Arab Saudi Umumkan Idul Fitri 1443 H Jatuh pada Senin 2 Mei

Bendera Arab Saudi.
Sumber :
  • Ist

VIVA – Mahkamah Agung Arab Saudi mengumumkan pada hari Sabtu, 30 April 2022, bahwa hari Minggu, 1 Mei 2022, akan menjadi hari terakhir Ramadhan, yang berarti Idul Fitri 1433 Hijriah akan jatuh pada hari Senin 2 Mei.

Top Trending: Sopir Bis Bawa Penumpang Makan di Rumah Mertua hingga Ramalan Jayabaya

Penetapan disamaikan setelah komite pengamatan hilal Mahkamah Agung Arab Saudi mengadakan sidang penetapan awal bulan Syawal tahun ini, yang dilakukan dengan melihat bulan sabit, sesuai dengan penanggalan Hijriah.

Dilansir SPA, Komite mengatakan tidak melihat bukti bulan pada Sabtu malam, mengutip pernyataan pengadilan kerajaan.

Perang Iran Vs Israel Pecah, Arab Saudi Desak PBB Lakukan Ini

"Departemen memutuskan bahwa Ahad (Minggu) ... adalah hari ke-30 bulan Ramadhan tahun ini, dan Senin ... adalah hari pertama Idul Fitri tahun ini," kata pernyataan pengadilan Kerajaan.

Ilustrasi pengamatan hilal/bulan dalam kalender hijriah

Photo :
  • Ist
Salmafina Sunan Ikut Rayakan Idul Fitri, Langsung Didoakan Kembali Peluk Islam

Mahkamah Agung mengucapkan selamat kepada Raja Arab Saudi Salman bin Abdulaziz, Putra Mahkota Mohammed bin Salman, seluruh warga negara, penduduk, dan umat Islam Saudi, pada Idul Fitri 1443 Hijriah.

Sementara Kementerian Agama RI baru akan menggelar sidang isbat (penetapan) 1 Syawal 1443 Hijriah pada petang ini, Minggu, 1 Mei 2022. Sidang yang berlangsung di Auditorium HM Rasjidi Kementerian Agama ini akan didahului proses pengamatan hilal yang dilakukan di 99 titik lokasi di seluruh Indonesia.  

Menurut Dirjen Bimas Islam Kemenag Kamaruddin Amin, secara hisab posisi hilal di Indonesia saat sidang isbat awal Syawal 1443 H mendatang, sudah memenuhi kriteria baru yang ditetapkan Mabims (Menteri Agama Brunei, Indonesia, Malaysia, dan Singapura). 

“Di Indonesia, pada 29 Ramadan 1443 H yang bertepatan dengan 1 Mei 2022 tinggi hilal antara 4 derajat 0,59 menit sampai 5 derajat 33,57 menit dengan sudut elongasi antara 4,89 derajat sampai 6,4 derajat,” ujar Kamaruddin di Jakarta, Senin, 25 April 2022. 

"Artinya, secara hisab, pada hari tersebut posisi hilal awal Syawal di Indonesia telah masuk dalam kriteria baru Mabims," imbuhnya

Muhammadiyah, salah satu ormas besar di Indonesia, telah resmi menetapkan 1 Syawal 1443 Hijriah atau Hari Raya Idul Fitri jatuh pada Senin, 2 Mei 2022. Penetapan itu tercantum dalam Maklumat Nomor 01/MLM/I.0/E/2022 tentang penetapan hasil hisab Ramadhan, Syawal dan Zulhijah 1443 Hijriah.  

Dalam maklumat yang diunggah dari laman muhammadiyah.or.id, 1 Syawal 1443 Hijriah atau Idul Fitri jatuh pada 2 Mei 2022. Maklumat itu ditandatangani oleh Ketua Umum PP Muhammadiyah Haedar Nashir dan Sekretaris Agung Danarto. 

PP Muhammadiyah menetapkan awal Ramadhan, Syawal, dan Zulhijah 1443 Hijriah berdasarkan hasil hisab hakiki wujudul hilal yang dipedomani oleh Majelis Tarjih dan Tajdid Pimpinan Pusat Muhammadiyah. 
 

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya