Isi Pembicaraan Jokowi dengan Presiden Ukraina

Presiden Jokowi
Sumber :
  • Biro Pres dan Media Istana Kepresidenan.

VIVA - Presiden Joko Widodo kembali mengambil langkah untuk membantu mengakhiri perang yang terjadi antara Ukraina dan Rusia. Salah satu yang dilakukan oleh Jokowi adalah menghubungi Presiden Ukraina, Volodymyr Zelensky.

Jokowi Resmikan 147 Bangunan yang Direhabilitasi Pasca Gempa di Sulawesi Barat

Presiden Ukraina Volodymyr Zelensky saat berbicara melalui telepon

Photo :
  • ANTARA FOTO/Ukrainian Presidential Press Service/Handout via REUTERS

Zelensky Ucapkan Terima Kasih

Jokowi Hopes Panua Pohuwato Airport in Gorontalo Can Boost Local Economy

Adanya pembicaraan kedua presiden ini semula diungkapkan oleh Zelensky dalam akun Twitternya, @ZelenskyyUa. Dalam akun tersebut, dia mengucapkan terima kasihnya atas perhatian yang diberikan Jokowi terhadap Ukraina.

Kemudian tak lama kemudian, Jokowi juga menceritakan apa isi pembicaraan antara dirinya dan Zelensky. Melalui akun twitternya, Jokowi mengatakan siap melakukan berbagai upaya demi tercapainya perdamaian.

Sosok Jenderal Termuda di TNI, Ternyata Lulusan Akmil 1999 dan Berusia 47 Tahun

"Kemarin saya berbicara dengan Presiden @ZelenskyyUa dari Ukraina. Saya menegaskan kembali dukungan Indonesia terhadap segala upaya agar negosiasi perdamaian berhasil dan siap memberikan bantuan kemanusiaan," kata Jokowi dalam akun twitternya, Kamis, 28 April 2022.

Baca juga: Zelensky: Terima Kasih Presiden Jokowi

Perang Rusia-Ukraina Masih Berlangsung

Seperti diketahui, saat ini masih terjadi ketegangan antara Rusia dan Ukraina. Perundingan damai antara Ukraina dan Rusia sampai saat inipun belum dapat terjadi.

Bahkan, Rusia memperingatkan konflik Ukraina berisiko meningkat menjadi Perang Dunia III. Peringatan itu disampaikan Rusia merespons kunjungan pejabat Amerika Serikat ke Ukraina.

Berbagai dampak negatif pun berpotensi terjadi akibat dari adanya perang ini. Seperti harga komoditas yang melambung tinggi, kelangkaan makanan, dan pertumbuhan ekonomi melambat.

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya