitsuhide yang mengkhianati tuannya dan melakukan berbagai tindakan pengkhianatan.

5. Samurai semakin sedikit

Survei komprehensif pertama di era Meiji menghitung jumlah Samurai sebanyak 1.774.000 dari total populasi sekitar 25 juta orang. Itu berarti bahwa Samurai adalah sekitar 7% dari populasi pada akhir abad ke-19. Faktanya, banyak orang Jepang modern dapat menemukan beberapa koneksi Samurai di silsilah keluarga mereka.

6. Samurai itu penyayang

Samurai Jepang

Photo :
  • pixabay/animelab365

Samurai sering digambarkan memiliki ide-ide modern tentang keadilan. Samurai bahkan digambarkan sebagai pelindung kaum miskin dan lemah dari tirani kaum elite. Tidak ada yang bisa lebih jauh dari kebenaran. 

Samurai digunakan oleh para bangsawan untuk mengambil pajak dan upeti dari rakyat jelata. Seorang Samurai bisa membunuh rakyat jelata untuk penghinaan sekecil apapun dan secara luas ditakuti oleh penduduk Jepang. 

Samurai dikatakan telah menguji pedang baru pada tahanan. Tidak mungkin banyak Samurai memiliki gagasan modern tentang keadilan dan kesetaraan seperti yang digambarkan dalam mitos populer.

7. Samurai semuanya tangguh dalam pertempuran

Era Edo melihat masa damai yang diperpanjang di mana tidak ada pertempuran besar yang terjadi. Selama perdamaian yang panjang ini banyak Samurai menjadi sarjana, birokrat, administrator atau pria santai daripada prajurit. Samurai secara bertahap kehilangan fungsi militer mereka dan katana dan wakizashi mereka menjadi simbol status lebih dari senjata.

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya