4 Tsunami Paling Besar dan Merusak Dunia, No.3 Masih Membekas

Tsunami di Aceh, 2004
Sumber :
  • http://ioc3.unesco.org

VIVA – Bencana tsunami paling besar dan merusak dunia banyak terjadi sepanjang sejarah. Tsunami adalah serangkaian gelombang yang disebabkan oleh perpindahan volume air yang besar umumnya di lautan, laut atau danau besar. Penyebab tsunami bisa apa saja, termasuk gempa bumi, letusan gunung berapi, atau ledakan bawah laut. Tsunami telah ada di Bumi selama ada lautan. Tak heran jika tsunami dapat menyebabkan banyak kerusakan dan kini telah tercatat dengan jelas. 

7 Negara dengan Populasi Pedesaan Terbesar di Dunia, Indonesia Nomor 4

Bagi penduduk pesisir hanya memiliki beberapa menit untuk melarikan diri ke tempat yang lebih tinggi, dan jika dilakukan lebih lama makan akan jatoh korban.  Kata “tsunami” berasal dari dua kata dalam bahasa Jepang, “tsu” yang berarti pelabuhan dan “nami” yang berarti gelombang. Tak terhitung banyaknya tsunami yang terjadi di planet ini. 

1.  Tsunami Krakatau, Indonesia (1883) 

Pengembang Perumahan di Dubai Beri Perbaikan Rumah Gratis Setelah Banjir Bandang

Tsunami Krakatau, Indonesia (1883) 

Photo :
  • gettyimage

Tsunami paling besar dan merusak dunia yang pertama dari Indonesia. Tsunami ini  terjadi pada 27 Agustus 1883 yang disebabkan oleh letusan gunung berapi kaldera Krakatau. Banyak gelombang yang dihasilkan setinggi 37 meter dan disebarkan oleh letusan dahsyat dan menghancurkan kota Anjer dan Merak. Dilaporkan bahwa laut surut pantai Bombay dan menewaskan satu orang di Sri Lanka juga. Sebanyak 40.000 orang tewas dalam peristiwa ini dengan 2000 kematian akibat letusan gunung berapi.

Organisasi Liga Muslim Dunia Ucapkan Selamat ke Prabowo: Semoga RI Makin Maju

2.  Tsunami Papua Nugini (1998)

Tsunami Papua Nugini (1998)

Photo :
  • weathernation

Tsunami Papua Nugini merupakan tsunami paling besar dan merusak dunia yang kedua. Saat itu tidak hanya tsunami, namun juga gempa bumi berkekuatan 7,0 yang melanda pantai utara Papua Nugini pada 17 Juli 1998 biasanya tidak diperkirakan akan menyebabkan tsunami yang begitu dahsyat. Dilansir oleh brainz.org, gempa bumi memicu tanah longsor bawah laut yang besar, yang pada gilirannya menghasilkan gelombang setinggi 49 kaki dan ketinggian rata-rata 34 kaki. Ketika tsunami menghantam pantai, itu menyebabkan setidaknya 2.183 kematian - dengan 500 orang hilang - dan membuat sekitar 10.000 penduduk kehilangan tempat tinggal. Banyak desa rusak parah, sementara yang lain, seperti Arop dan Warapu, hancur total. Jika ada satu hal positif yang bisa diambil dari bencana itu, hal itu memberi para ilmuwan wawasan yang berharga tentang ancaman tanah longsor bawah laut dan tsunami tak terduga yang dapat ditimbulkannya, dengan harapan dapat menyelamatkan nyawa di masa depan.

3.  Aceh, Indonesia (2004) – 26 December 2004

Tsunami di Aceh

Photo :
  • www.jtic.org / Yuichi Nishimura, Hokkaido University

Tsunami paling besar dan merusak dunia yang ketiga adalah kejadian yang sampai saat ini masih tersimpan di memori warga Aceh, terjadi pada 26 December 2004. Gempa berkekuatan 9,1 SR di lepas pantai Sumatera diperkirakan terjadi pada kedalaman 30 km. Dikutip dari australiangeographic.com.au, zona patahan yang menyebabkan tsunami kira-kira sepanjang 1300 km, secara vertikal menggeser dasar laut beberapa meter sepanjang itu. Tsunami berikutnya setinggi 50 m, mencapai 5 km ke pedalaman dekat Meubolah, Sumatera. Tsunami ini juga tercatat paling banyak, dengan hampir seribu gabungan pengukur pasang surut dan pengukuran saksi mata dari seluruh dunia melaporkan kenaikan tinggi gelombang, termasuk tempat-tempat di AS, Inggris, dan Antartika. Diperkirakan kerusakan senilai US$10 miliar disebabkan oleh bencana tersebut, dengan sekitar 230.000 orang dilaporkan tewas.

4.  Tsunami Tohoku (2011)

Tsunami Tohoku (2011)

Photo :
  • today.btekno.id

Tsunami paling besar dan merusak dunia yang selanjutnya adalah tsunami yang terjadi di negara Jepang. Meskipun semua tsunami berbahaya, Tsunami Tohuku 2011 yang melanda Jepang dapat memiliki konsekuensi yang paling jauh jangkauannya. Dilansir oleh brainz.org, tanggal 11 Maret gelombang setinggi 33 kaki tercatat setelah gempa berkekuatan 9,0 meskipun beberapa laporan menyebutkan ketinggian yang mengerikan hingga 133 kaki, dengan gelombang yang merambat 6 mil ke daratan, serta gelombang kolosal setinggi 97 kaki yang menghantam kota pesisir. dari Ofunato. Sekitar 125.000 bangunan rusak atau hancur, dan infrastruktur transportasi juga mengalami pukulan berat. Sementara sejumlah besar orang tewas atau hilang sekitar 25.000, gempa bumi dan tsunami yang diakibatkannya juga merusak Pembangkit Listrik Tenaga Nuklir Fukushima I, menyebabkan kehancuran dan bencana pada tingkat tertinggi Skala Peristiwa Nuklir Internasional. Konsekuensi penuh dari bencana nuklir ini masih belum jelas, tetapi radiasi telah terdeteksi 200 mil dari pabrik.

Bencana alam memang tidak dapat diprediksi, terlebih tsunami. Bencana alam juga mengingatkan kita bahwa Tuhan mempunyai kuasa atas dunia ini. Banyak korban yang berjatuhan saat peristiwa tsunami terjadi, bahkan yang hilang dan terpisah dari keluarganya hingga saat ini pun ada. Jika bencana terjadi bantuan pemerintah sangat dibutuhkan untuk warga setempat yang menjadi korban. 

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya