5 Negara Alutsista Tercanggih di Dunia, Nomor 2 Lagi Perang

VIVA Militer: Rudal Setan Rusia
Sumber :

VIVA – Negara alutsista tercanggih di dunia. Perlengkapan perang terus berkembang, negara-negara di seluruh dunia untuk mengeluarkan dana ratusan miliar dolar setiap tahun untuk perlengkapan angkatan bersenjata dalam memamerkan serta mengembangkan pelatihan, teknologi, dan persenjataan yang paling canggih.

Organisasi Liga Muslim Dunia Ucapkan Selamat ke Prabowo: Semoga RI Makin Maju

Global Firepower merupakan sebuah situs web yang melacak kekuatan militer, ada lima negara berikut merupakan yang paling kuat, berdasarkan peringkat yang diberikan kepada negara-negara setelah melihat bagaimana negara tersebut membandingkan dalam kategori mulai dari kekuatan militer dan keuangan hingga kemampuan logistik dan geografi.

Berikut beberapa negara alutsista tercanggih di dunia, seperti dikutip dari Military, sebagai berikut:

Terpopuler: Negara Tanpa Malam hingga Olahraga Ringan Setelah Lebaran

1. Amerika Serikat

VIVA Militer: Pasukan militer Amerika Serikat (AS)

Photo :
  • medicaldaily.com
Bukan Hanya Palestina, Ini 9 Negara yang Belum Diakui Keanggotannya oleh PBB

Amerika Serikat menempati peringkat pertama sebagai kekuatan militer terkuat dan alutsista tercanggih di dunia, seperti dikutip dari situs resmi Global Firepower. AS memiliki pesawat tempur udara lebih banyak dibandingkan dengan negara lain, dengan 2.085 pesawat tempur, 967 helikopter serang, 945 transportasi perang dan 742 pesawat misi khusus.

AS memiliki 39.253 kendaraan lapis baja, 91 kapal perusak Angkatan Laut, dan 20 kapal induk. Diperkirakan memiliki 1.400.000 personel aktif. Pemerintah Amerika Serikat telah mengalokasikan dana sebesar 750 miliar dolar untuk anggaran militer AS.

VIVA Militer: Pasukan Angkatan Bersenjata Federasi Rusia (VSRF) di Ukraina

Photo :
  • blazetrends.com

Rusia yang sedang melakukan pertempuran dengan Ukraina. Maka dari itu takeran Rusia termasuk dalam negara alutsista tercanggih di dunia. Dalam beberapa tahun terakhir, Rusia memiliki tank paling banyak dari negara manapun, tercatat Rusia memiliki 12.950 tank, lebih dari dua kali lipat yang dimiliki AS, menurut statistik Global Firepower.

Diperkirakan Rusia memiliki 1 juta lebih pasukan militer aktif, memiliki 27.038 kendaraan lapis baja, 6.083 unit artileri self-propelled dan 3.860 proyektor roket.

Di udara, angkatan udara Rusia memiliki 873 pesawat tempur dan 531 helikopter serang. Di air, mereka memiliki 62 kapal selam dan 48 kapal perang ranjau. Rusia diperkirakan menghabiskan dana 48 miliar dolar untuk perlengkapan militernya perusahaan.

3. China

VIVA Militer: Rudal balistik antarbenua China, Dongfeng DF-41

Photo :
  • Military Watch Magazine

China merupakan negara paling kuat di Asia dan musuh yang semakin besar bagi AS, menempati urutan ketiga dalam daftar negara alutsista tercanggih di dunia. Negara adikuasa komunis itu diperkirakan memiliki 2 juta lebih personel aktif yang terbesar di dunia.

China telah membangun Angkatan Lautnya dalam beberapa tahun terakhir saat terlibat dalam sengketa wilayah di Laut China Selatan. Saat ini, China memiliki 74 kapal selam, 52 fregat, dan 36 kapal perusak, kata Global Firepower.

Di darat, China memiliki 33.000 kendaraan lapis baja dan 3.500 tank. Angkatan Udara mereka telah mengumpulkan 1.232 pesawat tempur dan 281 helikopter serang. China diperkirakan menghabiskan 237 miliar dolar untuk angkatan bersenjatanya pada tahunnya.

4. India

VIVA Militer: Pasukan Angkatan Bersenjata India (BSS)

Photo :
  • CTV News

India yang telah terlibat dalam konflik teritorial yang berkepanjangan dengan Pakistan di sekitar wilayah Kashmir, memiliki sekitar 1,5 juta personel yang aktif yang bertugas di angkatan bersenjatanya.

Global Firepower India yang memiliki 4.292 tank, artileri penarik 4.060 dan 538 pesawat tempur. India diperkirakan menghabiskan 61 miliar dolar untuk militernya untuk setiap tahunnya.

5. Jepang

Ilustrasi militer Jepang.

Photo :

Jepang memiliki 200 ribu lebih personel aktif, Jepang juga yang sangat berdekatan dengan Korea Utara, sangat rentan sekali terjadinya peperangan antar negara ini. Jepang tercatat memiliki 152 pesawat misi khusus dan memiliki kapal laut 40. Jepang juga memiliki 3.130 kendaraan lapis baja, 1004 tank dan 119 pesawat tempur. Jepang di perikan menghabiskan dana tiap tahunnya sebesar 49 miliar dolar untuk militernya.

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya