Fakta Pangkalan Militer Amerika Serikat Ada Dimana-mana, Indonesia?

VIVA Militer: Tentara Amerika Serikat
Sumber :
  • npr.org

VIVA –  Fakta Militer Amerika dimana-mana,  Militerbase dalam lamannya menyebutkan, setidaknya ada 27 negara dan wilayah teritorial yang menjadi tempat pangkalan militer Amerika Serikat, itu belum termasuk pangkalan militer rahasia yang dimiliki Amerika, seperti di Arab Saudi dan Israel.

Jenderal Ali: Era Amerika dan Israel Sudah Habis!

Viva kali ini merangkum melalui berbagai sumber , yang utama melalui dasar penjabaran Kanal YouTube Data Fakta mengenai fakta militer Amerika yang ada di mana-mana.

Militer yang Kuat

Palestina Tinjau Ulang Kebijakannya terhadap AS menyusul Veto Permohonan di PBB

VIVA Militer: Tentara Amerika di Pantai Merah, Kutai Kartanegara

Photo :
  • Youtube

Militer Amerika serikat terkenal sebagai militer yang terkuat, hal ini dibuktikan dengan hasil dari berbagai survey di dunia. Menurut Global Power, posisi militer Amerika berada di peringkat pertama dunia.

Jenderal TNI Maruli Ungkap Fakta Serius Ancaman Pertahanan Indonesia

Tidak hanya sampai di situ, Amerika serikat mempunyai banyak pangkalan militer di dunia. Persebaran nya pun tidak hanya di dalam negeri, tetapi juga ada di luar negeri.

Pangkalan di Timur Tengah

Ilustrasi Tentara Afghanistan Berjaga-jaga.

Photo :
  • Military

Afghanistan merupakan tempat pangkalan militer terbanyak Amerika, tetapi itu semua sudah ditinggalkan, setelah Taliban merebut kekuasaan di tatanan pemerintahan.  tetapi pangkalan militer di Negara Bahrain masih beroperasi dan tidak memiliki gangguan, namun Negara Iran sudah memberikan isyarat untuk menyerang pangkalan militer Amerika di Timur Tengah, ini akan terjadi jika Teheran atau Ibu Kota Iran di invasi.

Pangkalan Militer di Eropa

VIVA Militer: Pilot Angkatan Udara Israel dan Jerman

Photo :
  • Times of Israel

Di Eropa, tepatnya negara Jerman yang merupakan sekutu Amerika Serikat di NATO, menjadi negara yang di dalamnya terdapat pangkalan militer Amerika Serikat terbanyak.

Tak heran jika salah satu dari pangkalan tersebut menjadi lokasi penempatan sejumlah senjata nuklir Amerika. Selain itu pangkalan Amerika Serikat di wilayah Eropa terdapat di Belgia, Bulgaria, Belanda, Portugal dan bahkan Inggris Raya.

Pangkalan Militer di Asia-Pasifik

VIVA Militer: Kapal Induk Angkatan Laut AS, USS Ronald Reagan di Pasifik

Photo :
  • Twitter/@USNavy

Guam merupakan negara kepulauan di pasifik yang memiliki pemerintahan sendiri, namun masih menjadi wilayah teritorial Amerika Serikat. Pangkalan-pangkalan ini bahkan rawan menjadi target serangan dari musuh-musuh Amerika Serikat, seperti korea utara pernah mengancam menyerang pangkalan-pangkalan tersebut dengan rudal-rudal yang dimilikinya. Begitu pun China yang juga mengincar pangkalan-pangkalan tersebut ketika ia bersitegang dengan Amerika Serikat.

Jepang, merupakan negara yang menjadi sekutu utama Amerika Serikat. Pangkalan-pangkalan militer Amerika Serikat di Jepang rawan sebagai target rudal korea utara, negara yang hingga kini masih bermusuhan dengan Amerika Serikat tersebut. Selebihnya tersebar di Kuwait dan Kyrgyzstan, Korea Selatan dan Singapura.

Alasan Negara Mitra Mendirikan Pangkalan Amerika

Mata uang dolar AS (foto ilustrasi)

Photo :
  • ANTARA FOTO/Galih Pradipta

Berdasarkan rangker.com, yaitu ada beberapa negara hanya membutuhkan uang, bagaimana Amerika Serikat akan memberikan imbalan finansial jika Ia menerima atas hak istimewa dalam mendirikan pangkalan militer di tanah negara tersebut.

Alasan lain, yaitu meningkatkan hubungan diplomatik, keamanan terjamin jika berteman dengan Amerika. Stabilitas instan karena kekuatan Amerika.

Pemenang Perang Dunia II

foto perang dunia 2

Photo :
  • U-Report

Amerika Serikat sendiri tdak pernah menjadi tempat atau Insentif untuk menjadi pangkalan militer negara asing di wilayahnya.

Perang dunia kedua memberikan peluang Amerika untuk mendirikan pembuatan pangkalan militer setelah mengalahkan musuh, seperti Jerman, Italia dan Prancis.

ketiga negara tersebut dipaksa untuk menerima instalasi permanen dari Amerika Serikat sebagai pihak yang menang, ini semakin kompleks ketika basis pangkalan militer yang didirikan sangat sulit untuk disingkirkan, banyak pangkalan militer Amerika yang memiliki perjanjian di belakangnya,

Tetapi, saat ini banyak tuan rumah yang sudah menjadi tempat pendirian pangkalan militer Amerika Serikat berubah pikiran ketika adanya kehadiran pangkalan militer Amerika Serikat yang konstan berada di perbatasan negara mereka. 

Tetapi, negara-negara tersebut juga mempertimbangkan beberapa hal, ketika melakukan tindakan pemutusan maka akan ada risiko besar menunggu di belakang atas tindakan tersebut.

Penghapusan pangkalan militer Amerika Serikat sama saja dengan mengacaukan hubungan diplomatik atau bahkan berdampak jga pada respon militer Amerika Serikat yang menakutkan itu.

Itu penjelasan mengenai pangkalan Amerika yang berada dan dimana-mana, untuk saat ini Indonesia belum menjadi tempat pangkalan militer Amerika Serikat berdiri, karena alasan-alasan tertentu, seperti hubungan diplomatik Indonesia dengan Amerika Serikat yang sering pasang surut dan kadang berlawanan dalam pemahaman politik dan hal lainnya. 

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya